Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Bagaimana cara cek masa aktif kartu Smartfren? Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengetahui sisa masa aktif dari kartu Smartfren? Ngomongin tentang provider yang satu ini memang tidak ada habisnya.

Sebagaimana kita tahu Smartfren merupakan salah satu provider jaringan data seluler yang banyak digunakan para pengguna ponsel hingga saat ini, smartfren dikenal dengan jaringan 4G dan juga paket internet dengan harga yang terjangkau.

Belum lagi dengan adanya paket internet ekonomis dengan masa aktif yang lebih panjang daripada paket pada umumnya. Belum lagi dengan paket unlimited yang membuat pengguna tak perlu khawatir kehabisan kuota.

Enggak cuma itu aja Smartfren juga menghadirkan layanan sinyal yang stabil dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Sehingga hal ini menunjang aktivitas berkomunikasi, baik melalui pulsa reguler seperti telepon dan juga SMS, atau bahkan Melalui aplikasi chatting yang menggunakan internet seperti WhatsApp.

Itulah mengapa Smartfren dinobatkan sebagai salah satu provider jaringan telepon dan juga internet terbesar di Indonesia, dengan jumlah pengguna yang cukup banyak.

Seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi, membuat para pengguna ponsel lebih cenderung membeli paket internet, daripada melakukan pengisian ulang pulsa. Itulah mengapa Tak jarang juga banyak pengguna yang tidak memperhatikan masa aktif kartu mereka.

Padahal sebagaimana kita tahu, apabila kartu sudah melewati masa aktif dan masuk masa tenggang, maka otomatis kartu tidak bisa lagi digunakan. Sebab pihak provider melakukan pemblokiran, akibat pengguna tidak melakukan pengisian ulang pulsa, untuk menambahkan masa aktif kartu.

Apabila hal ini terjadi, maka otomatis seluruh panggilan keluar dan juga SMS tidak bisa dilakukan. Bahkan, ketika ada panggilan masuk, akan ada pemberitahuan dari operator bahwa nomor yang anda tuju tidak aktif.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas tentang Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren, terlebih untuk kamu yang terlalu sering membeli voucher paket data, daripada melakukan pengisian pulsa. Adapun beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren
Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren lewat Dial Code

Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan di semua perangkat atau semua ponsel. Baik melalui perangkat Android, iOS, atau bahkan ponsel yang terbilang jadul. Cara ini juga berguna sebagai cara cek masa aktif kartu Simpati, atau bahkan cara cek masa aktif kartu IM3. Sebab cara ini terbilang sangat mudah dan tidak perlu menggunakan atau memotong pulsa utama kalian. Caranya adalah

  • Buka aplikasi dial telepon atau telepon, di perangkat kalian
  • Ketikan kode *999# lalu kemudian tekan tombol call atau Panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pop-up notifikasi atau pemberitahuan yang menampilkan nomor telepon, sisa pulsa, dan juga masa aktif kartu Smartfren kalian.

Pastikan kalian berada di dalam ruangan yang terbuka dan mendapatkan sinyal yang baik. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kegagalan pada saat menjalankan kode USSD.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren lewat SMS

Cara ini juga hampir mirip ketika kalian ingin mengecek sisa kuota internet Smartfren. Cara ini juga tidak memotong pulsa utama kalian, jadi kalian bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, bahkan ketika tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah

  • Buka aplikasi perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian
  • Buat sebuah pesan baru dan ketikan pesan CEK
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 999

Beberapa saat sampai muncul balasan SMS dari 999, yang mau infokan tentang sisa pulsa kalian, dan juga masa aktif dari kartu Smartfren yang kalian gunakan.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren lewat Telepon

Sama seperti menggunakan dial code atau kode USSD, cara berikut ini juga bisa digunakan untuk mengetahui masa aktif kartu Smartfren kalian.

Hanya saja, disini kita akan melakukan panggilan kepada operator Smartfren. Caranya adalah

  • Buka aplikasi telepon di ponsel kalian
  • Ketika nomor 999 lalu lakukan panggilan seperti biasa
  • Tunggu sampai kalian terhubung dengan bot atau operator dari Smartfren, lalu ikuti semua instruksi yang diberikan
  • Operator akan mengarahkan kalian untuk menekan keypad atau tombol pada ponsel kalian, lalu tekan saja nomor 1 untuk mengetahui sisa pulsa dan juga masa aktif kartu Smartfren kalian.

Untuk berjaga-jaga, ketika menggunakan cara ini usahakan kalian setidaknya memiliki pulsa sebesar Rp1.000. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan pada saat menghubungi operator dari Smartfren.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren melalui website Smartfren

Cara ke-4 yang bisa kamu coba adalah dengan mengunjungi situs resmi milik Smartfren. Untuk menggunakan cara ini kalian bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun, melalui beragam perangkat.

Baik dari perangkat Android, iOS, komputer, atau bahkan laptop. Dan pastikan juga kalian terhubung dengan internet atau jaringan wi-fi yang stabil. Caranya adalah

  1. Konser kesayangan kalian baik itu di perangkat Android, iOS, komputer, atau laptop kalian.
  2. Ketikan situs my.smartfren.com lalu tekan enter
  3. Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan tampilan login, pada menu utama
  4. Silakan masuk dengan menggunakan user id atau email dari My Smartfren, atau jika kalian belum memiliki akun, kalian bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mendaftarkan nomor Smartfren kalian.
  5. Setelah berhasil login kalian bisa langsung melihat sisa kuota, sisa pulsa, dan juga masa aktif kartu kalian.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren menggunakan aplikasi

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi dari Smartfren itu sendiri, aplikasi yang dimaksud di sini adalah aplikasi mysmartfren. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play Store atau bahkan App Store.

Dan untuk cara penggunaannya adalah

  • Download terlebih dahulu aplikasi My Smartfren melalui Google Playstore atau bahkan Appstore
  • Instal aplikasinya seperti biasa hingga selesai
  • Jalankan aplikasi My Smartfren yang sudah diinstal tadi, dan lakukan login menggunakan email ataupun password yang sudah didaftarkan di My Smartfren.
  • Setelah berhasil login, kalian akan langsung bisa melihat detail dari nomor Smartfren kalian. Baik itu menampilkan sisa pulsa, sisa kuota, dan juga masa aktif kartu Smartfren yang kalian gunakan.

Selain untuk melakukan pengecekan masa aktif, dengan menggunakan aplikasi My Smartfren, teman-teman bisa dengan mudah melakukan pengisian pulsa secara langsung, bahkan melakukan pembelian Paket Internet. Dan setiap kali melakukan pengisian pulsa, kalian bisa mendapatkan smartpoin yang nantinya bisa ditukar dengan pulsa, atau bahkan paket internet lain dari Smartfren.

Pastikan juga saat menggunakan aplikasi My Smartfren, kalian berada di dalam jaringan atau sinyal yang stabil. Sebab apabila sinyal tidak stabil, maka akan terjadi error atau kalian akan tiba-tiba keluar dari aplikasi My Smartfren, harus melakukan login ulang.

Itu tadi beberapa cara cek masa aktif kartu Smartfren yang bisa kalian coba, untuk menghindari pemblokiran karena Kartu sudah tidak lagi aktif atau melewati masa tenggang. Semoga bermanfaat

Faiz Dawami
suka diajak ngopi