Cara Cek Masa Tenggang Indosat

Apa Anda merupakan pengguna kartu Indosat Ooredo? Apa Anda memiliki kendala pada masa aktif kartu Anda? Bagaimana cara cek masa tenggang Indosat?

Banyak pengguna masih belum mengetahui bahwa setiap operator memiliki kebijakan mengenai pemberlakuan waktu masa aktif setiap penggunanya, salah satunya termasuk Indosat.

Di zaman ini, banyak aplikasi yang hanya membutuhkan data internet untuk digunakan, seperti Whatsapp. Sehingga tidak memerlukan pulsa untuk komunikasi. Namun karena hal ini, banyak orang malas isi pulsa dan memilih membeli langsung paket data. Hal ini menyebabkan masa aktif kartu tidak diperpanjang.

Jadi apabila sudah habis masa aktifnya, nomor Anda akan masuk ke masa tenggang. Dimana di fase ini, jika ternyata Anda tidak melakukan perpanjangan masa aktif, dan masa tenggangnya berakhir, maka nomor Anda akan di nonaktifkan. Lalu pulsa yang Anda miliki akan hangus sehingga tidak bisa digunakan.

Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mengaktifkan nomor Indosat tersebut setelah masa tenggang habis dengan beberapa syarat. Bagaimana caranya?

Kartu Indosat yang telah Mati dapat diaktifkan kembali, caranya tinggal datang ke gerai Indosat terdekat di daerah anda.

Siapkan kartu identitas diri seperti KTP, dan kartu Indosat yang akan Anda aktifkan kembali. Disana, anda akan dicek data-data pada kartu SIM dengan KTP, lalu mengisi formulir pengajuan untuk mengaktifkan kembali.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengaktifkan kembali nomor Indosat adalah sebesar Rp35.000,- dengan rincian Rp10.000,- untuk administrasi dan Rp25.000,- untuk membeli pulsa agar nomor bisa aktif lagi.

Tunggu proses permintaan pengaktifan kembali dalam jangka waktu maksimal 30 hari.

Namun dibandingkan Anda harus repot mengurus pengaktifan kembali Kartu yang sudah nonaktif akibat lewat masa tenggangnya. Lebih baik Anda rutin mengecek masa tenggang dari kartu Indosat yang dimiliki.

Berikut kami akan berikan beberapa informasi mengenai cara cek masa tenggang Indosat baik melalui Dial Phone, website resmi, dan juga aplikasi myIM3, sehingga Anda bisa terhindar dari penonaktifan kartu, berikut cara dan penjelasannya.

Cara Cek Masa Tenggang Indosat

Cara Cek Masa Tenggang Indosat
Cek Masa Tenggang Indosat

Cek Masa Tenggang Indosat via Dial Phone

Cara ini merupakan cara paling umum serta mudah untuk mengecek masa tenggang kartu Indosar Anda. Hampir sama seperti Anda menelpon orang, namun nomor yang kamu masukan yaitu nomor kode operator Indosat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Yang pertama, buka aplikasi telepon pada smartphone.
  • Kemudian masukkan nomor *123# kemudian tekan tombol Call.
  • Tunggu hingga muncul informasi sisa pulsa yang Anda miliki.
  • Setelah itu, anda bisa lihat masa aktif anda disebelah dari jumlah pulsa yang anda miliki saat ini.
  • Untuk masa tenggang, yakni maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Atau juga, kamu bisa memasukan kode nomor *555# untuk mendapatkan pemberitahuan tentang info penting seperti masa tenggang, sisa kuota dan masa aktif kartu Indosat Anda.

Cara ini memanglah mudah. Namun, jika kartu anda ternyata sudah melewati masa tenggang atau kartu tersebut sudah mati, Anda tidak akan bisa mengecek-nya melalui dial phone.

Cek Masa Tenggang Indosat Melalui Aplikasi myIM3

Selain cara diatas, kamu juga bisa melakukan pengecekan masa tenggang kartu melalui aplikasi mobile yang disediakan Indosat bernama myIM3, yang tersedia melalui Google Playstore ataupun AppStore.

Dan berikut adalah langkah-langkah cek masa aktif kuota Indosat dengan aplikasi MyIM3 yang bisa anda lakukan.

  • Jika Anda belum mengunduh aplikasi myIM3, silahkan unduh melalui Google PlayStore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) pada smartphone Anda.
  • Lalu cari aplikasi “myIM3”, setelah itu klik tombol “Install”.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi myIM3.
  • Lalu, pilih Sign-In jika sudah punya akun myIM3.
  • Masukan ID/E-mail/Nomor Telepon beserta password
  • Klik OK
  • Jika belum punya akun myIM3, pilih Sign-Up untuk mendaftar.
  • Lengkapi data-data diri yang diminta secara benar, seperti nama, nomor kartu Indosat, dan alamat email.
  • Pastikan semua sudah benar, lalu klik daftar.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi email dari Indosat.
  • Lalu buka email konfirmasi untuk aktivasi akun.
  • Setelah akun aktif, buka aplikasi myIM3.
  • Klik opsi Sign-in
  • Lalu isi data yang sudah didaftarkan. Klik OK/Masuk
  • Untuk mengecek masa aktif anda bisa lihat pada kolom di atas tombol isi pulsa yang berwarna merah.

Cek Masa Tenggang Indosat dengan Cara Menghubungi Call Center

Cara terakhir yang kami sarankan untuk mengecek masa tenggang kartu Indosat Anda ialah dengan cara menghubungi nomor call center Indosat. Dengan demikian, anda bisa bertanya lebih lengkap secara langsung apabila masih ada yang ingin Anda ketahui. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka aplikasi telepon, lalu anda ketik nomor kode call center indosat yaitu 185 lalu pilih operator Indosat / Call.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda terhubung dengan Call Center
  • Setelah berhasil terhubung, Anda akan menerima penjelasan mengenai hal yang harus Anda lakukan.
  • Terakhir, jika sudah terhubung dengan Costumers Service Indosat, silakan ajukan pertanyaan tentang masa tenggang nomor kartu Indosat milik Anda.

Note: Kamu bisa menghubungi call center 24 jam alias kapan saja. Namun, kamu akan dikenakan biaya untuk panggilan ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Indosat

Untuk menghindari pemblokiran kartu, ada beberapa cara untuk memperpanjang masa aktif kartu Indosat Anda. Berikut cara-caranya:

  • Membeli Masa Aktif Indosat Menggunakan Pulsa, bila kamu masih punya banyak pulsa tapi masa aktif sebentar lagi akan habis, kamu bisa melakukan pembelian masa aktif dengan pulsa. Caranya dengan Buka Pesan di smartphone dan tulis pesan baru.

Ketik aktif3 untuk menambah masa aktif 3 hari dengan biaya pulsa Rp. 2.000,-. Atau ketik aktif14 untuk menambah masa aktif 14 hari dengan biaya pulsa Rp. 5.000,-. Atau juga Ketik aktif30 untuk menambah masa aktif 30 hari dengan biaya pulsa Rp. 10.000,-. Kirim ke nomor 555.

  • Isi Pulsa, merupakan alternatif untuk memperpanjang masa aktif Indosat. Cara memperpanjang masa aktif Indosat ini memang tergolong cara yang paling umum dilakukan. Jika kamu rutin isi pulsa minimal satu bulan sekali, kamu tidak perlu mengkhawatirkan masa aktif. Penambahan masa aktif 7-120 hari tergantung nominal.
  • Tukar Poin, Kamu hanya perlu mengirim pesan SMS dengan format MA (spasi) Jumlah poin, lalu kirim ke 7887. Sebelum melakukan penukaran poin dengan masa aktif, pastikan juga Anda memiliki jumlah poin yang mencukupi. Minimal poin yang bisa ditukar adalah 25 dan berlaku kelipatan.
  • Transfer Pulsa.

Itu keempat cara agar masa aktif kartu Indosat Anda dapat diperpanjang sehingga menghindari penonaktifan kartu. Tentu ini lebih mudah dibandingkan anda meski datang ke gerai Indosat untuk mengurus pengaktifan kembali kartu Indosat Anda.

Kesimpulan

Demikian informasi yang telah kami berikan mengenai cara cek masa tenggang Indosat, baik melalui dial phone, aplikasi myIM3, ataupun dengan cara menghubungi call center Indosat.

Sangat disarankan untuk pengguna Indosat untuk menginstall aplikasi myIM3 karena memiliki banyak kegunaan, baik mengecek sisa pulsa, kuota, masa aktif kuota, pembelian pulsa dan paket, dan masih banyak lagi.

Sekian informasi yang telah kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Faiz Dawami
suka diajak ngopi