Cara Iklan Google Ads

Untuk memaksimalkan promosi produk dan jasa, Kamu bisa memanfaatkan media digital, dan salah satunya menggunakan Google Ads. Google Ads sendiri termasuk salah satu layanan Google yang seringkali dipakai untuk memunculkan iklan berbayar di dalam hasil pencarian. Awalnya Google Ads bernama Google Adword. Hanya saja fungsinya masih sama, yakni membuat iklanmu muncul pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan usahamu. Jangan lewatkan cara iklan Google Ads disini!

Bisa dikatakan bahwa Google Ads adalah strategi terbaik agar penjualan produkmu semakin meningkat. Hal ini mengingat, Google sendiri termasuk mesin pencari raksasa yang mampu menjangkau lebih banyak orang. Oke, untuk membantumu mengiklankan produk di Google, Kamu bisa coba cara iklan Google Ads di bawah ini!

Read More

Cara Iklan Google Ads

Cara Iklan di Google Ads
Tutorial Pasang Iklan di Google Ads

Tutorial Pasang Iklan Google Ads

Jika Kamu ingin memasang iklan di Google Ads, berikut ini tutorial cara iklan Google Ads yang bisa Kamu coba :

1. Mengunjungi Laman Google Ads

Silahkan masuk ke laman Google Ads di alamat http://www.ads.google.com/, kemudian tekan ‘sign in’ jika ingin login memakai akun Gmail. Kamu juga dapat mendaftar akun baru untuk kebutuhan beriklan di Google Ads. Jika memisahkan akun pribadi dengan khusus Google Ads, tidak membuat inbox email Kamu menjadi penuh.

Terkait:  Cara Mengganti Sandi Akun Google

2. Memilih Goal Iklan

Cara iklan Google Ads selanjutnya, jika sudah sukses masuk ke akun Google Ads, Kamu wajib memilih sasaran atau goal iklanmu. Dari sini, ada 4 opsi yang ditawarkan kemudian pilih yang sesuai dengan usahamu. Adapun goal pertama ialah menghubungimu lewat telepon. Apabila usahamu seringkali melayani transaksi lewat telepon, maka Kamu dapat memilih goal pertama.

Sedangkan, sasaran kedua yaitu mengunjungi situs web Kamu. Jika transaksi usahamu sering dilakukan lewat situs web, baik e-commerce maupun toko online, maka Kamu dapat memilih sasaran kedua.

Untuk goal ketiga yaitu dengan mengunjungi langsung toko offline atau fisik. Contohnya kafe, tempat makan dan lainnya. Goal ketiga tersebut intinya mewajibkan pelanggan untuk langsung datang ke toko Kamu agar melakukan transaksi.

Sementara itu, goal keempat yaitu jika ingin memasarkan video tertentu. Maka iklanmu sebaiknya langsung mengajak para pengunjung menyaksikan video tersebut. Misalnya saja, kita memilih goal untuk mengunjungi website. Jika sudah, tekan ‘Berikutnya’.

3. Isi Nama Usahamu

Cara iklan Google Ads selanjutnya, Kamu akan dibawa ke halaman pengisian nama bisnis. Adapun tujuannya yaitu, supaya iklanmu berpotensi dapat ditampilkan ketika seseorang mencari nama usaha Kamu lewat Google. Silahkan isi nama bisnismu sendiri, kemudian tekan ‘Berikutnya’.

4. Isi Alamat Web Kamu

Mengingat opsi goal yang Kamu pilih adalah mengunjungi website, Kamu akan diminta melakukan pengisian alamat web. Sehingga, pengguna internet yang melakukan klik iklan Kamu, bisa diarahkan langsung ke alamat web-mu. Kamu tidak perlu melakukan pengisian alamat web yang utama, tetapi cukup landing page pada produk yang Kamu inginkan yang relevan.

5. Memakai Google Analytic

Cara iklan Google Ads berikutnya, jika web Kamu belum memakai Google Analytics, Kamu pun akan langsung mendapatkan pertanyaan untuk memakainya. Jika Kamu kurang begitu tertarik, silakhan ‘Lewati Dulu’. Tapi sebagai saran, sebaiknya pakai Google Analytics sebab dapat membantumu melakukan analisa iklan terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu bisa memahami tingkat efektivitas pada iklan yang dipasang.

Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

6. Menulis Iklan

Selanjutnya Kamu diminta menuliskan iklanmu. Bahkan Kamu dapat langsung melihat tampilan iklanmu di samping kolom tertentu yang sudah disediakan. Sebaiknya buat iklan produk yang jelas, singkat, juga padat. Sehingga, pesan iklan Kamu akan lebih mudah tersampaikan, karenanya banyak orang menjadi tertarik mengkliknya.

7. Inputkan Kata Kunci Iklan

Kamu juga harus memasukkan kata kunci untuk iklanmu. Dengan tujuan, agar orang lain bisa dengan mudah menemukan iklanmu berdasarkan kata kunci yang dibuat. Ketika ada orang yang mencari keyword tersebut lewat mesin pencarian Google, selanjutnya iklanmu pun langsung ditampilkan.

Jika ingin menambahkan keyword, Kamu hanya perlu mengklik opsi tambah Tema Kata Kunci yang baru. Silahkan isi keyword tersebut sesuai keinginan dan tekan ‘enter’ di keyboard. Setelah itu, tekan ‘Berikutnya’.

8. Memilih Jangkauan Lokasi

Cara iklan Google Ads selanjutnya pilih jangkauan lokasi untuk iklanmu ditampilkan. Dari sini, Kamu bisa lebih bebas menentukan jangkauan lokasi tergantung kebutuhan. Misalnya saja, dengan menampilkan iklan produk/jasamu di negara tertentu, kota, provinsi, sampai lebih spesifiknya.

9. Memilih Budget serta Durasi Iklan

Langkah berikutnya, Kamu pun diminta melakukan pengisian anggaran atau budget iklan. Dimana Google Ads memakai sistem pembayaran pay per click alias PPC. Sehingga Kamu hanya perlu membayar jika iklan diklik. Jika tidak, jangan khawatir karena Kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membayarnya.

10. Memilih Metode Pembayaran

Jika Kamu telah memastikan semua isian dan keterangan iklan diisi dengan tepat, Kamu tinggal memilih opsi pembayaran. Jangan khawatir, Kamu dapat membayar iklan memakai transfer bank atau kartu kredit. Setelah seluruh kolom diisi, tekan ‘Kirim’ di bawah halaman.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP

Kenapa Harus Beriklan di Google Ads?

Setelah memahami cara iklan Google Ads, bagi Kamu yang masih ragu menggunakan Google Ads untuk beriklan, rasanya perlu tahu keuntungan beriklan di Google Ads. Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan Google Ads di bawah ini :

1. Melakukan Remarketing

Tak hanya beriklan lewat hasil pencarian di Google saja, tetapi Google Ads memungkinkan Kamu untuk memasang iklan usahamu di aplikasi maupun website partner Google. Sehingga, Google pun akan memasang iklanmu ke orang-orang yang telah membuka iklanmu, namun belum membeli produkmu. Selain itu, orang tersebut pun bisa melihat iklanmu langsung di aplikasi maupun website yang telah dikunjunginya. Inilah yang dinamakan remarketing, tujuannya agar mempertahankan calon konsumen potensial.

2. Google Sebagai Search Engine Raksasa

Sebagai mesin pencari atau search engine raksasa, tentu saja beriklan di Google bisa membuatmu mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi. Sebab Google sendiri telah menguasai pangsa pasar mesin pencari. Di tanah air sendiri, jangkauan panga pasar Google bahkan lebih besar, sampai 97.09%. Bing dan Yahoo sendiri hanya memperoleh pangsa pasar 0,77% dan 1,66%. Dengan kata lain, memasang iklan di Google membuat iklanmu bisa dilihat banyak orang.

3. Spesifiknya Target Audiens

Di Google Ads, Kamu bisa menyesuaikan target audience sesuai kebutuhanmu. Bahkan jangkauan lokasi target audiens bisa diperluas sampai di seluruh pelosok Indonesia. Namun jika Kamu memerlukan jangkauan lokasi di provinsi atau kota secara lebih spesifik lagi.

Kamu bahkan dapat mengatur iklan produkmu supaya bisa terlihat lewat perangkat apapun. Mengingat setiap orang dapat mengakses search engine lewat berbagai perangkat, entah itu dari tablet, desktop maupun smartphone. Kamu dapat mengatur iklanmu agar dapat terlihat di ketiga perangkat tersebut sekaligus.

4. Biaya Terjangkau

Kamu juga bisa melakukan estimasi biaya Kamu di nominal paling minim sekalipun sesuai kebutuhan. Belum lagi, Google telah menerapkan sistem PPC atau pay per cick. Sehingga Kamu hanya perlu melakukan pembayaran apabila target pengunjung membuka iklan yang Kamu tampilkan.

Itulah beberapa langkah cara iklan Google Ads yang dapat Kamu coba lakukan jika ingin produkmu mendapat calon pembeli potensial. Semoga bermanfaat!

 

Related posts