Cara Masuk FYP Tiktok

Cara Masuk FYP Tiktok

Tidak sedikit lho pengguna Tiktok yang akhirnya viral karena video Tiktoknya yang unik atau lucu. Biasanya kita melihatnya di iklan-iklan media sosial. Jika kalian ingin menjadi salah satu Tiktokers yang Viral, ada trik cara masuk FYP Tiktok yang bisa kalian coba!

FYP (For Your Page) Tiktok

Apa itu For Your Page? Ini adalah sebuah halaman utama Tiktok yang biasanya ditampilkan saat kalian membuka Tiktok. Pemakaian hashtag FYP bahkan telah menjadi tren yang banyak digunakan orang saat ingin konten videonya dikenal dan viral bagi pengguna Tiktok lainnya.

Read More

Fungsi dan tujuan FYP ini untuk jangkauan konten lebih luas, sehingga bisa memberikan dampak positif, mulai dari tambah followersview, komen dan like.

Bagaimana Algoritma Tiktok Bekerja Dalam FYP?

Sama halnya dengan halaman pencarian Google dan algoritma Google, FYP Tiktok juga cenderung sulit ditebak. Akan tetapi, jika kalian mengerti prinsip-prinsip berikut, maka kalian bisa memiliki strategi khusus supaya video cepat dan mudah viral.

Langkah pertama,jika sudah mengupload konten, maka postingan kalian akan langsung ditayangkan pada FYP untuk akun tertentu.

Biasanya akun-akun tersebut merupakan kelompok sampel yang berjumlah kecil. Walaupun sedikit, mereka memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menentukan tinkat popularitas video kalian.

Ketika memberikan interaksi, entah itu berbentuk komen atau likes, maka secara otomatis Tiktok akan menganggap video tersebut memiliki potensi trending dan laku.

Kemudian, Tiktok mencoba  menayangkan konten video kalian ke dalam kelompok sambel lebih luas dan besar. Apabila ramai dan laku, maka Tiktok memasukkan konten video kalian ke dalam kelompok berskala besar lagi.

Hal ini berlanjut sampai seterusnya, hingga postinga video kalian bakal viral dan trending. Oleh sebab itu, kalian harus benar-benar kreatif untuk menarik audiens. Ada beberapa hal yang bisa menentukan konten video bisa langsung masuk ke FYP Tiktok, berikut ini :

  • Informasi video, biasanya meliputi audio, caption yang dipakai, topik dan hashtag.
  • Interaksi pengguna, konten video relevan dengan video yang sering pengguna lihat, sering memperoleh comment dan likes, serta akun Tiktok yang diikuti.
  • Setelan akun, biasanya meliputi negara, preferensi bahasa, serta tipe perangkat.

Cara Masuk FYP Tiktok

Cara Masuk FYP Tiktok
Tutorial Masuk FYP Tiktok

Tutorial Masuk FYP Tiktok

Spesial bagi kalian sobat Wigatos, yang ingin populer menjadi Tiktokers, kita mau share rahasia cara masuk FYP Tiktok dengan cara berikut :

1. Konten Berkualitas

Silahkan rancang dan buat konten menarik dan kreatif terlebih dahulu supaya postingan langsung disukai. Bukan saja dilihat dari kejernihan video, namun tingkat orisinalitas konten juga harus diperhatikan. Dan yang terpenting adalah jangan pernah menyinggung atau membahas isu SARA. Tujuannya agar pengguna Tiktok lebih nyaman dan terjalin engagement lebih kuat antara followers dan creator.

Perlu kalian tahu bahwa konten yang bersifat orisinil dan otentik biasanya memberikan nilai tambah tersendiri, jadi poteni agar konten kalian viral dan ditayangkan langsung di FYP Tiktok menjadi lebih besar.

2. Caption Menarik dan Kreatif

Cara masuk FYP Tiktok selanjutnya yaitu buat caption yang kreatif dan menarik, ini adalah poin penting yang jangan dilewatkan. Justru tidak disarankan jika kalian tidak memberikan caption, sebab bisa saja algoritma Tiktok menganggapnya sebagai spam.

Supaya peluang video kalian meningkat, kalian bisa memakai caption menjual, relevan dan unik. Namun yang paling penting yaitu caption harus relevan sesuai topik yang populer.

3. Durasi Lebih Singkat

Semakin ringkas konten video yang kalian buat, tentu akan semakin menarik dan berpeluang besar untuk masuk ke dalam FYP Tiktok. Para kreator Tiktok diharapkan untuk membuat konten video yang berdurasi 15 sampai 20 detik. Metode ini paling efektif agar postingan Tiktok kalian trending.

Tapi ingat, poin ini sebenarnya bukan patokan asalkan tidak sampai 1 menit dengan menyajikan konten video berkualitas dan menarik, tetap berpeluang masuk ke FYP. Jadi jangan khawatir jika konten video yang dibuat melebihi 20 detik.

4. Tren Hastag

Salah satu poin terpenting dalam cara masuk FYP Tiktok adalah hashtag. Melalui hashtag, bisa menjangkau pengguna lebih luas dan lebih banyak lagi. Untuk mengeceknya sangat sederhana. Masuk dan buka Tiktok di perangkat hp, tap pilihan Discover di samping ikon Home.

Dari sana kalian dapat melihat berbagai macam hashtag viral yang dapat digunakan sesuai konten yang dibuat. Selain itu, sisipkan pula hashtag di dalam caption video.

5. Gunakan Lagu Viral dan Menarik

Pastikan lagu yang diambil sebagai latar konten video adalah lagu atau musik yang populer. Pemakaian audio atau musik memungkinkan algoritma Tiktok untuk bekerja dengan menawarkan video kalian ke dalam FYP akun yang lainnya. Dengan begitu dijamin video kalian akan ditonton oleh banyak orang.

6. Berkolaborasi Sesama Kreator

Sebenarnya cara ini sudah banyak diadaptasi oleh para konten kreator,mereka seringkali berkolaborasi untuk menciptakan konten kreatif. Tidak hanya menambah popularitas, tetapi kolaborasi yang terjadi antar konten kreator juga bisa meningkatkan engagement bersama followers dari kreator yang diajak berkolaborasi.

Hal tersebut tentu saja tidak hanya memberikan pengaruh bagi jumlah viewers, melainkan juga followers kalian.

7. Cek Waktu Posting

Saat hendak mengunggah konten, sebaiknya perhatikan jam posting atau prime time yang ramai supaya masuk ke dalam FYP Tiktok.

Biasanya jadwal FYP untuk Tiktok yang ideal yaitu di jam-jam istirahat, di sekitar jam 12.00-13.00 serta jam 16.00.

Di samping itu, kalian juga dapat mengupload konten video Tiktok pada jam 18.30 sampai jam 20.00. Sebaiknya hindari mengunggah konten terlalu malam atau terlalu pagi, sebab dapat menurunkan jumlah penonton.

8. Berinteraksi dan Jalin Engagement

Meskipun kalian sudah melakukan trik-trik untuk bisa masuk ke FYP Tiktok, belum tentu konten video kalian bisa masuk langsung ke FYP. Selain itu, Tiktok akan memperhitungkan interaksi bersama pengguna lainnya. Kalian harus sering-sering berinteraksi, agar algoritma Tiktok mendeteksi konten video kalian disukai oleh banyak orang.

Jika konten video kalian laris, tentu saja konten video tersebut bisa langsung masuk ke dalam FYP pengguna yang lainnya dalam skala yang besar. Maka dijamin, video semakin ramai dan banyak diminati.

9. Memfollow Akun Verified Tiktok

Cara masuk FYP Tiktok terakhir yaitu kalian dapat mengikuti atau memfollow akun-akun yang terverifikasi atau mendapat centang biru.

Meskipun Tiktok sempat menuai pro kontra, faktanya sampai detik ini aplikasi video berdurasi pendek ini masih banyak disukai dan digunakan oleh banyak orang. Tiktok kini menjadi platform sosial media dengan tingkat pengguna yang sangat besar.

Tiktok selain dipakai untuk keperluan personal, juga dimanfaatkan oleh perusahaan besar dan influencer untuk menggaet lebih banyak audiens. Mereka bahkan berlomba-lomba agar tetap terlihat update atau mengikuti tren di pasaran, terlebih lagi dengan banyaknya fitur yang membantu para pebisnis online untuk berpromosi di tiktok.

Jika ada kendala dalam cara masuk FYP Tiktok pastikan langkah-langkah di atas tidak ada yang tertinggal. Selain itu jika masih belum berhasil, jangan putus asa. Tetap buat konten-konten menarik lainnya yang lebih memikat audiens.

 

Related posts