Cara Cek Masa Tenggang AXIS

Apa Anda merupakan pengguna kartu AXIS? Apa Anda memiliki kendala seperti masa tenggang kartu Anda? Bagaimana cara cek masa tenggang AXIS?

Apakah kamu sudah tahu bahwa setiap operator memiliki kebijakan mengenai pemberlakuan waktu masa aktif setiap penggunanya, termasuk salah satunya adalah AXIS.

Jadi jika masa aktifnya sudah habis, maka nomor Anda akan masuk ke masa tenggang. Dimana di fase yang ini, jika Anda tidak melakukan perpanjangan masa aktif, dan masa tenggangnya habis, maka nomor Anda akan di nonaktifkan atau di blokir. Dan pulsa Anda akan langsung hangus sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa mengaktifkan nomor AXIS tersebut setelah masa tenggang habis dengan beberapa syarat, lho.

Jadi, dibandingkan kamu membeli kartu baru dan kehilangan data-data yang sudah terhubung dengan nomor lama kamu dan meski memasukan nomor-nomor teman atau keluarga ke kartu yang baru, tentu pilihan ini sangat membantu kamu. Lantas, Bagaimana caranya?

Perlu Anda ingat, bahwa ada jangka waktu untuk bisa meminta aktivasi ulang nomor yang mati. Yaitu, apabila masa tenggang nomormu belum lewat dari 60 hari. Kalau sudah lebih dari itu, tidak ada cara lain selain pasrah dan beli nomor baru.

Datang ke AXIS Center

Jika nomor kamu telah melewati masa tenggang, kamu bisa melakukan pengaktifan kembali dengan cara datang langsung ke AXIS Center terdekat di daerah kamu. Nantinya, pihak operator akan langsung memproses permintaan pengaktifanmu dan langsung mengaktifkan kembali nomormu. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi.

Sebelum datang ke AXIS Center, pastikan Anda telah mempersiapkan berkas-berkas dokumen yang diperlukan, seperti KTP asli. Dan jangan lupa juga untuk membawa serta SIM Card lama yang sudah hangus.

Setelah sampai di AXIS  Center, segera datangi bagian Customer Service. Lalu, sampaikan kepada petugas disana kalau Anda ingin mengaktifkan kembali nomor AXIS yang sudah mati tersebut. Oleh petugas, Anda akan ditanya tentang alasan dan sudah berapa lama nomormu mati.

Selanjutnya, Anda juga akan diminta buat mengisi form pengajuan untuk aktivasi. Anda juga akan diminta biaya aktivasi sebesar sepuluh ribu rupiah. Jadi, Alangkah baiknya Anda juga siapkan pecahan uang sepuluh ribu rupiah dari rumah.

Isi form tersebut dengan data yang sesuai dan sama seperti saat Anda melakukan registrasi kartu AXIS pertama kali. Kalau pengisian formulir ternyata salah, Anda akan diminta buat menunjukkan 5 panggilan atau SMS terakhir buat menunjukkan kalau nomor itu benar-benar milik Anda.

Setelah melewati tahap-tahap itu, nantinya petugas bakal memproses permintaan re-aktifasi. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses aktifasi kembalinya selesai. Nomor Anda pun bisa digunakan kembali.

Apabila di daerah kotamu tidak ada AXIS Center, kamu juga bisa kok mengaktifkan kartu AXISmu yang sudah mati di XL Center. Caranya, kira-kira hampir sama dengan jika kamu lakukan permintaan reaktifasi di AXIS Center. Pastikan kamu bawa kartu identitas diri, yaitu KTP asli dan kartu SIM AXIS yang hangus. Jangan lupa juga, untuk bawa pecahan uang sepuluh ribu rupiah untuk antisipasi biaya admin.

Mengajukan Reaktifasi Kartu Secara Online

Selain datang langsung ke AXIS/XL Center, XL Axiata yang menaungi AXIS baru-baru ini meluncurkan layanan aktivasi kartu secara online. Anda dapat mengajukan permintaan reaktivasi tanpa harus datang langsung ke AXIS atau XL Center.

Hal ini tentunya mempermudah Anda yang ingin aktifasi ulang nomor tapi belum punya waktu untung datang langsung. Ataupun jika tempat tinggal Anda lumayan jauh dari XL atau AXIS Center. Dan juga di masa pandemi ini, dimana kita meski tidak sering-sering keluar rumah dan beramai-ramai demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Cara melakukan reaktivasi kartu AXIS yang sudah hilang secara online adalah:

  • Pertama-tama, kunjungi website AXIS.
  • Pada pilihan menu yang tersedia, pilih Layanan “Reaktivasi Kartu”
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor AXIS yang sudah terblokir. Selanjutnya, tekan Check
  • Dari situ, Anda hanya perlu mengikuti semua instruksi yang tertera.
  • Jangan lupa mempersiapkan beberapa dokumen untuk mengaktifasi kartumu, yaitu KTP asli dan Kartu Keluarga.
  • Selain itu, Anda juga harus persiapkan kartu SIM Card AXIS yang ingin Anda aktifkan ulang
  • Kalau SIM Cardmu hilang, lampirkan Surat Keterangan Hilang dari kepolisian
  • Siapkan nomor HP yang aktif buat melakukan video call dengan petugas Customer Service.

Untuk pengambilan kartu baru, Anda tetap harus datang ke XL Center. Proses penggantian kartu yang hilang atau mati ini akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Nah, dibandingkan Anda repot mengurus Kartu yang sudah nonaktif akibat lewat masa tenggangnya. Lebih baik Anda rutin mengecek masa tenggang dari kartu AXIS yang dimiliki.

Berikut kami akan berikan beberapa informasi mengenai cara cek masa tenggang AXIS baik melalui Dial Phone, website resmi, dan juga aplikasi AXISNet, sehingga Anda bisa terhindar dari penonaktifan kartu, berikut cara dan penjelasannya.

Cara Cek Masa Tenggang AXIS

Cara Cek Masa Tenggang AXIS
Cek Masa Tenggang AXIS

Cek Masa Tenggang AXIS via Dial Phone

Cara ini merupakan cara paling umum serta mudah untuk mengecek masa tenggang kartu AXIS. Hampir sama seperti Anda menelpon orang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi telepon pada smartphone.
  • Kemudian masukkan nomor *123# kemudian tekan tombol Call.
  • Tunggu hingga muncul informasi sisa pulsa yang Anda miliki.
  • Setelah itu, anda bisa lihat masa aktif anda disebelah dari jumlah pulsa yang anda miliki saat ini.
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Cek Masa Tenggang AXIS via Website

Selain lewat cara di atas, Anda juga bisa mengunjungi website AXISnet (https://my.axisnet.id/) untuk alternatif cara mengecek masa tenggang kartu AXIS, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah berikutnya, ketik https://my.axisnet.id pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Pada halaman masuk, Anda harus login dulu dengan menggunakan nomor telepon AXIS yang masih aktif. Pilih opsi Masuk dengan menggunakan Nomor AXIS untuk melanjutkan.
  • Masukkan nomor AXIS kamu dan ketuk Lanjutkan untuk melangkah ke proses berikutnya.
  • Di halaman utama, akan disajikan dengan informasi mengenai sisa Pulsa dan masa aktifnya
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Cek Masa Tenggang Melalui Aplikasi AXISNet

Selain mengecek melalui website resmi, untuk lebih mempermudah Anda dalam mengecek kuota AXIS, masa aktif, dan bahkan membeli paket, Anda bisa juga mencoba menggunakan aplikasi bernama AXISNet yang bisa Anda install melalui Google Playstore ataupun AppStore.

Langkah-langkahnya untuk mengecek sebagai berikut:

  • Jika Anda belum mengunduh aplikasi AXISNet, silahkan unduh melalui aplikasi Google PlayStore atau AppStore pada smartphone Anda.
  • Lalu cari aplikasi “AXISNet”, setelah itu klik tombol “Install”.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi AXISNet.
  • Pada halaman masuk, Anda harus login dulu dengan menggunakan nomor telepon AXIS yang masih aktif. Pilih opsi Masuk dengan menggunakan Nomor AXIS untuk melanjutkan.
  • Masukkan nomor AXIS kamu dan ketuk Lanjutkan untuk melangkah ke proses berikutnya.
  • Di halaman utama, akan disajikan dengan informasi mengenai sisa Pulsa dan masa aktifnya
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Kesimpulan

Berikut informasi mengenai cara cek masa tenggang AXIS, baik melalui dial phone, website, maupun aplikasi AXISNet. Anda juga bisa memperpanjang masa aktif kartu dengan cara membeli masa aktif, isi pulsa, dan transfer pulsa.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi