5+ Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak, Dijamin Aman!

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak
Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

WIGATOS.com | Secara umum pinjaman online (pinjol) adalah alternatif untuk dapat dana dengan mudah. Sayangnya, keberadaannya justru mulai merugikan banyak orang sekarang. Kamu bisa menghindarinya dengan cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang mudah.

Kamu pasti tahu kalau seseorang yang sudah berhubungan, apalagi sudah masuk ke dalam circle tersebut biasanya agak sulit lepas dari jeratan tagihan yang sangat besar. Tak ayal, beberapa orang bahkan sulit melunasi utangnya yang berujung stress, hingga bunuh diri.

Jangan sampai kamu mengikuti jejak mereka yang justru bernasib sial akibat pinjol tersebut. Kendati demikian, para influencer hingga selebgram bahkan pernah mempromosikan beberapa pinjol resmi. Kamu tetap perlu waspada, sekaligus membatasi dan mencegah mereka untuk tidak menghubungi nomor teleponmu.

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak
Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

Semua orang pasti tahu kalau pinjol sudah menjadi salah satu bagian cukup penting bagi pihak tertentu. Bagi mereka yang memiliki standar hidup tinggi, naluri untuk memenuhi gengsi memang tidak aka nada habisnya.

Tak jarang mereka memutuskan untuk meminjam uang tunai ke pinjol, apalagi nominalnya cukup banyak. Guna mencegah hal-hal tidak diinginkan, urungkan niatmu dengan menolak ajukan pinjaman online. Di samping itu, pastikan kamu menolak akses mereka ke kontak dan nomor HP yang sedang digunakan.

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Factory Reset

Secara umum factory reset atau setel ulang pabrik adalah alternatif, sekaligus solusi supaya pihak tertentu seperti pinjol, dll tidak dapat mengakses kontak dan nomor HP kamu. Berikut tutorialnya yang perlu diperhatikan, yakni:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan atau Setting di HP masing-masing. Pada halaman utama, ketuk opsi Tentang Ponsel atau About Phone yang berada di bagian atas, maupun bawah menu tersebut.

Langkah 2: Pilih Menu Setel Ulang Pabrik

Pada bagian Tentang Ponsel, kamu akan melihat semua informasi tentang jenis dan spesifikasi HP yang digunakan. Untuk melakukan factory reset, ketuk opsi Setel Ulang Pabrik atau Factory Reset.

Langkah 3: Klik Hapus Semua Data

Seseorang yang akan melakukan setel ulang pabrik harus siap kehilangan semua datanya. Oleh karena itu, pastikan semua data dan file penting sudah dicadangkan. Jika telah dilakukan, baca semua informasi yang akan dihapus permanen, lalu klik Hapus Semua Data atau Clear All Data.

Langkah 4: Klik Reset

Jika sudah benar dan yakin, maka bisa menekan tombol Reset dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Sebagai informasi, semua data akan dihapus dan waktu yang dibutuhkan kurang dari 15-20 menit.

Langkah 5: Aktifkan Email dan Nomor HP Baru

HP kamu sudah berhasil diatur ulang seperti semula, jangan lupa aktifkan email dan nomor HP yang baru. Gunakan identitas yang lain, sehingga pihak pinjol tidak dapat mengakses atau menghubungimu lagi.

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Matikan Izin Aplikasi

Kamu bisa meminimalisir, sekaligus menutup akses untuk para pinjol agar mereka tidak dapat menghubungi nomor ponselmu lagi. Caranya dengan mematikan izin aplikasi seperti tutorial berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Buka HP kamu terlebih dulu, kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan atau Setting pada halaman utama atau home screen.

Langkah 2: Pilih Menu Aplikasi

Kamu bisa menggeser layar ke bawah secara perlahan, kemudian temukan opsi Aplikasi atau Apps. Jika sudah ketemu, tekan tombol tersebut.

Langkah 3: Klik Pengelola Aplikasi

Pada halaman selanjutnya, kamu akan menemukan daftar menu yang dapat digunakan. Untuk mengatur aplikasi, ketuk opsi Pengelola Aplikasi atau Apps Management.

Langkah 4: Pilih Aplikasi

Cari salah satu aplikasi yang paling sering dihubungi oleh pihak pinjol, misalnya kontak. Kamu bisa langsung mengetuk logo apk nya untuk mematikan izin aplikasinya.

Langkah 5: Matikan Izin Aplikasi

Kamu dapat menemukan salah satu opsi untuk menonaktifkan izin aplikasi tersebut (tergantung merek HP yang digunakan). Kalau sudah dimatikan, pihak pinjol mana pun akan sulit mengakses kontakmu lagi.

Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Nonaktifkan Aksesibilitas Apk

Jika kamu memasang suatu aplikasi, biasanya sistem akan memindai dan menyimpan data yang ada di ponselmu. Bagi kamu yang mengizinkannya, segera nonaktifkan demi mencegah debt collector tidak dapat menekan mentalmu lagi.

Jangan biarkan aplikasi mana pun menyimpan, apalagi mengambil alih semua data kontakmu. Debitur yang sulit dihubungi dalam kurun waktu lama, biasanya pihak pinjol akan menghubungi orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu, matikan perizinan tersebut mulai sekarang.

Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Hindari Pinjol Ilegal

Uang memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, siapa saja akhirnya memutuskan untuk meminjam uang ke pinjol, lantaran tidak cukup dengan gaji bulanannya. Jangan sampai mengajukan pinjamannya sembarangan.

Kamu harus memastikan, sekaligus menghindari pinjol ilegal. Di samping itu, cek kembali penilaian aplikasi pinjaman online yang akan digunakan. Kamu harus baca ulasan, sekaligus status dan legalitasnya. Pinjol yang asli dan legal biasanya sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK.

Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Pahami Ketentuan dan Syarat

Kamu harus tahu kalau transaksi utang piutang harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Maka dari itu, nasabah yang menerima dana dari pinjol harus pahami aturan dan syaratnya terlebih dulu. Jangan biarkan satu poin terlewatkan, demi mencegah kerugian di kemudian hari.

Kamu tidak boleh langsung tergiur atas semua tawaran yang disediakan. Cermati dan pahami dulu apakah ada syarat yang tidak wajar dari mereka. Jika kamu menemukannya, sebaiknya tolak penawarannya agar kamu tidak menyesal nanti.

Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Cek Eksistensi Fintech

Tidak semua aplikasi pinjaman online bersifat resmi, aman dan terpercaya. Maka dari itu, kamu harus memeriksa eksistensi platform tersebut, apalagi kalau benar-benar ingin ajukan pinjaman tunai. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mencari nama aplikasinya di Play Store dan App Store.

Jika sudah ketemu, baca dan pahami setiap ulasannya dengan baik. Di samping itu, pastikan ratingnya tetap bagus demi menjaga kredibilitasnya. Kalau review nya jelek, kemungkinan besar kamu akan menjadi calon korban yang mereka teror nanti.

Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dengan Hindari Nomor Darurat

Kamu bisa terhindar dari teror para debt collector setelah menerima uang dari pinjol. Rahasianya dengan menghindari penggunaan nomor darurat. Pada dasarnya, kamu akan dihubungi oleh mereka lewat nomor lain. Kami sarankan untuk tidak pernah mencantumkan nomor ponsel lain yang dapat dihubungi.

Jika mereka memaksamu, jelaskan kalau kamu hanya menggunakan satu nomor HP. Dengan demikian, kamu bebas menonaktifkan nomormu tanpa khawatir diganggu akibat pinjaman online tersebut.

Bukan rahasia umum bahwa pinjaman online adalah hal serius yang perlu dihindari. Jika kamu sudah terlanjur menerima dananya, jangan khawatir karena cara agar pinjol tidak bisa akses kontak di atas adalah solusinya. Mereka akan sulit menghubungimu dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat!

Related posts