Cara Download Video Youtube di Chrome Android

Mungkin banyak yang belum tahu tentang cara download video Youtube di Chrome android. Dengan mengunduh video Youtube di Google Chrome android, maka Kamu bisa memutar konten video tersebut kapanpun Kamu mau secara online. Sehingga kuota internet yang Kamu miliki tetap awet. Selain itu, membuatmu lebih leluasa dan nyaman menonton video favoritmu jika dibandingkan akses internet yang terkadang tidak stabil.

Youtuba saat ini telah menjadi platform sharing video terbesar di seluruh dunia, mengingat Kamu bisa mendapatkan beragam konten menarik yang bisa disaksikan. Mulai dari konten entertainment hingga konten edukasi yang sangat bermanfaat. Maka dari itu, banyak orang yang memanfaatkan sisi positif Youtube untuk menambah informasi, wawasan, hingga live streaming.

Read More

Persiapan Download Video Youtube

Dengan mendownload video Youtube memang menawarkan banyak sekali keuntungan, salah satunya Kamu bisa menyaksikan video tersebut secara offline meskipun jaringan internet sedang tidak stabil. Selain itu Kamu juga bisa menontonnya kapan saja dengan mudah. Namun sebelum kita membahas cara download video Youtube di Chrome android, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan berikut ini :

1. Akses Internet Stabil

Persyaratan utama jika ingin mengunduh video Youtube, tentu saja Kamu harus memiliki akses internet stabil. Dengan begitu, proses download pun tak akan gagal dan tidak terhambat. Selain itu, pastikan pula jaringan internetnya minimal harus berada di dalam jaringan 3G. Karena jika jaringan internet perangkatmu masih EDGE, biasanya akses internetnya akan sangat lambat.

Terkait:  Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

2. Ketersediaan Kuota

Selain akses internet yang stabil, sudah pasti Kamu juga harus memiliki kuota internet sebelum mengunduh video dari Youtube. Hal ini mengingat video yang disajikan di youtube menawarkan ukuran berbeda, sehingga kuota internet yang tersedia setidaknya cukup besar supaya tak menghambat aktivitas unduhan videomu.

3. Memori Internal Hp

Kamu harus tahu bahwa video Youtube menawarkan durasi yang bermacam-macam. Biasanya ada yang berdurasi hanya beberapa menit, bahkan berjam-jam sekalipun. Untuk video berdurasi lama, Kamu tentu saja memerlukan memori perangkat cukup besar supaya lebih leluasa memberikan ruang bagi video tersebut.

4. Platform Download

Hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya ialah platform untuk mendownload. Kamu sebaiknya pilih platform download yang tepat agar bisa mengunduh video yang Kamu sukai dari Youtube dengan mudah. Seperti kita ketahui, ada 2 jenis platform yang sering digunakan untuk mengunduh video Youtube, diantaranya melalui aplikasi dan website. Sebenarnya keduanya menawarkan kekurangan dan kelebihan, bisa menyesuaikan kebutuhan dan keinginan untuk mengunduh video di platform yang diinginkan. Agar video fasvoritmu bisa langsung tersimpan lewat memori hp, dengan begitu Kamu bisa menontonnya kapanpun Kamu mau.

Cara Download Video Youtube di Chrome Android

Cara Download Video Youtube di Chrome
Download Video Youtube di Chrome

Tutorial Download Video Youtube di Chrome Android

Jika berbicara tentang platform download untuk konten video Youtube, salah satunya yang bisa dicoba adalah cara download video Youtube di Chrome android. Google Chrome sendiri merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk mengunduh konten video di Youtube. Mengingat ada banyak kelebihan yang dimiliki Google Chrome, selain lebih ringan juga biasanya sudah tersedia di perangkat android secara default.

Di bawah ini beberapa tahapan cara download video Youtube di Chrome android yang bisa Kamu coba untuk mengunduh video favoritmu dari Youtube :

Terkait:  Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

1. Buka Web Browser Google Chrome

Pertama-tama bukalah aplikasi Google chrome yang telah tersedia pada hp android. Kamu bisa mendapatkan aplikasinya dengan mencari pada menu aplikasi atau jika ingin mudah bisa ketik kolom pencarian di bagian menu lalu ketikkan : Google Chrome.

Setelah ketemu aplikasinya, langsung klik dan buka web browser Google Chrome. Apabila ada pemberitahuan dalam bentuk pop up yang mengharuskan chrome milkmu di update terlebih dahulu, sebelumnya langsung update Aplikasi Google Chrome terlebih dahulu.

2. Buka Link Youtube

Setelah mengupdate dan sukses masuk ke galaman pertama Google Chrome, sebenarnya Kamu akan ditampilkan ikon Youtube yang muncul di beranda Chrome. Silahkan klik ikon tersebut, untuk memasuki laman Youtube.

Atau jika tidak, kamu juga bisa masuk pada situs youtube dengan klik kolom pencarian di bagian atas lalu ketikkan url nya yaitu www.youtube.com. Setelah itu, Kamu akan masuk pada halaman depan dari situs youtube.

Jangan lupa, apabila kamu belum log in pada situs youtube, lebih baik log in terlebih dahulu dengan menggunakan email aktif dari gmail. Tujuannya adalah agar segala informasi yang kamu butuhkan bisa langsung lewat alamat email yang kamu daftarkan tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu sudah log in dengan akun milikmu, terus subscribe dan membunyikan lonceng pada salah satu channel favorit. Kemudian jika channel tersebut update video terbaru maka otomatis Kamu akan langsung mendapatkan pemberitahuan lewat kotak masuk email. Sehingga kamu pun tidak ketinggalan informasi dari channel tersebut dan bisa mengetahuinya dengan cepat.

3. Menemukan Video yang Ingin Didownload

Cara download video Youtube di Chrome android selanjutnya adalah mencari video youtube yang ingin kamu download memakai platform chrome android. Caranya sangat mudah dilakukan, kamu tinggal klik kolom pencarian yang ada di bar bagian atas lalu ketikkan nama videonya. Atau jika ingin mencari channel youtube, ada baiknya dipastikan kamu mengetahui nama kanalnya, lalu ketikkan pada kolom pencarian sehingga Kamu menemukan nama kanal tersebut.

Terkait:  Cara Download Video Youtube di Telegram

Seperti yang telah diketahui bahwa setiap kamu mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, maka seketika itu akan muncul video youtube dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut terjadi karena banyak orang yang upload video berdasarkan kata kunci yang nantinya dijadikan sebagai konten.

Sebagai contoh jika Kamu mengetikkan kata kunci, ‘cara membeli mobil second’. Maka akan muncul cukup banyak video dari beberapa konten kreator yang membuat tutorial membeli mobil second.

Bagi kamu yang ingin mendownload video yang memiliki kualitas video terbaik, sebaiknya cek satu per satu sebelum memutuskan mendownload videonya agar video yang di download benar-benar bisa dimanfaatkan dengan sangat baik.

4. Download Video

Cara download video youtube di Chrome android sangat mudah. Jika kamu sudah mendapatkan video yang kamu inginkan, selanjutnya kamu tinggal klik icon tiga titik dengan posisi ikon tersebut di bagian pojok kanan atas pada browser Google Chrome..

Selanjutnya kamu tinggal pilih dan klik unduh untuk mendownload video tersebut. Tunggulah hingga proses downloadnya selesai dan dipastikan 100 % berhasil.

5. Atur Penyimpanan

Secara default, video yang telah kamu download akan tersimpan pada direktori folder download chrome. Kamu bisa mendapatkannya dengan masuk pada direktori tersebut. namun jika ingin video tersebut disimpan dengan rapih pada memori hp maka kamu bisa memindahkannya dengan sangat mudah.

Cara memindahkan videonya cukup dengan tekan move lalu paste kan di folder yang kamu inginkan, tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai.

Demikian ulasan tentang cara download video Youtube di Chrome android jika ingin lebih simpel menyimpan video Youtube via aplikasi Chrome.

 

Related posts