Cara Jualan Pulsa

Cara jualan pulsa termasuk salah satu bisnis yang menguntungkan bahkan sampai saat ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang menggunakan smartphone. Bahkan kini smartphone dapat digunakan untuk bermain game, mendownload aplikasi, hiburan, streaming video dan masih banyak lagi.

Mengingat kebutuhan internet yang semakin meningkat inilah kebutuhan akan pulsa dan kuota data tetap meningkat, meskipun saat ini sudah ada wifi. Namun kebanyakan orang masih menggunakan data seluler untuk berkomunikasi. Inilah alasan kenapa bisnis pulsa selalu menjanjikan.

Read More

Cara Jualan Pulsa

Cara Jualan Pulsa
Panduan Jualan Pulsa Offline dan Online

Tutorial Jualan Pulsa Secara Offline dan Online

Bagi yang memiliki tempat usaha dan ingin membuka konter, tidak ada salahnya kamu memilih bisnis jalan pulsa offline ini dengan membuka konter sendiri. Tapi jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa berjualan pulsa online. Karena baik online maupun offline sebenarnya sama saja, justru berbisnis pulsa secara online jauh lebih hemat karena tidak memerlukan tempat usaha.

Maka dari itu, kamu bisa memilih salah satu cara jualan pulsa berikut ini :

Metode 1 : Berjualan Pulsa Dengan Membuka Konter Pulsa

Jika kamu ingin membuka bisnis konter pulsa, tapi kamu bingung harus memulainya darimana. Kamu bisa coba cara jualan pulsa dengan membuka konter berikut ini :

Terkait:  Cara Hapus Akun Tokopedia

1. Survey Harga Pulsa

Tahap yang pertama merupakan tahapan terpenting, sebab sangat berpengaruh bagi keberhasilan bisnis pulsa. Lakukan survei untuk harga pasaran di daerah sekitarmu, kamu juga harus mengecek apa saja kira-kira produk yang kamu jual selain menjual pulsa.

Silahkan dicatat semua, dengan cara membuat daftar atau list harga pulsa. Jadi jangan sampai ketika sudah berjualan, harganya justru terlalu mahal atau terlalu murah, sehingga membuatmu semakin rugi.

2. Menentukan Tempat

Cara jualan pulsa secara offline berikutnya, tentukan tempat usaha untuk berjualan pulsa, jadi sama seperti ketika kamu ingin membuka toko makanan atau baju. Selain itu, pastikan tempat tersebut sering dilewati oleh banyak orang. Sehingga ada kemungkinan besar tempat berjualan pulsamu banyak disinggahi.

Misalnya saja dengan membuka tempat usaha berjualan pulsa di sekolah, pasar, dekan terminal, alun-alun, depan kantor atau yang lainnya. Kamu bisa memilih lokasi tempat usaha yang ideal dan strategis.

3. Pilih Agen Pulsa

Kamu juga harus memilih agen pulsa terpercaya yang bisa diajak kerjasama untuk melancarkan usaha pulsa kamu. Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih agen pulsa :

  • Pilih yang harganya bersaing.
  • Menawarkan proses transaksi lebih cepat.
  • Memiliki jumlah deposit yang terjangkau.
  • Menawarkan cara deposit yang banyak pilihan dan mudah.
  • Layanan CS 24 jam.
  • Memilih agen yang berjualan di tempat terjangkau.

5. Persiapan Perlengkapan Pendukung

Kamu juga bisa mencari tahu perlengkapan untuk membuka usaha konter pulsa. Hal ini juga penting dalam cara jualan pulsa. Ada beberapa perangkat pendukung untuk berjualan pulsa lewat konter :

  • Banner yang digunakan untuk promosi
  • Slim cutter
  • Steling kaca
  • Gantungan aksesoris
  • Tatakan kartu perdana
  • Aksesoris hp
  • Rak jaring aksesoris

Silahkan catat perlengkapan tersebut berikut harga yang harus kamu persiapkan.

Terkait:  Cara Jualan Produk Digital di Tokopedia

4. Tuliskan Rincian Modal Usaha

Kamu bisa merinci kebutuhan modal usaha yang diperlukan untuk bisnis konter pulsa. Dengan rincian berikut :

No. Rincian Modal
1. Sewa Tempat Rp. 10.000.000
2. Deposit Rp. 2.000.000
3. Modal Perlengkapan  Rp. 100.000 (banner/spanduk)

Rp. 500.000 (steling kaca)

Rp. 65.000 (SIM Cutter)

Rp. 100.000 (tatakan kartu perdana untuk 4 kotak)

Rp. 40.000 (Gantungan aksesoris)

Rp. 100.000 (Rak jaring aksesoris)

Rp. 2000.000 (Aksesoris hp sebagai permulaan)

TOTAL Rp. 14.905.000

Berdasarkan rincian modal di atas, minimal kamu harus mengeluarkan modal pembukaan usaha konter pulsa memerlukan sekitar Rp. 15 juta kurang lebih. Ini tergantung dari kebutuhan, jika kamu bisa menemukan tempat sewa usaha yang lebih murah lagi bisa kurang dari Rp. 15 juta.

5. Menyewa Tempat Usaha

Silahkan mendatangi tempat usaha yang akan kamu sewa setelah melakukan survei sebeumnya dengan catatan harus sesuai modal. Apabila tempat sendiri atau tidak menyewa tempat, kamu bisa skip langkah ini.

6. Berbelanja Barang Untuk Usaha

Cara jualan pulsa di konter selanjutnya kamu hanya perlu berbelanja barang perlengkapan usaha sesuai daftar yang sudah dicatat sebelumnya. Namun ingat, pastikan kamu menekan anggaran dan benar-benar cermat memilih barang yang sangat dibutuhkan.

Selain itu, alternatif lainnya bisa mencari toko yang mejnual harga barang lebih murah, namun tetap berkualitas. Kamu juga bisa mendesain konter tempat usahamu sedemikian rupa, agar terlihat menarik dan profesional.

7. Daftar ke Agen dan Lakukan Deposit

Langkah berikutnya, kamu tinggal mendaftar sebagai member di agen pulsa pilihanmu, kemudian lakukan deposit pulsa. Minimal deposit yang bisa kamu lakukan Rp. 2 juta, namun jika kamu memiliki budget berlebih bisa Rp. 2 juta. Selanjutnya sesuaikan dengan jumlah penjualan.

Silahkan pelajari bagaimana cara bertransaksi pulsa kepada distributor atau agen pulsa yang kamu pilih.

8. Mulai Promosi

Untuk mempromosikan usaha jualan pulsa selain memakai banner atau spanduk, kamu juga bisa memasarkannya secara online lewat sosial media. Silahkan gunakan akun Instagram, Facebook dan yang lainnya. Kamu juga bisa menjual produk elektrik lainnya, seperti paket data, PPOB, token listrik dan lainnya.

Kamu juga bisa mengoptimalkan penjualan untuk aksesoris hp, jika perlu dan ada modal besar kamu bisa bisnis jual beli untuk hp baru dan bekas.

9. Selalu Mencatat Transaksi Pulsa (Pembukuan)

Meskipun kamu sudah mengikuti cara jualan pulsa di atas, tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan pembukuan. Ingat, pembukuan sangat penting dalam berbisnis. Karena kamu bisa mengetahui omset penjualan dan modal yang harus kamu keluarkan.

Jika enggan mencatat, kamu bisa menggunakan format Excel atau bahkan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan secara otomatis dana realtime. Bahkan ada beberapa aplikasi yang gratis, jadi bisa dimanfaatkan.

Metode 2 : Berjualan Pulsa Lewat Mitra Marketplace

Cara jualan pulsa online ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet atau menghemat anggaran. Kamu bisa bergabung ke mitra marketplace untuk berjualan pulsa, salah satunya adalah Tokopedia. Silahkan simak caranya berikut :

1. Masuk Akun Mitra

Silahkan masuk ke akun Mitra di Tokopedia. Apabila kamu belum mempunyai akunnya, silahkan buat akun lebih dahulu. Kamu tinggal masuk ke aplikasi Mitra Tokopedia dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya. Kemudian ikuti perintah yang tersedia sampai selesai.

Biasanya untuk mendaftar, memerlukan foto KTP dan foto diri beserta nama lengkap yang harus diinput atau diupload saat pendaftaran. Jika sudah selesai buat akun Mitra Tokopedia, lanjut ke poin selanjutnya.

2. Inputkan Nomor Tujuan

Selanjutnya kamu tinggal menginputkan nomor hp tujuan yang akan diisi pulsa, dalam hal ini pembeli kamu. Pastikan nomor hpnya sudah benar.

3. Tentukan Nominal

Jika sudah memasukkan nomor tujuan, selanjutnya kamu tentukan nominal pulsa yang akan diisi. Silahkan pilih sesuai pesanan pelanggan.

4. Lakukan Pembayaran

Langkah berikutnya, kamu tinggal tekan ‘Bayar’. Silakan pilih tergantung kebutuhanmu atau sesuai pesanan.

Diantara kedua metode cara jualan pulsa di atas, kamu bisa memilih apakah ingin membuka konter atau hanya perlu berjualan pulsa secara online melalui Mitra marketplace. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan budget atau ketersediaan modal usaha yang kamu miliki.

 

Related posts