Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis

Bagaimana cara cek masa aktif kartu Axis? Sebagai pengguna kartu Axis, tentunya kita sudah mengetahui beragam fitur dan juga program yang ditawarkan dari provider jaringan data seluler yang satu ini. Mulai dari pilihan paket internet, paket nelpon, bahkan sampai paket SMS yang bisa kita nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Sebab itulah banyak para pengguna Ponsel pintar yang menggunakan provider Axis sebagai salah satu Layanan SIM card mereka.

Sebagaimana kita tahu kebutuhan layanan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pengguna ponsel Android atau bahkan iOS. Mulai dari berkomunikasi via WhatsApp atau bahkan aplikasi chatting lain yang hanya membutuhkan paket internet saja. Sebagaimana kita tau, Axis juga memberikan layanan sinyal yang cukup stabil dan menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia.

Walaupun demikian masih saja ada pengguna ponsel yang mungkin belum menggunakan smartphone berbasis Android ataupun iOS, yang juga ikut menggunakan provider Axis. Itulah mengapa cara cek masa aktif kartu Axis begitu sangat penting dan harus diperhatikan.

Hal ini Bukan Tanpa Tujuan, melainkan untuk pengguna sendiri bisa mengetahui kapan masa aktif kartu akan berakhir. Apabila kartu sudah melewati masa aktifnya maka besar kemungkinan kartu akan mengalami kendala mulai dari telepon, sms, dan juga jaringan.

Sebagaimana kita tahu juga, perbedaan antara paket data dan masa aktif kartu adalah dua hal yang berbanding terbalik. Jika kita menggunakan paket internet mungkin kita akan mendapatkan masa aktif selama 30 hari, dan kemudian paket internet tersebut tidak akan bisa digunakan setelah melewati masa aktif paket yang ditentukan. Sedangkan untuk aktivitas telepon atau bahkan SMS masih tetap bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa utama.

Namun apabila kartu sudah melewati masa aktif dan masa tenggang, maka otomatis semua kegiatan seperti telfon, sms, menerima telfonpun bisa saja menjadi terganggu, dan ujungnya adalah kartu terkena Blokir.

Namun untuk masa aktif kartu biasanya ditentukan dari seberapa besar nominal pengisian pulsa kalian. Jika Biasanya kita mendapatkan masa aktif selama 30 hari untuk pengisian pulsa dengan nominal Rp10.000, dan bisa lebih dari 30 hari Jika nominalnya melebihi dari Rp 10.000.

Oleh karena itu setiap pengguna diharuskan melakukan pengisian pulsa untuk tetap bisa menggunakan kartu Axis itu sendiri. Walaupun sudah melewati masa tenggang atau masa aktif, pengguna tetap diberikan waktu sekitar 30 hari sebelum akhirnya kartu tidak bisa digunakan.

Hal ini biasanya dikarenakan pengguna kartu Axis yang biasa membeli paket data internet melalui konter ataupun voucher. Karena ketika mereka melakukan hal itu, pengisian yang dilakukan hanya berdampak pada paket internet saja namun tidak menambahkan masa aktif pada kartu.

Itu tidak ada salahnya kalian menyimak cara cek masa aktif kartu Axis, untuk mengetahui kapan batasan terakhir kalian bisa menikmati layanan dari Axis. Caranya juga tidak terlalu sulit kok.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis
Cek Masa Aktif Kartu Axis

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis Lewat Kode USSD

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan kode panggilan cepat atau kode USSD. Cara ini biasa dilakukan untuk pengguna Android iOS atau bahkan ponsel yang belum menggunakan operating system Android dan iOS sehingga cara ini bisa sangat mudah dilakukan baik dari perangkat apapun.

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon yang ada di ponsel kalian
  • Lalu ketikan panggilan cepat yakni dengan menekan *123# kemudian tekan call atau Panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up dari layanan Axis
  • Pilih menu info atau biasa tertera pada nomor 7. Kalian bisa menekan atau angka 7 kemudian pilih kirim atau send
  • Setelah masuk ke menu info kalian bisa memilih menu detail nomor Axis, yang biasanya berada pada pilihan nomor 2. Balas pesan pop-up tersebut dengan menekan angka 2 dan kemudian pilih kirim atau send
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya pihak Axis akan menampilkan pop-up mengenai informasi Kartu kalian seperti masa aktif sisa kuota dan juga sisa paket internet yang ada

Cara ini tak jauh berbeda dengan cara cek kuota internet Axis, bahkan kalian bisa melakukan cara ini tanpa khawatir terpotong pulsa utama sepeserpun.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis Lewat Aplikasi

Cara kedua kita akan menggunakan aplikasi yang memang dibuat oleh pihak Axis untuk penggunanya dalam memudahkan aktivitas transaksi atau bahkan pengecekan detail kartu Axis mereka.

Aplikasi yang dimaksud disini adalah aplikasi Axisnet. Aplikasi ini bisa diunduh dan juga dijalankan untuk pengguna android ataupun iOS. Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini tentu untuk memudahkan pengguna untuk melihat semua detail dari kartu Axis mereka bahkan Kalian juga bisa melakukan pembelian pulsa kuota atau bahkan pembelian Paket lain yang tersedia. Cara penggunaannya juga cukup mudah

  • Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kalian bisa mengunduhnya melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS
  • Setelah itu instal aplikasi Axisnet dan jalankan seperti biasa
  • Setelah terbuka kalian akan diminta untuk melakukan login, silakan login dengan menggunakan nomor Axis kalian yang masih aktif.
  • Jika pada saat login kalian diminta untuk memasukkan kode verifikasi maka kalian bisa menunggu beberapa saat sampai Axis mengirimkan kode verifikasi lewat SMS
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam aplikasi Axisnet
  • Setelah berhasil masuk kalian akan melihat detail dari kartu kalian mulai dari sisa pulsa yang aktif, sisa kuota internet yang masih aktif, dan juga masa aktif kartu kalian.

Walaupun cara ini terbilang sangat mudah, tetap saja pengguna smartphone harus memiliki koneksi internet yang aktif, atau setidaknya terhubung dengan jaringan Wifi yang stabil. Dan jangan lupa untuk menaruh sim card atau memasukkan simcard Axis dalam Slot SIM 1.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis Lewat Pengisian Pulsa

Cara ketiga ini terbilang sudah sangat familiar bagi pengguna ponsel. Sebab dengan cara ketiga ini kalian bisa mengetahui masa aktif kartu kalian dengan melakukan pengisian pulsa. Seperti yang sudah ditulis diatas masa aktif kartu ditentukan dari adanya pulsa yang masih aktif di dalam Kartu kalian.

Oleh karena itu kalian bisa melakukan pengisian pulsa dengan beragam nominal, mulai dari Rp10.000, Rp20.000 atau bahkan Rp50.000.

Semakin besar nominal pulsa yang kalian isi maka masa aktif kartu akan bertambah, sesuai dengan nominal yang kalian isi. Setiap operator akan memiliki penambahan masa aktif yang berbeda, untuk tiap nominalnya.

Kalian bisa melakukan pengisian ulang pulsa di berbagai tempat kapanpun dan dimanapun, mulai dari convenience Store seperti Alfamart atau Indomaret, konter pulsa, melalui layanan iBanking, atau bahkan warung-warung yang ada di sekitar kalian yang melayani pengisian pulsa.

Setelah kalian berhasil melakukan pengisian pulsa, biasanya akan ada SMS balasan yang menginformasikan bahwa kalian sudah berhasil melakukan pengisian ulang pulsa.

Jangan terlalu cepat untuk menghapus pesan tersebut, sebab di dalam pesan tersebut ada informasi tentang masa aktif kartu kalian. Gitu kalian bisa mengetahui kapan masa aktif kartu kalian akan berakhir, dan Kapan kalian harus melakukan pengisian ulang pulsa kembali.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Axis Lewat Panggilan Telpon

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan panggilan telepon. Maksudnya disini adalah kalian bisa menghubungi teman kerabat keluarga atau bahkan pasangan kalian, yang mungkin memiliki nomor dari provider lain. Biasanya, ketika pulsa kalian sudah akan habis operator akan mengirimkan pesan SMS, yang menginfokan bahwa sisa pulsa kalian akan segera habis, dan biasanya juga tertera keterangan aktif sampai dengan tanggal,  bulan, dan tahun yang ditentukan.

Sedikit tips untuk kalian yang ingin tetap menjaga masa aktif kartu agar tidak masuk ke dalam masa tenggang adalah, bisa melakukan pengisian pulsa terlebih dahulu, ketika ingin membeli paket internet, paket telepon, atau bahkan paket SMS dari Axis.

Setelah melakukan pengisian pulsa maka kalian bisa membeli paket tersebut, melalui dial phone, atau bahkan aplikasi Axisnet.

Sehingga ketika kalian melakukan pembelian Paket, maka otomatis provider akan memotong pulsa aktif kalian. Jadi, masa aktif kartu kalian tetap bertambah, dan paket yang kalian gunakan juga tetap bisa aktif sampai dengan masa aktif paket yang sudah ditentukan.

Sekian untuk informasi kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi