Cara Link WA Me

Cara link WA me juga sangat efektif terutama bagi yang memiliki sebuah bisnis tertentu. Dengan tautan langsung ke chat WA ini memungkinkan customer untuk bisa berinteraksi melakukan obrolan kepada admin atau penjual. Sehingga memudahkan mereka untuk menanyakanhal-hal terkait produk.

Link WA me sebenarnya dapat dibuat dengan mudah,ketika tautan atau link diklik, secara otomatis langsung masuk ke dalam obrolan WhatsApp yang juga biasanya terdapat isi pesan tertentu.

Read More

Misalnya saja pebisnis online shop di Instagram, biasanya mereka memakai link langsung ke WhatsApp. Sebab melalui cara link WA me tersebut, calon pembeli atau pelanggan bisa menghubungi penjual dengan mudah.

Apalagi kita semua sudah tahu bahwa hampir semua orang atau pengguna hp memakai aplikasi WhatsApp, mengingat WA menawarkan banyak pilihan fitur untuk mempermudah para pengguna dalam berkomunikasi. Tidak hanya itu, WhatsApp juga termasuk aplikasi yang ringan serta tidak menghabiskan banyak ruang dalam penyimpanannya.

Mengenal Link WhatsApp

Link WhatsApp merupakan salah satu metode yang dapat dipakai untuk bisa terhubung dan berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Metode ini sangat efektif untuk berkomunikasi tanpa harus menyimpan nomor hp. Biasanya caranya hanya perlu klik link, dan kamu akan diarahkan ke nomor tujuan secara langsung.

Terkait:  Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

Link WA tersebut dapat digunakan semua orang, tidak terkecuali bagi kamu yang sedang berjualan online. Hal tersebut tentu saja bisa membuat proses berjualan semakin mudah. Bagi yang masih meragukan keamanannya, tidak perlu khawatir sebab link WhatsApp tergolong aman.

Apabila alamat yang dituju tidak masuk langsung ke dalam chat sebaiknya harus waspada, sebab bisa saja itu termasuk link scam.

Cara Link WA Me

Cara Link WA Me
Tutorial Link WA Me

Tutorial Buat Link WhatsApp

Di bawah ini ada beberapa tutorial cara link WA Me yang dapat dicoba untuk membuat tautan ke chat WhatsApp :

Metode 1 : Memakai Api.WhatsApp

Cara link WA me yang pertama bisa memakai Api.WhatsApp. Api. WhatsApp adalah shortlink untuk membawa para pengguna ke nomor yang akan dikirimi pesan. Melalui shortlink tersebut, bisa memudahkan pengguna saat hendak mengirimkan pesan tertentu ke nomor yang akan dikirimkan pesan.

Melalui shortlink tersebut, bisa memudahkan kamu saat akan mengirimkan pesan ke nomor yang baru tanpa perlu menyimpannya.

1. Masuk ke Api.WhatsApp

Silahkan ketik alamat https://api.whatsapp.com/send?phone= dengan cara mengetiknya langsung pada media sosial, baik Facebook, IG maupun lewat pesan. Selain itu juga bisa langsung masuk ke web online shop maupun platform lainnya sebagai tempat untuk membagikan link.

Untuk mengirimkan pesan Whatsapp ke nomor yang baru tanpa harus menyimpannya, maka link yang satu ini dapat diketik langsung di web browser. Dengan begitu, akan dibawa langsung secara otomatis ke dalam aplikasi WhatsApp.

2. Inputkan Nomor WA yang Kamu Inginkan

Jika ingin share nomor WA diri sendiri, silahkan inputkan nomormu di belakang ‘=’ pada link di atas tanpa spasi, supaya dapat dibaca langsung oleh server. Hal ini juga berlaku untuk nomor telepon lainnya yang akan dichat, bosa tulis langsung.

Terkait:  Cara Tarik Pesan di WA

Namun sebagai catatan, ketika menginputkan nomor, sebaiknya ganti ‘0’ ke dalam kode negara. Kamu bisa memasukkan nomor kode Indonesia, yaitu 62. Contoh, jika nomor yang ingin dimasukkan yaitu 085312345678, maka menjadi 6285312345678. Berikut link lengkapnya sesudah jadi :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285312345678

3. Membagikan Shortlink

Langkah cara link Wa Me selanjutnya yaitu membagikan shortlink ke media sosial, website, atau bisa memasukkannya ke halaman web browser supaya bisa mengirim pesan langsung ke nomor tujuan.

Metode 2 : Memakai Wa.me

Metode cara link WA me yang kedua adalah melalui shortlink dari wa.me. Sebenarnya metodenya sama seperti shortlink menggunakan api.whatsapp. Tapi kamu hanya perlu menggantinya memakai wa.me.

1. Ketik Link Https://wa.me/

Sama seperti metode yang sebelumnya, kamu tinggal mengetikkan link https://wa.me/ di platform tertentu sesuai keinginan. Bisa di media sosial, website atau di web.

2. Inputkan Nomor WA

Cara link WA Me selanjutnya inputkan nomor WA yang nantinya dikirimi pesan. Ganti angka 0 ke dalam 62, apabila nomormu 085312345678, maka :

https://wa.me/6285312345678

Jika sudah jadi, kamu tinggal membagikan link WA me yang sudah dibuat tersebut ke platform media sosial atau yang lainnya.

Metode 3 : Memakai Tautan Gambar

Metode yang ketiga yaitu bisa menggunakan gambar. Cara link Wa me ini sangat penting bagi yang ingin berjualan online. Sebab dengan memakai gambar dipercaya bisa lebih memikat pelanggan.

Tautan memakai gambar tersebut dapat diaplikasikan ke dalam web. Untuk membuat link gambar sebenarnya mudah dilakukan.

Pertama-tama, silahkan pilih desain gambar untuk CTA Whatsapp via mesin pencari. Kamu bisa menemukan gambar CTA paling menarik melalui Google maupun yang lainnya.

Jika gambar sudah siap, silahkan masuk ke web. Jika memakai WordPress, langsung masuk ke ‘Add Media’. Kamu bisa mengisi Alt Image dan deskripsi gambar. Lalu tambahkan di halaman posting.

Terkait:  Cara Menghapus Status di WA

Apabila langkah ini sudah selesai, di dalam dashboard WordPress silahkan memilih logo bertuliskan ‘Insert and Edit Link’.

Dari sini, kamu bisa memasukan link URL, yakni link WhatsApp yang sudah dibuat melalui api.whatsapp di https://api.whatsapp.com/send?phone=6285312345678. Lalu tekan ‘Add Link’, setelah selesai kamu tinggal mencoba link pada gambar apakah sudah aktif.

Metode 4 : Memakai Bitly

Kamu juga bisa memanfaatkan bit.ly ke dalam pembuatan link WhatsApp. Metode ini dapat dijadikan pilihan terbaik jika dibandingkan link wa.me dan api.whatsapp yang panjang. Sebab, bitly adalah shortener yang berguna untuk mempersingkat atau memperpendek link. Ini ulasannya :

1. Buka Website Bitly

Untuk lebih mudah, kamu bisa membukanya lewat opsi pencarian di mesin pencari. Kemudian pilih situs web Bitly yang biasanya ada di pencarian teratas.

2. Masukkan Tautan URL yang Ingin Dipersingkat

Jika website Bitly telah terbuka, cukup inputkan saja Link URL untuk diperpendek pada kotak. Contohnya https://api.whatsapp.com/send?phone=6285312345678. Lalu tekan ‘shoretener’.

3. Cek Hasilnya

Jika sudah diproses, maka link hasil shortener tersebut akan terlihat di bawah kotak. Kamu tinggal menyalinnya saja kemudian membagikannya langsung ke website atau media sosial.

Kesalahan Dalam Pembuatan Link WA

Walaupun kamu sudah memahami cara buat link Whatsapp di atas, namun biasanya ada saja beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemula ketika membuat link untuk aplikasi WA :

1. Tidak Teliti Menuliskan Kode Instruksi dan Simbol

Kesalahan menuliskan kode simbol dan instruksi membuat click to chat WhatsApp menjadi tidak bekerja. Oleh sebab itu, kamu benar-benar harus teliti dalam menuliskan koma, titik, hingga simbol. Lakukan pengujian terhadap link WA terlebih dahulu, sebelum memakainya.

2.Hanya Copas Link WA Orang Tanpa Mengetahui Kegunaannya

Kesalahan selanjutnya ini memang sering terjadi. Terkadang ada link yang ternyata masih mengandung pesan atau atribut pengguna lain tanpa modifikasi.

Jadi, selain memahami cara link WA me di atas, kamu juga harus mempelajari secara detail terkait pembuatan link dengan benar. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan link Whatsapp, apalagi jika hanya asal copy paste saja.

 

Related posts