Cara Cek Layar iPhone

Apa fungsi dari Cara Cek Layar iPhone? Apakah cara ini bisa dilakukan dengan mudah? Dan apakah cara ini berlaku untuk semua tipe iPhone?

Berkembangnya teknologi serta pembaruan Gadget yang hampir tiap bulan mengeluarkan tipe baru dari seri sebleumnya, membuat para penggila gadget terkadang kalap dan berusaha memiliki gadget paling baru dikelasnya.

Walaupun begitu, tak sedikit dari penggila gadget juga terus berburu smartphone berbasis iOS yang biasa kita kenal dengan iPhone. Sebenarnya, untuk membeli gadget dengan tipe iPhone sendiri terbilang cukup rawan.

Mengapa demikian? Sebab, kadang kala ada saja penggila gadget yang terlalu terburu buru ingin memiliki perangkat iPhone sekalipun dalam kondisi second. Padahal, sudah banyak sekali jenis iPhone yang cukup tidak worth it, seperti misalnya replica, hdc, ataupun refublish.

Hal inilah yang kadang kala juga menghantui para penggila gadget yang mungkin ingin membeli iPhone sebagai ponsel pintar mereka. Maka dari itu, tentunya kita harus awas dan mengerti tentang bagian apa saja yang harus diperhatikan, agar tidak mendapatkan produk Apple atau iOS yang mungkin hardware nya tidak asli, ataupun mengalami kerusakan.

Dalam hal ini, tak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan LCD mereka yang kurang responsif atau bahkan error. Maka dari itu, kita perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, baik ketika memang sudah memiliki iPhone, atau bahkan ingin membeli iPhone dalam kondisi baru ataupun bekas.

Tapi sebelumnya, apa saja sih tanda tanda LCD atau Layar iPhone yang tidak asli atau mengalami kerusakan?

  • Sentuhan layar tidak responsif seperti biasanya
  • Display Warna atau tampilan terlihat agak buram atau kurang cerah
  • Warna yang ditampilkan pada layar tidak sesuai
  • Tidak memiliki Fitur True Tone / 3D Touch (atau tidak aktif)
  • Layar LCD sering mengalami Ghost Touch atau kondisi dimana touch screen seperti error dan menyentuh sendiri
  • Terjadi Delay pada saat menggunakan Keypad untuk mengetik
  • Kurangnya ketajaman warna
  • Mempengaruhi baterai iPhone menjadi lebih boros
  • Umur Layar LCD tidak panjang atau cepat rusak

Apabila layar LCD iPhone kalian mengalami beberapa kendala seperti diatas, maka ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan Layar LCD, atau segera mendatangi service center dari iPhone.

Sebab, apabila kondisi Layar LCD iPhone dibiarkan begitu saja, maka hal ini tentu bisa menjalar ke bagian atau part lain dari iPhone. Bahkan tak jarang ketika pengguna iPhone mengalami Ghost Touch, mereka kerap kali merasa kesal dan tak jarang merusak LCD mereka.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan coba mengulas tentang Cara Cek Layar iPhone, untuk kalian yang mungkin mengalami kendala diatas, ataupun sekedar ingin memeriksa dan mengetahui apakah layar LCD iPhone kalian memang asli atau palsu.

Cara Cek Layar iPhone

Cara Cek Layar iPhone
Cek Layar iPhone

Cara Cek Layar iPhone dengan 3uTools

Langkah pertama yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kualitas LCD iPhone adalah dengan menggunakan 3uTools. Aplikasi ini terbilang sangat membantu pengguna iPhone yang memiliki perangkat Windows. Sebab, aplikasi ini bisa menggantikan iTunes, dan juga melakukan pengecekan Layar iPhone kalian. Sebelumnya, siapkan dulu beberapa hal berikut ini

  • Kabel Data / USB iPhone Original atau dalam kondisi yang masih bagus
  • Komputer atau Laptop dengan Operating System Windows
  • Koneksi Internet (untuk menggunakan 3uTools)

Setelah semuanya siap, kita lanjut untuk melakukan pengecekan menggunakan 3uTools

  • Apabila kalian belum memiliki Aplikasi ini, silahkan download aplikasi 3uTools melalui http://www.3u.com/ dan pilih sesuai dengan OS komputer / laptop kalian.
  • Install aplikasi 3uTools tadi seperti biasa hingga selesai
  • Setelah itu, hubungkan iPhone kalian ke komputer dengan menggunakan kabel data / lightning iPhone yang masih bagus / original
  • Setelah terhubung, buka Aplikasi 3uTools dan tunggu sampai devices atau perangkat iPhone kalian terdeteksi dan muncul didalam aplikasi 3uTools tadi
  • Pada bagian bawah spesifikasi lengkap dari iPhone yang muncul di 3uTools, pilih menu View Verification Report dan pastikan kalian terhubung ke internet ya, jika tidak maka tidak akan berhasil
  • Tunggu sampai muncul pop up untuk meminta authorisasi, lanjut saja pilih Authorize
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul jendela iDevices Verification Report dan selesai melakukan pengecekan.

Nah, setelah muncul Verification Report, disini kamu bisa melihat seluruh informasi hardware ataupun software dari iPhone kalian. Bahkan kalian juga bisa melihat Testing Score kalian, umumnya Testing Score yang baik adalah diatas 80%, apabila dibawah itu, maka bisa saja ada kerusakan didalamnya.

Namun bagian paling penting dalam hal ini adalah kalian bisa fokus untuk melihat pada bagian Screen Serial Number, apabila hasilnya adalah Need to Judge, maka patokan kalian adalah Front Camera. Apabila Result Test dari Front Camera adalah Normal maka bisa dipastikan Layar LCD kalian asli, dan juga baik baik saja.

Cara Cek Layar iPhone dengan True Tone

Pada poin sebelumnya, True Tone masuk dalam kategori dari tanda tanda kerusakan LCD iPhone. Namun perlu diketahui, Fitur True Tone hanya tersedia untuk iPhone seri 8 keatas saja, dan untuk seri dibawahnya (seri 7) tentu tidak akan ada, dan bisa melakukan pengecekan melalui 3uTools.

Nah, untuk menegetahui apakah layar LCD iPhone kalian adalah asli dan baik baik saja, kalian bisa menggunakan cara berikut ini.

  • Masuk ke Settings / pengaturan iPhone
  • Masuk ke menu Display & Brightness / Tampilan dan Kecerahan
  • Scroll ke paling bawah dan cari True Tone

Apabila di iPhone seri 8 keatas yang kalian miliki tidak ada fitur True Tone atau mungkin ada namun tidak berfungsi, maka bisa dipastikan bahwa Layar LCD iPhone kalian tidak asli dan mengalami kerusakan.

Buat yang belum tau, True Tone merupakan fitur dari iOS yang berfungsi untuk mengatur White Balance atau pengaturan warna pada layar iPhone secara otomatis. Sehingga, warna yang dihasilkan akan lebih nyata dan lebih tajam.

Cara Cek Layar iPhone dengan Aplikasi Touchscreen Test

Cara yang ketiga ialah kalian bisa menggunakan Aplikasi Touchscreen Test yang bisa kamu temukan di App Store pada iPhone kalian. Aplikasi ini bisa berguna untuk pengguna yang ingin melakukan pengetesan terhadap sensitifitas pada layar iPhone, dan juga untuk mengetahui kerusakan lain pada Hardware iPhone, khususnya LCD. Caranya

  • Buka App Store di perangkat iPhone kalian
  • Cari aplikasi bernama Touchscreen Test dan kemudian tekan GET / INSTALL
  • Tunggu sampai Installasi selesai, dan jalankan Aplikasi nya
  • Setelah itu, ikuti Instruksi yang muncul, untuk mengecek kualitas LCD kalian

Sama seperti 3uTools tadi, aplikasi Touchscreen Test memiliki ragam pilihan menu, seperti Touchscreen Test, Draw Test, 3D Touch, Multi Touch, Pinch, Move, Scalable, dan lainnya.

Dan setelah melakukan pengetesan, maka aplikasi Touchscreen test akan menampilkan report atau informasi dari hardware LCD kalian. Dan apabila terjadi banyak error, maka kalian bisa melakukan cara terakhir, yakni

Cara Cek Layar iPhone Lewat iBox

Jika ketiga cara diatas menampilkan hasil yang buruk mengenai LCD kalian, maka kalian bisa membawa iPhone kesayangan kalian ke iBox. Sebagaimana kita tau, iBox sendiri sebenarnya merupakan pusat atau store official dari iPhone yang mana menjual beragam jenis iPhone untuk penggunanya.

Namun, selain berbelanja produk Apple, kalian juga bisa berkonsultasi dengan pihak iBox dan menceritakan semua masalah kalian untuk mengecek layar iPhone kalian. Dengan begitu, pihak iBox biasanya akan mengarahkan kalian ke service center untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Tapi tentunya, cara terakhir ini akan memerlukan biaya yang mungkin tidak sedikit. Kecuali mungkin kamu memiliki garansi yang bisa di claim, dan kerusakan yang terjadi sendiri bukan dikarenakan human error, dan bukan barang refublish, hdc, atau bahkan replica.

Demikianlah informasi seputar Cara Cek Layar iPhone yang mana bisa kamu gunakan untuk memeriksa keaslian dari iPhone yang kalian miliki, dan mendeteksi apakah hardware Layar iPhone yang kalian punya asli atau tidak. Semoga bisa menjadi referensi yang baik, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi