Cara Menabung di ATM BRI

Cara Menabung di ATM BRI

Apakah kalian nasabah BRI? apakah kalian selalu rutin menabung setiap bulannya? Jika ya, maka kini kalian tidak perlu menabung dengan mendatangi kantor BRI, melainkan cukup dengan cara menabung di ATM BRI.

Jika kalian belum mengetahuinya, jangan khawatir karena disini kita akan membahasnya secara tuntas. Menabung lewat mesin ATM sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan tanpa berbatas waktu. Dengan begitu, kalian bisa menabung kapan saja, salkan melalui mesin ATM khusus untuk setor tunai.

Read More

BRI adalah salah satu bank pemerintah yang sudah berdiri sejak dulu dengan memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Bahkan keberadaan bank BRI ini sudah masuk hingga tingkat kecamatan sehingga masyarakat di pedesaan pun bisa menikmati layanan yang diberikan bank BRI terkait layanan keuangan melalui bank.

Jka dibandingkan dengan setor tunai melalui kantor cabang, jelas untuk setor tunai melalui ATM BRI adalah cara yang praktis untuk menabung. Yang paling penting adalah kalian tidak perlu antre di tempat kasir.

Cara Menabung di ATM BRI

Cara Menabung di ATM BRI
Tutorial Menabung di ATM BRI

Bagi kalian yang ingin mencoba menabung di ATM BRI, maka harus mempersiapkan terlebih dahulu uang yang akan di tabung dengan nominal 50 ribu dan atau 100 ribu. Selain itu persiapkan juga kartu ATM BRI untuk dimasukkan ke dalam slot ATM saat setor tunai. Berikut panduan cara menabung di ATM BRI mudah :

1. Datang ke Lokasi ATM terdekat

Karena kalian ingin menabung di ATM BRI, maka yang perlu dilakukan adalah mendatangi lokasi ATM terdekat. Namun perlu diketahui bahwa ATM yang dimaksud adalah ATM khusus untuk setor tunai. Jika ATM yang kalian temukan hanya untuk tarik tunai saja, maka tidak bisa dilakukan untuk menabung melalui ATM.

2. Persiapkan Uang

Persiapkan uang tidak hanya nominalnya saja, tetapi juga harus mempersiapkan kondisi uang. Adapun kondisi uang yang dimaksud adalah kondisi yang layak, tidak dalam keadaan terlipat, atau jangan sampai uang yang akan ditabungkan dalam keadaan sobek. Karena, jika uang yang disetorkan seperti itu, dikhawatirkan uang tersebut tidak akan terbaca oleh sistem.

Selain itu, kalian juga harus menyetorkan uang dengan nominal Rp. 50.000 atau Rp.100.000. Jadi, silahkan persiapkan terlebih dahulu uang yang baik yang akan ditabungkan.

3. Mulai Menabung

Jika sudah mempersiapkan langkah-langkah di atas, kini masu ke cara menabung di ATM BRI selanjutnya. Masukan kartu ATM BRI ke mesin ATM khusus untuk setor tunai. Silakan isikan nomor pin BRI nya dengan benar.

Selanjutnya, pada layar akan ada pilihan bahasa yang bisa dipilih. Silakan pilih bahasa yang diinginkan baik itu bahasa indonesia atau menggunakan bahasa inggris.

4. Masuk Pada tahap Setor Tunai

Cara menabung uang di ATM BRI berikutnya, pada layar ATM akan ada menu setor tunai. Klik menu tersebut agar bisa masuk pada tahapan menabung di ATM BRI.

5. Masukan Uang ke Slot Mesin ATM Setor Tunai

Jika kalian klik menu setor tunai, maka seketika itu box untuk menyimpan sejumlah uang yang akan di tabung terbuka. Kalian cukup menyimpan uang tersebut ke dalam box yang tersedia.

Perlu diketahui, karena nominal uang yang bisa dimasukan adalah Rp. 50.000 dan Rp. 100.000, maka kalian hanya bisa menabung kelipatan 50.000 saja. Seperti Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 150.000, Rp. 200.000, dan seterusnya.

Ketika sudah memasukkan uang tersebut, maka pada layar mesin ATM akan muncul nominal uang yang ditabungkan tersebut. Jika seandainya uang yang akan ditabungkan tersebut ditolak dengan alasan rusak atau sobek, maka box untuk memasukkan uang tersebut akan terbuka kembali. Kalian cukup mengganti uang yang ditolak tersebut dengan uang yang baru.

Setelah itu, jika uang yang dimasukkan sudah benar, maka cukup klik menu setor. Ambil bukti transaksi sesaat setelah uang tersebut di setorkan pada mesin ATM setor tunai.

Itulah beberapa langkah yang perlu kalian ketahui, jika ingin menabung di mesin ATM BCA khusus setor tunai. Dengan begitu, kalian bisa lebih rajin menabung tiap bulannya atau beberapa periode tertentu secara konsisten.

Penyebab Gagalnya Setor Tuani

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa uang rusak tidak akan bisa di setor tunai pada ATM BRI khusus untuk menabung. Namun selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang membuat kalian gagal menyetorkan uang ke ATM setor tunai. Diantaranya berikut ini :

1. Kondisi Uang Rusak

Uang rusak, terlipat, atau bahkan sobek menjadi penyebab utama tidak bisa melakukan setor tunai. Oleh sebab itu, pastikan agar kondisi uang dalam keadaan baik. Di samping itu, pastikan juga bahwa uang yang akan dimasukkan ke dalam mesin ATM setor tunai harus uang asli.  Sebab mesin ATM akan langsung memindainya, bahwa uang tersebut merupakan uang asli.

2. Mesin ATM Rusak

Setibanya di mesin ATM, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa mesin ATM terlebih dahulu apakah ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa mesin ATM tersebut rusak atau tidak. Sebab, ada kasus yang memaksakan untuk menabung pada mesin yang rusak, alih-alih menabung berhasil malah kartu ATM tertelan pada mesin ATM tersebut.

3. Gangguan Sistem Mesin ATM

Mesin ATM memiliki jaringan internet yang selalu online selama 24 jam. Biasanya jika ada gangguan sistem ataupun sedang offline, layar mesin ATM akan menunjukkan gangguan tersebut. Dengan begitu, maka menabung di mesin ATM tidak dapat dilakukan.

Adapun jika menabung merupakan hal yang perlu dilakukan saat itu juga, maka salah satu alternatif yang harus dilakukan adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat.

4. Mesin ATM yang berbeda

Setiap bank memiliki ATM setor tunai sendiri. Begitupun dengan bank BRI memiliki mesin setor tunai khusus bagi nasabah BRI. Jika seandainya kalian melakukan setor tunai pada mesin ATM yang berbeda bank, maka sistem pada mesin ATM tersebut akan menolaknya.

Tips Agar Menabung di ATM Aman dan Lancar

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, agar proses menabung melalui ATM bank BRI berhasil, maka kalian bisa menabung di mesin ATM tanpa ada kendala sama sekali. Walaupun begitu, ada beberapa tips yang wajib dilakukan agar menabung di lokasi ATM bisa lancar dan aman, yaitu :

1. Lokasi ATM yang Aman

Tidak sedikit lokasi ATM yang rawan akan bahaya kejahatan, apalagi ATM adalah sumber uang bagi para nasabah dalam bertransaksi. Oleh karena itu, usahakan agar lokasi ATM yang ingin setor tunai harus berada di lokasi yang aman.

Satu-satunya lokasi yang aman adalah ATM yang berdekatan dengan kantor cabang, karena ATM tersebut selalu di jaga oleh penjaga keamanan.

2. Nomor PIN Tidak Boleh Diketahui Sembarang Orang

Jika kalian memiliki kendala saat menabung di ATM seperti lupa nomor pin, silakan hubungi kepada petugas setempat atau menghubungi nomor resmi untuk pengaduan dan keluhan.

3. Saldo Berhasil Masuk

Apabila saldo sudah berhasil masuk pada rekening, maka kalian boleh meninggalkan lokasi ATM tersebut. Sebaliknya jika belum masuk karena ada kendala, lebih baik segera hubungi yang berwenang.

Dengan cara menabung di ATM BRI di atas serta tips-tips yang sudah dibahas, kalian tidak akan kebingungan lagi jika menemukan kendala saat menabung.

 

Related posts