Cara Membuat Hp Android Menjadi Webcam Dengan USB

Saat ini segala bentuk aktivitas bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Termasuk cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB. Jadi, kalian tidak hanya bisa melakukan video call atau berselancar di internet saja melalui smartphone, tetapi juga bisa memanfaatkannya sebagai webcam.

Sebenarnya untuk membuat hp menjadi webcam menggunakan USB dapat dilakukan menggunakan aplikasi. Jadi, ketika kalian mau melakukan meeting virtual, tapi PC yang dipakai tidak mempunyai webcam. Maka kalian bisa menjadikan hp android menjadi webcam.

Cara Membuat Hp Android Menjadi Webcam Dengan USB

Cara Membuat Hp Android Menjadi Webcam Dengan USB
Membuat Hp Android Menjadi Webcam dengan USB

Tutorial Membuat Hp Android Menjadi Webcam Dengan USB via DroidCamX

Sebenarnya, ada banyak pilihan aplikasi yang dapat dipakai untuk menjadkan hp android sebagai webcam menggunakan USB. Namun kami akan membagikan salah satu aplikasinya, yaitu DroidCamX. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya beli DroidCamX atau versi premiumnya.

Cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB melalui aplikasi DroidCamX juga sangat mudah. Perbedaan antara DroidCam gratisan dengan aplikasi DroidCamX premium yaitu dilihat dari resolusi videonya.

Mengingat untuk versi gratis ini mempunyai resolusi yang ada di bawah HD. Sementara itu, DroidCamX telah support resolusi untuk HD 720p serta full HD 1080p, karenanya hasilnya menjadi lebih berkualitas. Hanya saja, harga DroidCamX sendiri cenderung cukup mahal, yaitu Rp.75 ribu.

Jika kalian rela mengeluarkan budget sebesar itu, bisa langsung membelinya via Google Play Store. Akan tetapi sebelum membeli aplikasi premium atau versi berbayarnya, sebaiknya coba dulu versi gratisannya. Apabila terbukti bermanfaat, kalian bisa membeli aplikasi berbayar.

Terkait:  Cara Mengunci Sinyal 4G

Tentu saja masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB melalui aplikasi DroidCam. Maka dari itu, kami akan membagikan panduannya di bawah ini :

1. Unduh Aplikasi DroidCam

Cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB via Droidcam yang pertama, tentu saja kalian harus mengunduh aplikasi DroidCamX atau DroidCam terlebih dahulu di Google Play Store. Pilih salah satunya. Jika kalian ingin tampilan lebih optimal, sebaiknya beli versi DroidCamX dengan dukungan video Full HD dan resolusi HD.

Di samping menginstall aplikasi di android, kalian juga perlu menginstall DroidCam via komputer atau PC. Jika ingin mendapatkan aplikasi ini, unduh langsung lewat web resmi di alamat https://www.dev47apps.com/. Jika sudah diunduh, install aplikasinya.

2. Mengaktifkan USB Debugging

Panduan berikutnya yaitu aktifkan USB debugging pada smartphone. Kalian dapat mengaktifkan fitur tersebut lewat Developer Option alias Opsi Pengembang. Tentu saja hal tersebut harus dilakukan supaya dapat menghubungkan hp dengan PC melalui USB.

Kalian harus mengaktifkan layanan Opsi Pengembang terlebih dahulu lewat Pengaturan. Lalu masuk ke Tentang Ponsel, dan klik Build Number sebanyak 7 kali agar bisa mengakses Opsi Pengembang.

Jika sudah aktif opsi pengembangnya, silahkan buka menunya. Lalu aktifkan USB Debugging.

3. Menyambungkan Android ke Perangkat USB

Cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB selanjutnya yaitu hubungkan hp android ke PC memakai kabel USB. Smartphone biasanya akan terdeteksi langsung dan otomatis melakukan instalasi driver. Apabila smartphone kalian tidak terdeteksi, instal driver dengan cara manual. Kalian dapat mencarinya lewat situs developer.android.com.

4. Akses DroidCam PC

Selanjutnya kalian hanya perlu membuka DroidCam di komputer atau PC. Setelah itu, akan muncul opsi untuk menyambungkan DroidCam ke android. Jika memakai USB, kalian harus memilih koneksi USB.

Terkait:  Cara Cek IMEI Oppo

Apabila hp tidak terdeteksi, kalian dapat mengklik refresh hingga muncul informasi perangkat yang terhubung. Jika sudah, tekan start selanjutnya hp kalian akan berubah langsung menjadi webcam.

Jika sudah berhasil membuat perangkat hp menjadi webcam melalui USB, setelah itu kalian hanya perlu melakukan video call maupun meeting onine memakai aplikasi Google Meet, Zoom, Skype atau lainnya.

Aplikasi Untuk Mengubah Hp Menjadi Webcam Lainnya

Selain DroidCam, kalian juga bisa memilih aplikasi-aplikasi berikut untuk menjadikan hp kalian sebagai webcam, diantaranya :

1. ivCam

Aplikasi pengubah hp menjadi webcam adalah iVCam. Ini adalah aplikasi yang sangat user friendly, bahkan mendukung hampir seluruh versi android. Untuk menghubungkan kamera ponsel ke PC atau laptop memakai iVCam kurang lebih sama seperti pada DroidCam. Kalian bisa melakukannya lewat berbagai sambungan, seperti bluetooth, Wifi, dan USB.

iVCam akan melakukan recording melalui hp dengan cara real time melalui fitur fast speed dan low latency. Kalian dapat merekam video melalu berbagai macam resolusi, dari 360p, 480p, 720p, 1080p dan 4K.

Ada beberapa kelebihan memakai iVCam diantaranya :

  • Menyajikan video real time yang berkualitas tinggi, mealui kecepatan yang cepat dan latensi rendah.
  • Koneksi secara otomatis lewat WLAN atau melalui USB, serta mudah digunakan.
  • Anda bisa menghubungkan beberapa perangkat pada satu PC dengan bersamaan.
  • Bisa dikonfigurasi pada frame rate video, kualitas video, encoder video.
  • Support mode potrait dan landscape.
  • Mendukung opsi mempercantik wajah, fokus otomatis/manual, cermin/flip video dan flash.
  • Support opsi kamera depan/belakang, telefoto/sudu lebar, hingga pengalihan waktu yan nyata.
  • Bisa menggantikan fungsi webcam USB maupun yang terintegrasi, serta kompatibel dengan banyak aplikasi pengguna webcam.
  • Dukungan audio, memakai smartphone kalian sebagai mikrofon tanpa kabel untuk PC.
  • Dapat melakukan preview video, melakukan pengambilan gambar hingga merekam file video menggunakan software klien Windows.
Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

2. Iriun 4K

Selanjutnya adalah Iriun 4K Webcam for PC and Mac. Aplikasi satu ini merupakan salah satu aplikasi terbaik. Hanya saja, sambungan yang bisa diterima Iriun 4K hanya support sambungan melalui wifi nirkabel alias wireless.

Akan tetapi, Iriun 4K termasuk user friendly. Kalian tidak perlu melakukan banyak pengaturan pada aplikasi ini.

3. Alfred Home Security Camera

Salah satu aplikasi pengubah hp android menjadi webcam lainnya adalah Alfred Home Security Camera. Aplikasi yang telah dikembangkan Alfred Labs Inc ini menawarkan banyak fitur lain, seperti night vision, motion detector, live video steraming dan remote acces.

Walaupun dapat dinikmati gratisan, namun apabila kalian menginginkan kualitas HD recording, kalian harus berlangganan versi premiumnya. Menariknya lagi, apabila kalian tidak mempunyai hp cadangan yang lainnya, kalian masih dapat mengawasi kamera CCTV perangkat android memakai website https://alfred.camera/webapp.

4. EpocCam

Untuk kebutuhan Work From Home, kalian juga bisa memakai aplikasi EpocCam. Ini adalah salah satu pilihan aplikasi yang bisa mengubah hp iPhone dan android menjadi webcam, lalu dapat dipasangkan pada Windows maupun Macintosh.

5. IP Webcam

Aplikasi rekomendasi lainnya yaitu IP Webcam sebagai aplikasi untuk CCTV Home Security yang bisa merekam berbagai macam aktivitas. IP Webcam adalah aplikasi yang berhasil dikembangkan Pavel Khlebovich satu ini bisa merekam pergerakan suara hingga orang.

Kalian harus memakai dua perangkat android maupun tablet dan PC untuk memakainya. Dengan kata lain, aplikasi yang satu ini dapat kalian pakai untuk PC.

Dari aplikasi-aplikasi di atas, kalian hanya perlu memilih salah satunya saja. Untuk cara membuat hp android menjadi webcam dengan USB memakai aplikasi di atas kurang lebih sama.

 

Related posts