Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater

Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater

Bagi mereka yang terbiasa memakai e-Commerce Shopee pasti sudah mengenal dengan fitur Shopee PayLater atau biasa disebut SPayLater. Di samping semua keunggulannya, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara melihat tagihan Shopee PayLater.

Padahal, fitur ini sangat berguna untuk memungkinkan pengguna membeli produk yang diinginkannya dengan sistem bayar nanti atau cicilan per bulan. Dengan fitur ini, pengguna tidak harus risau lagi ketika menginginkan barang impian, tetapi masih belum masuk masa gajian.

Read More

Akan tetapi, ada juga konsekuensi yang harus ditanggung pengguna apabila telat membayar tagihan. Konsekuensi itu berupa denda dengan nilai yang berbeda ketika telat bayar satu hari, satu bulan, dan seterusnya.

Untuk bisa memahami tentang Shopee PayLater lebih lanjut, kalian dapat menyimak artikel ini sampai habis. Dengan begitu, kalian pun tidak perlu risau lagi ketika menggunakan fitur ini.

Mengenal Shopee PayLater

Shopee PayLater merupakan layanan pinjaman online yang ditawarkan PT Commerce Finance yang aman dan terjamin. Fitur ini sudah diawasi oleh OJK dan pihak yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut demi memberikan pinjaman aman dan terpercaya kepada pengguna.

Layanan ini membuat para pengguna dapat membeli barang di Shopee tanpa harus membayarnya secara langsung. Dengan kata lain, pembayaran yang dilakukan pengguna ialah secara kredit.

Akan tetapi, ternyata layanan ini tidak dapat digunakan oleh seluruh pengguna Shopee. Sebab, pihak Shopee hanya memberikan layanan ini kepada pengguna yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Upaya itu dilakukan supaya bisa meminimalisir penyalahgunaan metode pembayaran PayLater atau Beli Sekarang Bayar Nanti. Terlebih, kita sering mendapati kasus pengguna pinjaman online yang sengaja tidak membayar tagihan.

Cara Melihat Tagihan Shopee PayLater

Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater
Melihat Tagihan Shopee Paylater

Jika kalian merupakan pengguna terpilih untuk menikmati layanan Shopee PayLater, maka kalian bisa langsung mendapatkan pinjaman dengan nilai tertentu. Rata-rata pinjaman awal yang diizinkan senilai Rp1,2 juta. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mendapatkan metode pembayaran PayLater ketika hendak membeli suatu barang.

Pastikan kalian tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, sebab tidak semua akun bisa mendapatkan layanan ini. Akan tetapi, jangan sampai kalian pun menyalahgunakan layanan ini karena bisa beresiko untuk diri kalian sendiri.

Terdapat hal penting yang wajib diperhatikan ketika berbelanja memakai sistem Shopee PayLater yakni tentang cara melihat tagihan Shopee PayLater. Hal ini dikarenakan, berbelanja memakai sistem bayar nanti ini bisa membuat beban kalian bertambah di kemudian hari jika tidak diperhatikan dengan baik.

Dengan begitu, pastikan kalian harus meninjau total tagihan kemudian membayarnya di kemudian hari secara kredit. Meskipun demikian, ketika di total tentu akan lebih bebas ketimbang membeli barang secara tunai. Di bawah ini adalah cara melihat tagihan Shopee PayLater yang dapat kalian ikuti dan lakukan.

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di gadget kalian. Pastikan kalian pun memakai aplikasi terbaru yang sudah diperbaharui melalui penyedia aplikasi seperti AppStore maupun Playstore.

Setelah itu, kalian bisa langsung masuk ke halaman Saya untuk memasuki profil akun kalian.

2. Masuk ke Menu Shopee PayLater

Ketika sudah memasuki halaman profil akun, selanjutnya  langsung masuk ke menu SPayLater. Menu tersebut akan memungkinkan kalian untuk melihat tagihan Shopee PayLater yang sudah kalian gunakan.

3. Lihat Tagihan Saya

Langkah ini merupakan inti dari pembahasan kita dalam artikel ini. Di layar perangkat, nanti akan terlihat sisa limit SPayLater disertai jumlah tagihan yang wajib dibayar pada bulan tersebut.

Setelah itu, di bagian bawah layar pun akan terlihat menu Tagihan Saya. Cukup masuk ke menu tersebut, nantinya akan terlihat tagihan secara lebih rinci.

4. Pencet Tagihan Belum Dibayar

Dalam halaman Tagihan Saya, terdapat dua menu lainnya yakni Tagihan Telah Dibayar serta Belum Dibayar menurut bulan pembayaran. Kalian dapat meninjaunya satu persatu untuk memastikan tagihan SPayLater yang kalian miliki.

Apabila ingin langsung melakukan pembayaran tagihan, kalian dapat langsung masuk ke menu Tagihan Belum Dibayar. Di sana, ada rincian tagihan yang harus kalian bayar berdasarkan tenggat yang sudah ditentukan.

5. Bayar Tagihan yang Belum Dibayar

Pada menu Tagihan Belum Dibayar, kalian akan melihat rincian total tagihan SPayLater yang wajib dibayar. kalian pun bisa langsung membayarnya pada halaman ini dengan memencet tombol Bayar Sekarang. Dengan begitu, kalian dapat langsung membayar tagihan sekaligus dalam sekali waktu.

6. Pencet Tagihan Telah Dibayar

Selanjutnya, kalian bisa memastikan apakah tagihan yang dibayar sudah masuk atau belum. Cukup dengan masuk ke menu Tagihan Telah Dibayar kalian dapat melihat rincian total tagihan yang telah dilunasi.

7. Terlihat Tagihan yang Telah Dibayarkan

Pada menu tersebut, nantinya akan terlihat rincian tagihan yang sudah dibayarkan. kalian dapat menggunakan menu ini untuk memastikan apakah tagihan yang dibayarkan sudah berhasil atau belum. Dengan begitu, kalian sudah tidak punya tagih SPayLater lagi.

Nah, itu dia uraian pembahasan mengenai cara melihat tagihan Shopee PayLater yang dapat kalian ikuti. Akan tetapi, selain meninjau tagihan, terdapat hal penting yang wajib diperhatikan dalam menggunakan fitur ini, yakni denda.

Denda ini akan diberikan apabila pengguna telat bayar dan melewati tenggat dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah penjelasannya mengenai denda telat bayar SPayLater yang wajib diketahui.

Denda Telat bayar SPayLater

Jika pengguna telat bayar atau tidak membayar sesuai tenggat yang ditentukan maka akan dikenakan denda meskipun hanya telat satu hari. Perlu diketahui bahwa denda telat bayar SPayLater ini tetap sama dengan denda telat bayar selama 1 bulan. Sehingga, ketika kalian telat bayar tentu akan sangat merugikan.

Resiko inilah yang mengharuskan kalian mengetahui cara melihat tagihan Shopee PayLater. Sebab, ketika kalian belum membayar tagihan setelah melewati tenggat maka akan dikenakan denda 5 persen per bulan dari total tagihan.

Misalnya, jika kalian memiliki tagihan senilai Rp100 ribu, kemudian telat bayar selama sehari, maka kalian harus membayar tagihan sebesar Rp105 ribu. Denda ini akan terus bertambah setiap harinya dan akan membebani kalian dengan utang yang besar jika dibiarkan.

Kesimpulan

Cara melihat tagihan Shopee PayLater sangat penting untuk dipahami dan diketahui. Sebab, pengguna yang kerap menggunakan fitur SPayLater harus bisa mematuhi segala ketentuan yang diberikan oleh pihak penyedia layanan. Mulai dari tenggat sampai denda.

Apabila langkah-langkah di atas tidak diindahkan, bisa jadi kalian akan lupa membayar tagihan dan malah mendapatkan utang yang besar akibat denda yang terus bertambah. Jika begitu, nantinya pihak Shopee pun akan menghubungi kalian setiap hari untuk memastikan kapan kalian membayar tagihan.

Oleh karena itu, pastikan menggunakan fitur yang satu ini dengan bijak agar tetap bisa memberikan keuntungan, bukan malah kerugian bagi kalian dan juga penyedia layanan. Semoga bermanfaat!

Related posts