Cara Membersihkan Other di iPhone

File other atau biasa disebut juga dengan file cache adalah file sampah yang timbul akibat dari penggunaan aplikasi atau membuka file-file yang sebelumnya telah di download atau sengaja disimpan pada memori HP. Dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba cara membersihkan other di iPhone khusus bagi pengguna iPhone.

Saat ini baik sistem yang berbasis android atau yang berbasis iOS pasti selalu ada file other. Kalian tidak perlu khawatir akan keberadaan file ini, sebab file tersebut tidak akan menghambat kinjerja ponsel terkecuali jika kalian membiarkannya terlalu lama.

Dampak dari membiarkan file other pada smartphone, tentu saja akan menyebabkan memori internal hp menjadi semakin berkurang. Dengan begitu jika ingin download file dari browser, memasang aplikasi, atau hanya sekedar update aplikasi yang sudah di install, kalian tidak bisa melakukannya, sebab memori internal sudah penuh oleh file other.

Maka dari itu, penting sekali untuk membersihkan file other secara rutin supaya memori internal perangkat smartphone tetap memiliki ruang besar. Tujuannya untuk mengoperasikan berbagai aplikasi dan mendownload berbagai macam program tanpa terganggu oleh file other.

File Other di Perangkat iPhone

Berbicara mengenai file other, khusus untuk iPhone sendiri sebenarnya tidak bisa dihapus secara manual. Begitupun pada iPad, file other tidak bisa dihapus begitu saja secara manual. Akibatnya file other akan terus menumpuk yang mengakibatkan penyimpanan internal menjadi penuh. Oleh karena itu, perlu adanya trik khusus yang bisa menghapus file other ini dengan mengikuti pembahasan cara membersihkan other di iPhone sampai tuntas.

Sediikit menyinggung smartphone android, biasanya jika ingin menghapus file other tidak akan sulit dibandingkan dengan smartphone yang berbasis iOS. Kalian hanya perlu masuk pada bagian aplikasi yang terdapat dalam menu settings, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus file other-nya dan selanjutnya klik opsi menghapus file other.

Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Karena iPhone membutuhkan trik khusus, jadi yang akan dibahas pada pembahasan ini akan lebih mengutamakan para pengguna iPhone. Sebab pastinya cepat atau lambat memori penyimpanan akan penuh bukan hanya file penting yang dimiliki oleh pengguna, melainkan karena file other yang telah menumpuk. Berikut cara membersihkan other di iPhone :

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa file other pada iPhone sulit untuk dihapus. Biasanya file other tersebut akan terhapus secara otomatis jika iPhone membutuhkan ruang penyimpanan lebih. Akan tetapi hal tersebut justru hasilnya menjadi tidak maksimal. Jadi kalian tetap memerlukan trik khusus untuk membersihkan other di iPhone agar hasilnya maksimal.

Cara Membersihkan Other iPhone

Cara Membersihkan Other di iPhone
Membersihkan Other di iPhone

Trik sederhana jika kalian ingin menghapus file other bisa dibilang dengan cara ‘memaksa’ iPhone agar memori internal bisa segera penuh dan sistem dengan otomatis menghapus file other dengan segera.

Caranya bisa dengan download file yang berukuran besar berdasarkan memori internal yang tersisa. Salah satu solusi paling efektif yait dengan download berbagai macam file yang bisa didapatkan pada iTunes Store.

Dengan cara seperti itu, maka file other akan terhapus. Namun kelemahannya adalah kalian perlu kuota yang cukup untuk mendownload file berukuran besar. Apabila memungkinkan, lebih baik download file berukuran besar tersebut dengan menggunakan WiFi.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan mengenai cara membersihkan other di iPhone dengan mengunduh aplikasi berkapasitas besar :

  • Pertama-tama, cek terlebih dahulu sisa memori kosong yang ada pada iPhone milik kalian. Caranya adalah dengan masuk pada menu Settings.
  • Setelah masuk pada menu settings, selanjutnya pilih opsi General, lalu lajutkan memilih opsi Storage and iCloud.
  • Setelah terbuka, maka pada layar HP iPhone akan terlihat berapa sisa memori internalnya. Catat sisanya agar kalian dapat menentukan file yang akan di download berdasarkan ukuran yang hampir sama dengan sisa memori internal.
  • Berikutnya, buka aplikasi iTunes Store yang terdapat pada HP iPhone. Cara menemukan aplikasi ini bisa didapatkan di layar home screen iPhone.
  • Jika sudah terbuka iTunes Store, buka tab Film atau tab Movie. Untuk mengetahui letak tab ini, kalian bisa melihat pada bagian bawah tampilan pada aplikasi iTUnes.
  • Karena film selalu berukuran besar, maka pilihlah film yang memiliki durasi cukup panjang. Karena secara umum selain kualitas tampilannya, juga durasi mempengaruhi ukuran file movie yang akan kalian download.
  • Film yang berkualitas baik atau kualitas HD akan merangsang sistem menghapus file other yang terdapat pada iPhone.
  • Karena pada iTunes untuk membeli film harus membutuhkan kartu kredit, IGC, atau uang Fiat. Jika ingin membelinya harus menyiapkan salah satu dari beberapa cara tersebut. Namun karena tujuan kalian jika hanya ingin menghapus file other saja maka tidak perlu melakukannya.
  • Ketika kalian klik ‘Beli’, maka akan muncul peringatan tepat di layar utama yang memberitahukan bahwa memori telah penuh.
  • Jika mendapatkan notifikasi tersebut, maka sebenarnya sistem pada iPhone secara otomatis menghapus file sampah yang sudah menumpuk pada memori internal dimana salah satunya adalah file other.
  • Untuk memastikan apakah file other terhapus atau masih ada, biasanya teihat dari belum ada perubahan dari segi kapasitas memori internalnya. Lakukan pengecekan dengan buka menu Settings, kemudian masuk pada opsi general dan pilihlah opsi Storage and iCloud.
  • Jika sudah berubah ukurannya maka cara ‘memaksa’ dengan mendownload file pada iTunes telah berhasil.
Terkait:  Cara Membuat Dynamic Island iPhone 14 Pro di Semua Android

Notifikasi yang akan muncul pada layar akaan memberitahukan bahwa file film yang akan didownload tidak dapat mengunduh karena penyimpanan yang tersisa tidak cukup. Selanjutnya pada pemberitahuan tersebut akan muncul pilihan yaitu ‘OKE’ dan ‘Pengaturan’. Kalian bisa melakukan pengaturan tambahan jika diperlukan.

Trik sederhana seperti ini bisa kalian lakukan jika kondisi memori penyimpanan internal sudah hampir penuh dan kalian membutuhkan ruang lebih untuk menyimpan file dan download berbagai macam aplikasi atau lainnya.

2. Merestart Perangkat iPhone

Cara membersihkan other iPhone selanjutnya adalah dengan restart iPhone saja. Namun hal ini tidak akan terlalu membantu menghapus file other karena penghapusannya tidak akan maksimal seperti cara yang pertama. Namun setidaknya bisa kalian lakukan jika membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar.

Langkah-langkahnya cukup sederhana, yaitu :

  • Tekan tombol power.
  • Pilih restart.
  • Biarkan beberapa saat hingga proses restart dilakukan dan hp iPhone kalian kembali pada layar utama.
  • Cek ruang penyimpanan dengan cara masuk pada menu Settings lalu pilih General dan terakhir pilih Storage and iCloud.

Jika memori penyimpanan internal tersebut telah berubah, maka cara menghapus file other dengan restart HP iPhone telah berhasil.

3. Membersihkan History Safari

Cara membersihkan other di iPhone berikutnya yaitu dengan cara menghapus history pada Safari. Seperti yang telah diketahui bahwa Safari merupakan browser default untuk iPhone. Untuk meminimalisir menumpuknya file other pada iPhone maka kalian bisa menghapus history pada Safari.

Kalian bisa mencoba trik cara membersihkan other di iPhone dengan langkah-langkah di atas agar ruang penyimpanan iPhone menjadi lebih lega. Sehingga bisa membuat kalian leluasa saat hendak mendownload aplikasi atau menjalankannya di perangkat iPhone kesayangan.

Terkait:  Cara Hotspot iPhone

 

Related posts