Cara Daftar Fiverr

Cara Daftar Fiverr

Fiverr adalah platform yang tepat bagi Kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan freelance yang bisa dilakukan secara online. Karena fiverr menyajikan  banyak pilihan jasa freelance, yang memudahkan pemilik jasa atau pencari kerja bisa bergabung ke dalamnya. Belum lagi, cara daftar fiverr bisa dikatakan cukup mudah diikuti bagi para pemula.

Mengenal Marketplace Fiverr

Fiverr bisa dikatakan sebagai marketplace tempatnya para  freelancer berkumpul. Perusahaan Fiverr sendiri telah berdiri sejak tahun 2010 silam yang berpusat di Tel Aviv Israel, para freelancer disajikan platform sebagai media untuk mempromosikan jasanya ke pelanggan yang ada di seluruh dunia. Feverr telah mengalami masa kejayaannya tahun 2012 lalu, pada saat itu pengguna feverr yang terdaftar sudah mencapai 3 juta.

Read More

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh Fiverr adalah Gig, layanan inilah yang memungkinkan freelancer bisa melamar atau mendaftarkan pekerjaan mereka. Di fiverr, ada beberapa contoh pekerjaan terdaftar meliputi bantuan HTML, jQuery CSS, atau Javascript. Mengingat Fiverr sebagai platform bagi para freelancer, tentu saja sistem perusahaan tersebut dibangun untuk pekerjaan paruh waktu yang para pekerjanya disebut sebagai pekerja lepas.

Siapa Saja Pelaku Dalam Bisnis Fiverr?

Ada beberapa jenis pelaku dalam bisnis Fiverr, diantaranya sebagai berikut :

1. Seller

Seller merujuk pada pihak yang mempunyai bisnis di platform fiverr, serta wajib mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya sampai selesai dengan benar untuk pengguna jasanya. Biasanya, seorang seller akan menerima fee dari hasil kerjanya sesuai permintaan buyer atau pengguna jasanya.

2. Buyer

Sebutan buyer dalam fiverr sendiri adalah seseorang atau pihak yeng telah menerima layanan atau jasa freelancer. Setelah freelancer mengerjakan tugasnya, maka buyer wajib membayar freelancer atas pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh freelancer.

3. Gigs

Istilah gigs pada fiverr adalah pekerjaan atau proyek yang wajib dikerjakan seller. Pekerjaan tersebut biasanya tergantung dari skill seller.

4. Platform

Adapun yang dimaksud dengan platform disini adalah marketplace online yang dimanfaatkan para freelancer untuk memasarkan usaha onlinenya.

Cara Daftar Fiverr

Cara Daftar Fiverr
Mendaftar Fiverr Untuk Hasilkan Uang dari Freelance

Cara Bergabung di Fiverr

Jika Kamu tertarik memasarkan jasa atau skill-mu di Fiverr, maka Kamu harus mengikuti cara daftar fiverr terlebih dahulu agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buat Akun di Fiverr

Jika ingin menawarkan gig atau pekerjaan kepada buyer atau klien, maka Kamu wajib membuat akunnya terlebih dahulu. Cara daftar fiverr yang pertama yaitu buat akun. Kunjungi fiverr.com langsung dari perangkatmu. Disini Kamu bisa memakai akun-akun media sosial atau email yang dimiliki, baik itu akun Google, Facebook atau yang lainnya.

Langkah berikutnya, wajib melakukan pengisian ID pengguna kemudian buat password-nya, selain itu bisa juga menginputkan akun email. Jika akunmu berhasil dibuat, silahkan buka inbox email dan aktifkan akun dengan melakukan pengisian profilmu lengkap.

2. Menyiapkan Profil

Jika Kamu ingin menjual jasa atau keahlian yang dimiliki, pengisian profil sangat penting dilakukan. Hal yang harus Kamu isi di profil Fiverr ialah foto berikut informasi lainnya, mulai dari bahasa, pendidikan, kursus, keahlian dan yang lainnya. Sehingga memungkinkan pembeli atau klien mengetahui skill dan background pendidikanmu.

3. Buat Penawaran Baru

Cara daftar fiverr selanjutnya, jika sudah membuat profil ialah buat penawaran atau gig untuk pertama kali. Disini, Kamu bisa masuk ke dalam opsi ‘selling’ tepat di sisi bagian atas layar, kemudian tekan ‘gig’ yang terdapat pada menu. Selanjutnya tinggal klik ‘create new gig’ dan mulai mempromosikan keahlianmu.

4. Buat Overview Gig

Selanjutnya, Kamu harus mengisi ringkasan atau overview gig atau penawaran yang ingin dijual. Beberapa kolom yang wajib diisi ialah gig title atau judul, tag pencarian dan mengisi kategori gig.

5. Menetapkan Harga Gig

Dalam penentuan harga penawaran jasa atau gig di fiverr sendiri saat ini sudah mengalami perubahan. Para freelancer saat ini dapat menawarkan rentang harga gig mereka sendiri, melalui 3 jenis paket diantaranya paket Dasar, Standar dan paket Premium.

6. Menambahkan FAQ dan Deskripsi ke Dalam Gig

Cara daftar fiverr selanjutnya ialah penjual atau penawar jasa di fiverr harus menambahkan deskripsi ke dalam layanannya. Silahkan tambahkan informasi tentang tawaran jasamu selengkapnya, minimal sebanyak 120 huruf dengan maksimal sebanyak 1200 huruf. Dengan menambahkan informasi yang akurat dan lengkap, tentu saja bisa membantu para calon pembeli terkait gig yang ditawarkan olehmu. Isi juga pertanyaan umum atau FAQ yang berkaitan dengan penawaranmu.

7. Buat Persyaratan

Sebagai penjual, Kamu juga harus memberikan persyaratan bagi klien yang akan membeli jasa atau layananmu. Cukup tambahkan persyaratan dengan sebanyak mungkin, caranya tekan add another requirement. Menu ini biasanya muncul sesudah persyaratan awal.

8. Tambahkan Galeri ke Dalam Gig

Cara daftar fiverr selanjutnya, Kamu bisa menambahkan dokumentasi ke galeri pada gig-mu berbentuk PDF, video atau foto agar layananmu semakin memikat pembeli. Dokumentasi yang sudah Kamu simpan di galeri alangkah baiknya harus sesuai penawaran gig yang Kamu buat.

9. Mempromosikan Jasa di Fiverr

Berikutnya agar penawaran gig-mu ditampilkan pada fiverr, Kamu tinggal mempublikasikannya. Tinggal ketuk ‘publish gig’ dan gig-mu secara otomatis akan terlihat. Jika sudah aktif, promosikan gig lewat media sosial, baik itu Facebook maupun Twitter.

10. Maksimalkan Gig yang Kamu Buat

Setelah Kamu membaut penawaran gig yang pertama di fiverr, maka langkah berikutnya ialah memperoleh klien. Pembeli platform fiverr kebanyakan ingin melihat umpan balik atau tanggapan sebagai bahan untuk mengetahui kualitas kerja dirimu sendiri. Saat memulai, Kamu tentunya belum memiliki testimoni atau ulasan dari pengguna jasamu selain mengunggah contoh portofolio ke dalam galeri agar calon klien melihatnya.

Oleh sebab itu, saat Kamu baru memulai di fiverrr, sebaiknya beri harga yang terjangkau lebih dulu demi menarik klien lebih banyak lagi. Baru kemudian, Kamu bisa meningkatkan harga jika profilmu sudah lebih berisi dan sudah banyak klien yang pernah menggunakan jasamu. Pertimbangkan pula penggunaan optimalisasi SEO atau mesin pencari pada gig yang Kamu buat, mengingat SEO adalah alat yang efektif dalam mendorong trafik secara organik.

Langkah-Langkah Cara Daftar Akun Fiverr

Adapun langkah pendaftaran untuk membuat akun Fiverr adalah sebagai berikut:

  • Buka dan kunjungi fiverr.com melalui browser perangkatmu.
  • Klik tombol Join.
  • Pilih salah satu cara join, bisa pakai Facebook, Google, Apple, ataupun Email.
  • Jika pilih pakai email, isikan alamat email kamu di kolom yg tersedia.
  • Klik tombol Continue.
  • Masukkan username/nama pengguna pada kolom Choose a Username.
  • Masukkan password/kata sandi pada kolom Choose a Password.
  • Langkah akhir klik tombol JOIN.

Cara Kerja Fiverr

Bagi Kamu freelancer pemula, jika disimpulkan ada beberapa alur untuk mendapatkan penghasilan di fiverr. Berikut ini :

  • Kamu bisa mendaftarkan dirimu menjadi seller di fiverr.com.
  • Silahkan isi, kemudian lengkapi profil dan data pribadimu sesuai permintaan platform.
  • Kamu bisa membuat pekerjaan untuk dipasarkan lewat fiverr.
  • Menampilkan portofolio yang ditawarkan baik berupa screenshot, cuplikan maupun video pendek tentang pekerjaan terkait. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas bisnismu.
  • Selanjutnya pembeli atau klien akan melakukan pesanan di Gigmu. Tugasmu ialah harus mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik sesuai permintaan klien.
  • Silahkan kirimkan hasil proyek yang dikerjakan, kemudian informasikan ke pihak buyer, agar pembeli merasa puas terhadap kerja kerasmu untuk melayani buyer dengan baik secara online.
  • Setelah orderan selesai, Kamu bisa meminta testimoni dengan jujur dari buyer. Tujuannya untuk mendukung promosi jasamu kembali kepada calon buyer lainnya atau bisa saja buyer yang sebelumnya melakukan repeat order jasamu kembali.

Itulah prosedur tata cara daftar fiverr dan tips agar menghasilkan uang dari fiverr dengan mudah. Selamat mencoba!

 

Related posts