Cara Cek IMEI iPad

Cara Cek IMEI iPad

Pengguna iPad tentu harus tahu dong bagaimana cara cek IMEI iPad. Karena bagaimanapun, kita tentu tidak ingin jika perangkat yang kita gunakan palsu. Jadi, salah satu alternatif cara untuk mengetahui keaslian iPad adalah dengan mengecek IMEI pada iPad milikmu. Jika ternyata setelah dicek nomor IMEI hpmu terdaftar, maka Kamu pun bisa bernafas lega.

Semakin maraknya produk-produk black market yang beredar di pasaran, membuat pengguna harus benar-benar teliti saat membeli. Salah satunya adalah dengan memastikan nomor IMEI perangkat untuk mengecek keasliannya.

Read More

Fungsi pengecekkan nomor imei

Setiap perangkat ponsel, baik itu yang berbasis iOS maupun android sebenarnya mempunyai IMEI yang berbeda tiap satu jenis perangkat itu sendiri. IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity, yang berperan sebagai identitas penting dalam sebuah gadget.

Umumnya nomor IMEI terdiri atas 14 digit, adapun tambahan digit yang ke-15 sendri dipakai untuk melakukan verifikasi keseluruhan digit yang sebelumnya. Apa sebenarnya fungsi digit tersebut? Digit ini sebenarnya dipakai untuk mengecek berbagai macam informasi yang berasal dari perangkat hp itu sendiri. Seperti asal pembuatan hp tersebut, pabrikan hingga nomor model hp.

Dengan kata lain, IMEI merupakan identitasi resmi dari suatu perangkat. Selain itu, nomor IMEI juga biasanya dipakai dalam jaringan GSM dengan tujuan mengidentifikasi hp yang mencoba terhubung pada jaringan tersebut.

Lalu, apa saja fungsi dari IMEI yang dimiliki oleh setiap smartphone itu sendiri?

1. Mengecek Garansi

Fungsi pertama dari keberadaan nomor IMEI adalah untuk mengecek garansi yang dimiliki dari hp tersebut termasuk ipad. Garansi sangatlah penting, sebab Kamu bisa mengklaim garansi yang diberikan selama masa garansinya masih ada, sesuai ketentuan- perusahaan pembuat gadget.

Jika kamu membeli hp via online misalnya, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membeli hp langsung di official store-nya. Misalnya, jika kamu ingin membeli barang-barang elektronik dengan sistem iOS, seperti ipad maka belilah di official store ibox atau semacamnya. Atau bisa mengecek cara beli iPhone di iBox dengan benar.

Selain itu, cek nomor IMEI untuk memastikan apakah gadget yang kamu beli sudah digunakan sebelumnya. Ini menandakan apakah barang yang Kamu beli termasuk second atau masih baru.

2. Identitas Gadget

Selain keaslian yang bisa kamu ketahui pada gadget yang dimiliki. Dengan menggunakan nomor IMEI, kamu bisa mengetahui berbagai informasi terkait gadget tersebut dengan lengkap.

Caranya cukup mudah, selain mengakses menu ‘settings’ gadget, kamu juga bisa mengecek informasi gadget pada situs resmi IMEI, yang beralamatkan di www.imei.info . Melaui situs tersebut, Kamu tinggal menginputkan nomor IMEI-nya, selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi detail di layar.

3. Bisa Menemukan Perangkatmu yang Hilang

Selain dengan 2 fungsi di atas, ternyata nomor IMEI juga bisa kamu gunakan untuk mengecek perangkat yang hilang. Jika kamu lebih sering menggunakan aplikasi untuk mengecek keberadaan gadget yang hilang. Maka ada solusi paling akurat untuk melacak lokasi keberadaan hpmu yang hilang, yakni dengan memanfaatkan nomor imei.

Cara pelacakan lokasi keberadaan hp lewat IMEI memang cukup ribet. Sebab untuk menggunakan nomor IMEI ini, hal yang harus Kamu lakukan pertama kali ialah dengan menghubungi layanan provide SIM Card di hp yang hilang terlebih dulu. Selain melacak keberadaan ponselmu, trik ini juga dapat dilakukan dengan langsung memblokir kartu SIM, agar tidak disalahgunakan pihak yang tak bertanggung jawab

Cara Cek IMEI IPAD

Cara Cek IMEI iPad
Panduan Cara Cek IMEI iPad

Kemudahan Cara Cek IMEI IPAD

Apple secara bertahap membuat varian iPad yang bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari. Sebut saja seperti varian iPad pro dan iPad air, yang memiliki dimensi layar berbeda-beda tergantung dari tipenya.

Secara umum dimensi layar iPad yaitu mulai dari 10 inchi hingga 13 inchi dengan fitur-fitur mewah yang disematkan didalamnya. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kamu membeli ipad namun gadget yang baru kamu beli tersebut ternyata tidak original.

Berikut beberapa trik cara cek IMEI IPAD yang bisa Kamu praktekkan, di bawah ini :

1. SIM Tray

Cara cek IMEI iPad yang pertama ialah dengan melihat SIM Tray di iPad. Jika kamu jeli ketika hendak memasukkan kartu SIM ke dalam perangkat iPadmu, maka pada SIM tray tempat menyimpan kartu SIM akan terlihat deretan nomor IMEI. Nomor tersebut berjumlah 14-16 deretan angka unik.

Untuk membukanya sangat mudah, kamu cukup menyiapkan jarum kecil saja dan buka SIM tray tersebut. Setelah itu, lihatlah di beberapa sudut SIM tray iPad. Jika sudah ketemu, maka itulah yang dinamakan nomor IMEI iPad milikmu.

Selanjutnya, Kamu tinggal mencocokan dengan ipadnya, caranya cukup cek seluruh informasi didalamnya dengan tujuan untuk melakukan pengecekan tingkat keaslian ipad. Yang paling sederhana adalah dengan mencocokkan antara nomor IMEI pada SIM tray dan nomor IMEI pada bagian settings.

Jika ternyata tidak sama, maka keaslian ipad-mu wajib dicurigai dan diragukan, sebab bisa saja iPad-mu termasik barang rekondisi atau bagian partisinya di tukar dengan ipad lain.

Cara cek IMEI iPad dengan menggunakan Sim Tray digunakan saat perangkatmu tak mempunyai cukup banyak daya untuk membuka opsi pengaturan. Sebab jika kamu ingin melihat nomor imei tanpa membuka SIM tray sebenarnyua bisa dilihat di bagian settings.

2. Cek di Casing iPad

Metode kedua ialah dengan melihat cashing ipad di bagian belakangnya. Untuk mencoba cara cek IMEI iPad ini dapat dilakukan jika cara yang pertama sulit dilakukan, karena harus menggunakan jarum untuk membuka SIM Tray tersebut.

Akan tetapi, tentunya jika ingin memastikan keaslian produk hpmu, sebaiknya lakukan berbagai macam cara cek IMEI iPad.

Posisi nomor imei yang tertera pada casing iPad adalah terletak di bagian belakang dengan posisinya ada di bagian bawah. Lihat dan tulislah nomor IMEI tersebut, lalu samakan dengan nomor IMEI yang tertera pada bagian settings untuk mengecek apakah sama atau ada beberapa nomornya yang berbeda.

3. Menggunakan iTunes

Selain untuk mendengarkan musik-musik premium, ternyata iTunes juga bisa digunakan untuk mengecek nomor imei pada ipad yang kamu gunakan. Namun yang harus kamu lakukan pertama kali adalah, dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi itunes di perangkat desktop. Selain itu Kamu harus mempersiapkan kabel data sebagai penghubungnya.

Jika sudah di instal aplikasi itunes pada komputer, selanjutnya kamu tinggal menghubungkan perangkat ke komputer dengan menggunakan kabel data. Setelah terhubung, Kamu bisa masuk ke tab yang berisi seluruh informasi ipad yang kamu miliki.

Pada informasi yang tertera, akan muncul informasi-informasi ipad tersebut dimana salah satunya adalah nomor IMEI. Untuk ipad, Kamu bisa mengetahuinya dengan cara ketuk list yang ada di bagian serial number.

4. Melalui Kode Dial

Cara cek IMEI iPad lainnya adalah dengan menggunakan kode dial. Namun syaratnya, pastikan Kamu mempunyai sinyal internet yang kuat, tujuannya agar proses dial up berlangsung lancar.

Adapun caranya adalah pertama masuk ke bagian homescreen pada ipad,selanjutnya masuk ke menu Phones dan tekanlah nomor *#06#, lalu panggil nomor tersebut. Secara otomatis, nantinya akan memperlihatkan nomor imei pada ipad tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara cek IMEI iPad dengan mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian iPad milikmu sekaligus melacak keberadaan iPad-mu. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts