Cara Barcode Maps

Bagaimana sih cara barcode Maps? Tahukah Kamu, apa itu barcode? Ya, barcode merupakan sebuah kode unik yang sering dipakai untuk keperluan pendataan produk hingga membagikan lokasi lewat Maps. Sebenarnya, masih ada manfaat dan keuntungan lainnya memakai kode batang. Selain itu, cara buat barcode sendiri sangat bervariasi. Kamu bisa mencobanya dengan mudah.

Sekilas Tentang Barcode

Barcode bisa diartikan sebagai kode batang yang berbentuk garis dan dapat dibaca menggunakan mesin. Tentu saja penggunaan kode batang saat ini sudah sangat familar, dan Kamu bisa menjumpainya saat melakukan pembayaran di kasir ketika berbelanja.

Read More

Jadi, barcode ini berupa data optik berbentuk garis tertentu yang dapat dibaca menggunakan mesin. Fungsi barcode ialah untuk membedakan produk yang satu dengan produk yang lainnya. Hal ini tentunya sangat mempermudah kasir saat memverifikasi barang yang akan dibayar oleh konsumen.

Sehingga kasir tak perlu repot-repot lagi mencari produk tertentu sebab sudah pasti produk tersebut menjadi lebih mudah ditemukan memakai barcode.

Lalu, Apa Bedanya Barcode Dengan QR Code?

Pada kenyataannya kedua kode tersebut mempunyai perbedaan dari segi kegunaan atau bentuknya. Barcode itu sendiri sudah ada sejak dulu dibandingkan QR Code. Biasanya dipakai untuk mengurutkan produk berdasarkan harga dan jenisnya. Sementara itu, QR code termasuk inovasi baru dengan memuat lebih banyak informasi, yang mudah dibaca melalui pemindaian memakai hp.

Terkait:  Cara Barcode Wifi Oppo

Kegunaan Barcode

Sebelum lanjut ke cara barcode Maps, Kamu harus tahu dulu, apa saja sih kegunaan barcode? Untuk lebih lengkapnya berikut ulasannya :

1. Kebutuhan Retail

Teknologi barcode umumnya ialah teknologi yang dipakai untuk kebutuhan produk jualan di salah satu swalayan maupun semacamnya.

2. Kebutuhan Non Retail

Fungsi barcode juga bisa diaplikasikan untuk keperluan pelabelan pada buku perpustakaan berjumlah ratusan hingga ribuan.

3. Keperluan Penerbitan

Barcode sebenarnya juga digunakan untuk kebutuhan penerbitan sebuah produk, misalnya untuk menampilkan ISSN dari suatu buku.

4. Keperluan Farmasi

Jenis barcode HIBC ialah barcode yanag kerap diaplikasikan untuk mengidentifikasi produk maupun obat-obatan tertentu, dimana obat-obatan ini sangat beragam. Melaluli teknologi ini, tentu saja diharapkan bisa menolong paraa staf yang berkerja dalam bidang farmasi.

5. Untuk Packaging

Fungsi lain dari barcode ialah untuk opsi pengiriman barang, adapun tipe barcode tertentu yang dipakai untuk aktivitas ini ialah tipe ITF.

Cara Barcode Maps

Cara Barcode Maps
Tutorial Cara Buat Barcode Maps

Panduan Cara Membuat Barcode Maps

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa salah satu kegunaan barcode ialaah untuk membagikan lokasi. Oleh karena itu, jika Kamu memerlukan barcode untuk keperluan Maps atau lokasi, Kamu bisa mencoba cara barcode maps.

1. Buat Barcode Maps via Website

Karena ada banyak barcode yang mengarahkanmu ke Google Maps guna mengetahui lokasi dari suatu tempat. Inilah alasannya Google Maps sangat penting untuk membuat barcode. Berikut ulasan cara barcode Maps :

  • Pertama-tama, silahkan buka program Google Maps via browser.
  • Setelah itu, ketikkan lokasi pada kolom bertuliskan ‘search’.
  • Jika sudah, pilih ‘share’ kemudian pilih lagi ‘copy link’.
  • Selanjutnya buka halaman yang baru kemudian masuk ke web pageloot.com.
  • Gulir lalu masuk ke URL.
  • Selanjutnya pilih ‘Go to Website’ kemudiaan inputkan link ke dalam kolom yang tersedia.
  • Silahkan atur warna pada barcode, kemudian tambahkan logo tergantung selera. Kamu juga bisa memilih jenis barcode. Selaanjutnya akan ada bentuk square serta round.
  • Silahkan lakukan pengaturan ukuran, kemudian pilih download.
  • Barcode selanjutnya akan tersimpan dalam file ‘download’ melalui tipe PNG.
Terkait:  Cara Melihat Kode QR Whatsapp

2. Buat Barcode via Aplikasi QR & Barcode Scanner

Selain cara barcode Maps menggunakan website, Kamu juga dapat membuat barcode memakai aplikasi bernama QR & Barcode Scanner. Kamu tinggal mendownload aplikasi tersebut secara gratis lewat App Store maupun Play Store. Berikut ulasannya :

  • Silahkan masuk ke Google Maps lewat web browser.
  • Kemudian cari lokasi tertentu yang Kamu inginkan pada kolom pencarian.
  • Lalu pilih opsi ‘share’, dan pilih opsi ‘copy link’.
  • Unduh QR&Barcode Scanner di App Store maupun Play Store.
  • Silahkan pilih opsi yang ada di samping kiri bagian atas, dan pilih buat QR.
  • Langkah berikutnya, pilih URL kemudian inputkan link pada kolom yang telah tersedia.
  • Kamu bisa menekan tanda centang yang ada di samping kanan bagian atas, lalu pilih ‘Simpan’.
  • Barcode pun akan langsung tersimpan pada file pictures berbentuk file JPG.

Tak hanya untuk membuat barcode saja, tetapi aplikasi yang satu ini juga dapat membaca berbagai macam barcode. Tentu saja fitur tersebut sangat berguna terutama bagi yang hpnya belum mempunyai kamera untuk pemindai barcode.

3. Buat Barcode Maps Memakai Barcode Generator

Cara barcode maps selanjutnya adalah dengan memakai barcode generator. Sebab, barcode generator ini adalah aplikasi yang dipakai dalam pembuatan barcode/QR code, serta QR code-nya pun dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ulasannya :

  • Silahkan instal Barcode Generator Apps lebih dulu, lewat App Store maupun Play Store. Untuk ukuran aplikasinya sendiri hanya 2 MB.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Maps di smartphone-mu.
  • Cari lokasi tertentu yang Kamu inginkan. Silahkan ketik di mesin pencarian yang ada di halaman Google Maps.
  • Setelah itu, klik lokasi tersebut. Secara otomatis, Kamu akan ditampilkan jendela baru. Jika sudah muncul jendela baru, klik ‘share’.
  • Sesudah mengklik ‘share’, Kamu tinggal pilih memakai barvode generator. Untk selanjutnya, secara otomatis aplikasi barcode generator akan menampilkan alamat lokasi yang telah dibagikan sebelumnya sekaligus sudah ada terdapat barcode atau QR Code-nya.
  • Simpan QR Codenya. Dengan cara melakukan screenshot. Berdasarkan hasil tangkapan layar tersebut, Kamu bisa langsung membagikannya.
Terkait:  Cara Menandai Lokasi di Google Maps

Bagaimana Scan QR Code Google Maps?

Di samping cara barcode Maps untuk pembuatannya, Kamu juga harus mengetahui cara scan barcode/QR Code Google Maps. Sebab isi QR Code ini berupa link, sehingga tanpa dilakukan scan alamatnya tak akan dapat terbaca. Cara ini dilakukan jika posisimu sebagai orang yang dikirimi undangan menggunakan alamat yang memakai barcode atau QR Code.

Di samping itu, apabila Kamu telah mengetahui cara scan QR Code, apabila Kamu memperoleh QR Code di dalam undangan maupun apapun itu, Kamu pun tak perlu bingung. Berikut langkah-langkahnya :

  •  Silahkan buka Google PlayStore, kemudian download QR Code Scanner Apps. Pakai kata kunci ini sampai muncul beberapa opsi. Kamu bisa memilih yang bagian paling atas dengan ulasan yang baik.
  • Kemudian setelah aplikasi terinstal, silahkan buka dan jalankan aplikasi. Arahkan kamera ke dalam QR Code atau barcode yang ingin diproses link alamatnya segera.
  • Dengan otomatis, maka Kamu akan langsung dibawa menuju halaman Google Maps.

Cara barcode Maps, baik buat barcode atau scan tentu saja sangat mudah, kan? Dengan melakukan scan barcode membuatmu lebih mudah menemukan lokasi alamat yang ada di Google Maps bahkan tanpa perlu mengetiknya lagi. Dengan begitu, Kamu akan langsung diarahkan menuju alamat yang dikirimkan lewat barcode di atas.

 

 

Related posts