Cara Cek UKM

Indonesia sudah semakin sigap dalam menghadapi berbagai situasi genting yang bisa menjadi faktor kemorosotannya perekonomian negara. Berbagai program telah dicanangkan untuk bantu pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Apabila rakyat sejahtera, hal tersebut juga akan berdampak baik terhadap tanah air. Salah satunya BLT. Berikut cara cek UKM yang mudah.

Program Bantuan Langsung Tunai sudah sejak lama digerakkan oleh pemerintahan Indonesia. Tujuannya sendiri, agar masyarakat dapat bangkit dari keterpurukan melalui dana yang telah diberikan. Tidak hanya digunakan untuk menyambung hidup semata. Membangun satu usaha kecil-kecilan juga bisa. Kucuran dana dilakukan dengan bekerjasama bersama pihak bank.

Read More

Terutama perbankan tanah air yang sudah masuk ke dalam jajaran BUMN. Bank plat merah tersebut, nantinya akan saling berkoordinasi dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pengelolaan diserahkan kepada masing-masing empat bank dan diawasi juga dari pihak Bank Indonesia. Oleh sebab itu, penyaluran dana harus bersifat tranpasaran serta jelas.

Cara Cek UKM

Cara Cek UKM
Cara Cek UKM

Cara Cek UMKM 2022

Adapun keempat bank plat merah yang dimaksudkan disini adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Diketahui kalau pemerintah mulai melakukan perombakan terhadap fokus penyaluran dari program BLT yang dilakukan oleh perbankan. Dimana, penyampaiannya ada di UMKM.

Cara cek UMKM 2022, lebih mudah dan praktis karena tidak perlu datang secara langsung ke kantor cabang dari bank BRI. Tapi, tahukah kamu? Kalau ternyata besar anggaran yang telah diberikan oleh pemerintah itu mencapai angka lebih dari Rp 122,54 triliiun. Pihak bank juga sudah mempersiapkan alokasi kedua sebesar Rp 154,76 triliun. Lalu, ketiga Rp 178,32 triliun.

  • Pastikan kalian termasuk salah satu orang yang memiliki UMKM
  • Silahkan kunjungi tautan berikut: https://eform.bri.co.id/bpum
  • Lanjutkan dengan isi Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP
  • Setelah itu, isi kode verifikasi yang telah kalian dapatkan
  • Pilih proses “Inquiry”
  • Tunggu sampai muncul keterangan yang menjelaskan apakah nomor KTP yang telah dimasukkan ke dalam sistem merupakan salah satu daftar dari penerima dana BPUM
  • Apabila kalian ternyata termasuk orang yang mendapatkan bantuan dana BLT UMKM, maka kamu dapat melakukan pencairan dananya secara langsung ke kantor BRI terdekat.
  • Bantuan dana tersebut juga dapat langsung ditransfer ke nomor rekening penerima
  • Proses penerimaan dana bantuan telah selesai.
Terkait:  Cara Jualan Online Laris

Cek Dana Bantuan BLT UMKM Melalui Bank BNI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dana bantuan UMKM tersebut diberikan kepada perusahaan perbankan plat merah. Selain Bank BRI, ternyata masyarakat juga bisa lakukan pengecekannya melalui Bank BNI. Sayangngnya, pengecekan di banpresbpum.id masih error. Soalnya, pemerintah belum dapat mencairkan dananya meskipun sudah dibuka. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Buka browser pada perangkat kalian
  • Ketik tautan berikut pada kolom pencarian: http://banpresbpum.id.
  • Isi data yang diminta oleh sistem dengan melengkapi nomor KTP kalian
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Cari” untuk mendapatkan keterangan
  • Proses konfirmasi data akan segera diproses
  • Sistem akan memberikan keterangan apakah NIK tersebut adalah salah satu penerima dari dana bantuan BLT UMKM
  • Apabila ternyata kalian termasuk ke dalam daftar penerima bantuan, maka bisa dicairkan
  • Proses pencarian dananya, dapat kalian lakukan setelah memperoleh informasi dalam bentuk pesan atau telepon
  • Pihak Bank BUMD, BUMN, atau melaui PT Pos Indonesia

Penerima yang tidak memiliki nomor rekening di bank penyalur yang telah ditentukan. Kamu akan tetap dibantu supaya dananya bisa cair. Caranya, dengan membuka buku rekening baru yang diterbitkan oleh bank tersebut. Proses pembukaan rekeningnya akan dilakukan dengan bantuan dari petugas. Kalian hanya perlu siapkan berkas-berkas berikut:

  1. KTP atau E-KTP
  2. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  3. Fotocopy NIB (Nomor Induk Berusaha) atau SKU (Surat Keterangan Usaha)

Sedangkan syarat-syarat yang harus kalian penuhi sebelum ajukan permohonan pencairan di Bank BRI/BNI setempat diantaranya yaitu:

  1. Calon dari penerima dana BPUM Tahun 2022 atau program BLT UMKM. wajib menunjukkan buku rekening ataupun kartu debit ATM BRI yang aktif ke petugas
  2. Pemohon pencairan dana merupakan orang yang terdaftar sebagai penerima dari dana bantuan BPUM Tahun 2022
  3. Menunjukkan identitas diri asli berupa KTP atau E-KTP
  4. Menyerahkan surat peryataan yang dikeluarkan oleh petugas di kelurahan desa atau daerah tempat kalian tinggal.
  5. Tunjukkan pemberitahuan atau notifkasi dalam bentuk pesan teks atau email yang dikirimkan ke penerima bantuan. Ini, sebagai tanda pernyataan bahwa orang tersebut ada di dalam daftar penerima bantuan program BPUM Tahun 2022.
Terkait:  Cara Cek Bantuan UMKM

Beberapa kriteria yang dapat mengajukan permohonan dana bantuan dari progam BLT UMKM, dikutip dari Pikiran Rakyat.com. Selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Pemilik usaha dari warung kecil
  2. Pedagang kaki lima
  3. Pemilik Usaha Mikro Kecil (UMK)
  4. Nelayan atau petani

Apabila kalian sudah memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah disebutkan di atas. Maka, kamu berhak untuk mencairkan dana bantuannya yang diberikan oleh pemerintah di periode tahun 2022. Adapun besar nominalnya sendiri, senilai Rp 600.000. Anggaran dana yang telah dipersiapkan tersebut, secara serempak akan dicairkan oleh ke-2 bank plat merah pada April.

Cara Cek UMKM BRI 2022

Masyarakat yang merupakan pekerja di sektor BUMN. Entah itu pegawai ataupun anggota seperti TNI atau Polri juga tidak berhak menerima dana bantuan tersebut. Aparatur Sipil Negara, hingga pegawai dari BUMD juga termasuk orang yang dikecualikan oleh pemerintah dapatkan program BLT UMKM. BPUM ini akan disalurkan kepada 3 juta pelaku usaha kecil.

Cara cek UMKM BRI 2022 semakin dipermudah dengan adanya metode daring yang sangat membantu mengurangi antrean di kantor cabang BRI setempat. Penjelasan selengkapnya ada di atas. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Bisnis.com diketahui kalau target anggaran yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo mencapai lebih dari Rp 400 triliun di Tahun 2022. Tujuannya, mengurangi pembelian produk dari luar negeri atau impor. Optimal PDN.

Optimalisasi Pembelian Produk Dalam Negeri atau PDN menjadi prioritas utama untuk lebih menguatkan UMKM yang sudah bergerak di Indonesia. Pernyataan yang dikeluarkan oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) beliau memberitahukan bahwa pihaknya akan pastikan produk dari UMKM ada di e-katalog.

Terkait:  Cara Daftar Driver Anterin

 

Cara Daftar UMKM Secara Online

Dana bantuan UMKM capai angka Rp 1,2 juta. Mau? Simak cara pendaftaran selengkapnya di bawah ini:

  1. Kunjungi website resmi dari OSS di link berikut
  2. Login untuk kalian yang sudah registrasi akun di website OSS
  3. Lanjutkan dengan pilih tombol Perizinan Berusaha
  4. Klik menu “Perseorangan”
  5. Klik opsi menu “Pendaftaran NIB” berdasarkan kegiatan bisnis yang kamu miliki
  6. Lengkapi data dengan benar dan valid
  7. Pilih tombol “Simpan”. Lalu, klik “Lanjutkan”
  8. Klik pilihan “Tambahkan Usaha”. Kemudian isi dengan lengkap kolom formulir datanya
  9. Lakukan pemeriksaan ulang dan pilih tombol “Simpan”
  10. Lanjutkan dengan memilih jenis bisnis atau usaha. Bila skalanya kecil, di formulir komitmen prasarana usahanya kalian juga ikut cantumkan pengajuan perizinan lokasi serta lingkungan (opsional apabila dijadikan sebagai syarat)
  11. Periksa kembali hasil rangkuman dari data yang telah kalian isi
  12. Pilih centang di bagian kotak “Disclaimer”. Lalu, pilih “Proses Daftar NIB”
  13. Tunggu sampai data berhasil dikonfirmasi sistem. Selesai.

Sekian pembahasan mengenai cara cek UKM kali ini. See you on the next topics. selamat beraktivitas, dan semoga sehat selalu. Bye!

Related posts