Cara Daftar Eform BRI

Cara Daftar eForm BRI

Pentingnya UMKM bagi perkembangan sektor perekonomian yang ada di tanah air, dibuktikan dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk menyokong kesuksesan UMKM. Karena bagaimanapun, saat krisis moneter yang melanda tahun 1998 silam, justru UMKM-lah yang membuat perekonomian di Indonesia masih tetap bertahan. Jadi wajar rasanya jika pemerintah menyuguhkan program bantuan untuk mendukung UMKM. Pemilik UMKM juga bisa mencoba cara daftar eform BRI untuk menerima bantuan pemerintah.

Mengenal Program eForm BRI UMKM

eForm BRI, sesuai namanya berbentuk formulir berbasis elektronik dari bank BRI dan ditujukan bagi UMKM yang menerima program Bantuan Produktif Usaha Mikro. Melalui program inilah, para pelaku UMKM bisa mengakses bantuan dari pemerintah. Ada 2 jenis penerima bantuan program BPUM, diantaranya penerima bantuan untuk UMKM lama dan UMKM baru. Kamu bisa mengakses informasi terkait penerima bantuan lewat eForm BRI ini.

Apa Saja Syarat Menerima BPUM UMKM?

Ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi untuk menerima program bantuan BPUM UMKM, diantaranya :

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memiliki kartu identitas e-KTP atau KTP elektronik
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan oleh surat usulan untuk penerima BPUM yang telah dilengkapi lampiran sesuai kebutuhan.
  • Pemilik atau pelaku UMKM bukan ASN atau Aparatur Sipil Negera, bukan pegawai BUMD atau BUMN, dan bukan termasuk anggota POLRI-TNI.

Persyaratan di atas memang sangat mudah, karena pemerintah bersama bank BRI berharap bahwa setiap UMKM yang memerlukan dana bantuan dapat mengikuti program bantuan BPUM ini.

Cara Daftar eForm BRI

Cara Daftar eForm BRI
Mendaftar eForm BRI

Tutorial Daftar eForm BRI Untuk UMKM

Cara daftar eform BRI untuk menerima bantuan BPUM dari pemerintah untuk UMKM, memungkinkanmu untuk mengakses web resmi eform BRI. Dengan langkah-langkah berikut :

  • Kamu harus mengisi formulir di link https://eform.bri.co.id/bpum. Silahkan mengakses link tersebut lewat perangkat smartphone, atau PC/laptop. Dengan catatan, Kamu harus memiliki akses internet stabil agar dapat melewati prosesnya dengan lancar. Melalui situs web atau link di atas, Kamu akan masuk ke laman pendaftaran. Adapun caranya yaitu dengan mengklik ikon garis tiga yang ada di ujung kanan atas.
  • Di menu pendaftaran, Kamu akan mendapatkan penjelasan singkat tentang jenis rekening tabungan yang dapat dipakai untuk melakukan registrasi, hingga penjelasan terkait apa saja fasilitas yang didapatkan.
  • Simak informasi dan penjelasannya dengan baik, kemudian ketuk Registrasi dan lanjutkan pendaftaran.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan tentang syarat beserta ketentuan pembukaan rekening lewat eForm BRI. Setelah membaca syaratnya dengan cermat, ceklis di kolom persetujuan yang terletak di bawah laman.
  • Setelah itu, tekan “Buka Rekening’ dan selanjutnya Kamu akan ditanya apakah sebelumnya sudah memililki rekening tabungan di BRI ataukah belum. Kamu bisa menjawabnya dengan jujur.
  • Silahkan isi form kosong yang telah tersedia dengan tepat. Formulir ini biasanya terdiri dari data diri lengkap serta data lainnya.
  • Sesudah melakukan pengisian formulir, selanjutnya Kamu akan ditampilkan nomor referensi, Kamu harus mencatat nomor tersebut atau menyimpannya. Karena nantinya nomor referensi tersebut dipakai untuk aktivasi di kantor BRI terdekat.
  • Jika aktivasi sudah sukses dilakukan, maka rekening yang Kamu buat pun dapat dipakai untuk keperluan program bantuan BPUM.

Itulah langkah-langkah cara daftar eform BRI lengkap untuk mengakses bantuan BPUM dari pemerintah yang telah bekerjasama dengan bank BRI.

Mengecek Status Pendaftaran eForm BRI

Jika Kamu sudah melakukan tutorial cara daftar eform BRI di atas, maka calon penerima wajib melakukan pengecekan terhadap pengajuan pendaftaran eform BRI tersebut. Sebenarnya untuk mengecek status pendaftaran sangat mudah.

Dalam proses cara daftar eform BRI sendiri memberikan 2 kemungkinan yang terjadi, yaitu kemungkinan diterima pengajuannya dan ditolak. Biasanya, pengajuan pendaftaran eform BRI akan diterima apabila Kamu telah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Ini dia caranya :

  • Silahkan mengunjungi e-form BRI di website resminya.
  • Setelah memasuki laman utama pada web, Kamu bisa memilih opsi BPUM.
  • Jika sudah, Kamu bisa mengisi kode verifikasi dan nomor KTP.
  • Lalu tunggu hingga beberapa saat sampai keluar pemberitahuan bahwa Kamu layak mendapatkan bantuan BPUM atau tidak.

Jika registrasi diterima, biasanya Kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa registrasi yang sudah Kamu lakukan telah diterima. Pihak pendaftar kini hanya perlu menunggu pencairan bantuan tersebut. Umumnya dilakukan secara bertahap dan menyesuikan antrian berdasarkan ketentuan pihak Pemerintah.

Penyebab eForm BRI Tak Dapat Diakses

Terkadang para calon penerima BPUM UMKM tidak bisa mengakses eForm BRI karena gagal akses dan kerap dijumpai kode error seperti ‘page not found’. Jika hal ini terjadi, ada beberapa kemungkinan penyebabnya sebagai berikut :

1. Perbaikan Sistem Pada eForm

Salah satu penyebab eForm BRI tak bisa diakses ialah akibat perbaikan dari sistem eForm BRI itu sendiri. Tak hanya itu saja, penyebab lainnya terjadi evaluasi, seperti evaluasi pembagian bantuan dan data penerima bantuan. Dengan begitu, nantinya bantuan pemerintah dapat diterima berdasarkan target dengan harapan  diberiakn kepada pihak yang memerlukan bantuan.

2. Jaringan Tidak Stabil

Faktor penyebab lainnya eForm BRI tak dapat diakses ialah akibat jaringan internet tidak stabil. Sebab untuk membuka layanan perbankan online, sangat dibutuhkan koneksi internet yang lancar. Oleh sebab itu, Kamu harus memastikan akses internet yang dipakai dalam kondisi lancar alias stabil, supaya tidak menghambat proses yang sedang berlangsung.

Kiat Mengatasi eForm BRI Gagal Akses

Setelah Kamu memahami penyebab eForm BRI gagal akses di atas, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah di atas, diantaranya :

1. Mengganti Koneksi

Untuk mengatasi eForm yang tak dapat diakses akibat tidak stabilnya koneksi internet, sebaiknya Kamu harus memastikan akses internetnya terlebih dulu. Ketika koneksi internet buruk, Kamu cukup mengganti koneksi yang lain. Contohnya, dari hostspot mobile ke wifi atau sebaliknya. Jika sudah, Kamu bisa mengakses eform BRI kembali. Biasanya setelah mengganti koneksi, secara otomatis Kamu bisa kembali mengakses e-Form BRI.

2. Menunggu Sampai Laman Bisa Diakses Kembali

Apabila masalah yang terjadi akibat evaluasi server, tentu saja tak ada cara lain selain harus menunggunya kembali sampai akses laman normal.

3. Mendatangi Kantor Cabang Bank

Jika Kamu ingin mencairkan bantuan BPUM UMKM, maka Kamu bisa mencairkannya lewat bank BNI dan BRI. Namun pastikan Kamu harus mendatanginya menyesuaikan jadwal pencairan. Selain itu, Kamu juga bisa menanyakan terkait kendala tidak dapat mengakses laman eform BRI kepada pihak petugas bank.

Itulah ulasan terkait cara daftar eForm BRI dan penyebab akses eForm yang tidak dapat diakses atau gagal akses. eForm BRI menawarkan sejumlah keuntungan dan manfaat yang bisa Kamu rasakan. Beberapa diantaranya, bisa mendukung proses transaksi untuk pengiriman uang ke sesama, ke pihak bank lain dan tarik tunai dengan mudah tanpa memakai kartu. eForm BRI juga sangat mendukung pengajuan pinjaman bagi UMKM yang membutuhkan dana untuk keperluan bisnisnya.

 

Related posts