Cara Backup Whatsapp Android ke iPhone

Cara Backup WhatsApp Android ke iPhone

Cara backup WhatsApp android ke iPhone dapat dilakukan bagi yang ingin mengganti perangkat smartphone-mu ke iPhone. Mengganti perangkat android ke iPhone adalah pilihan ideal bagi Kamu yang ingin memiliki smartphone berkualitas. Bagaimana tidak, iPhone menawarkan sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan perangkat android. Hanya saja harga jual iPhone yang dibanderol cukup fantastis, sehingga membuat sebagian orang enggan membelinya.

Apa Sih Kelebihan iPhone Dibanding Android?

Mungkin ada beberapa alasan yang mendasari, kenapa Kamu harus memilih perangkat iPhone dibandingkan android. Setidaknya, iPhone menawarkan banyak kelebihan ini yang bisa Kamu andalkan :

Read More

1. Build Quality Tinggi

Dari tampilannya, iPhone sudah menggambarkan kelasnya tersendiri. Desain iPhone mempunyai karakteristik tersendiri. Tampilan perangkat pintar ini juga selalu konsisten, jadi akan lebih mudah mengenali iPhone dalam jarak jauh sekalipun.

Lebih dari itu, kualitas yang tersemat dalam produk Apple ini juga tak bisa diragukan lagi. Pasalnya, setiap produk sendiri telah dibuat menggunakan standar yang berkualitas tinggi, jadi jarang dijumpai terjadinya cacat produk.

2. Hasil Kamera iPhone yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan iPhone yang banyak diakui yaitu hasil jepretan kameranya. Kamer iPhone telah mendapat dukungan tambahan fitur yang inovatif. Walaupun tanpa resolusi yang besar, sektor kamera perangkat besutan Apple ini memiliki kualitas yang sama seperti ponsel android yang memiliki resolusi tinggi. iPhone menghadirkan kualitas hasil video dan foto sempurna yang sangat ideal jika diposting di sosmed.

3. Sistem Keamanan Terjamin

Apple sendiri menghadirkan jumlah aplikasi terbatas pada App Store jika dibandingkan android. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat Apple sendiri lebih selektif dalam memilih aplikasi tertentu yang dapat di download serta diinstal pada produknya. Dari sini, Apple selalu memfokuskan sisi keamanan layanannya bagi para pengguna iPhone.

Bahkan sistem unduhan satu pintu hanya lewat App Store, juga didukung oleh sistem pengawasan terus menerus guna mencegah masuknya malware atau virus berbahaya. Lain halnya, bagi pengguna android yang lebih rentan terkena malware dan virus sebab dapat menginstal aplikasi lainnya di luar layanan Play Store.

4. Harga Lebih Stabil

Apabila kondisi iPhone-mu masih mulus, bukan tak mungkin harga jual iPhone bekas yang Kamu tawarkan tetap tinggi. Pembeli bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya karena ingin mendapatkan iPhone impiannya yang dipercaya memiliki performa tinggi walaupun kondisinya bekas.

Jika Kamu sudah mengetahui kelebihan iPhone di atas dan sudah siap mengganti ponsel androidmu ke perangkat iPhone, kini saatnya melakukan cara backup WhatsApp android ke iPhone.

Cara Backup WhatsApp Android ke iPhone

Cara Backup WhatsApp Android ke iPhone
Backup WhatsApp Android ke iPhone

Tutorial Backup WhatsApp Android ke iPhone

Aplikasi WhatsApp memang sangat dibutuhkan untuk komunikasi, karena dinilai lebih mudah dan tentunya menawarkan banyak fitur. Jika dirasa Kamu harus mencadangkan data-data WhatsApp yang berkaitan dengan pekerjaan, maka wajib sekali melakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu. Apalagi bagi Kamu yang ingin berganti ke hp iPhone dari android, Kamu bisa mencoba cara backup WhatsApp android ke iPhone.

Dalam tutorial ini, pastikan terlebih dahulu untuk membackup seluruh data WhatsApp ke komputer maupun cloud untuk menghindari kehilangan dan kegagalan data.

Metode 1 : Backup WhatsApp Android ke iPhone Secara Manual

Cara backup WhatsApp android ke iPhone dengan cara manual bisa dibilang paling mudah. Kamu bisa mengandalkan fitur backup and restore via Google Drive. Langkah-langkahnya cukup mudah, berikut ini :

  • Pastikan Kamu terhubung dalam jaringan internet yang stabil.
  • Silahkan buka WhatsApp Apps di perangkat androidmu.
  • Selanjutnya, masuk ke dalam opsi settings pilih chats,  kemudian tap chat backup dan ketuk ‘back up’.
  • Centang pada Include Videos.
  • Lalu tunggu selama beberapa menit sampai selesai proses backup.

Pastikan akun WA-mu sudah terhubung pada akun Google Drive. Selain itu, Kamu bisa mengubah setingan back up to Google Drive, caranya dengan pilih opsi ‘Only when i tap ‘backup’. Kemudian lakukan pengaturan backup over dalam wifi and sellular.

Jika sudah, pindahkan ke perangkat iphone baru milikmu. Unduh aplikasi WA di App Store. Jika sudah terinstal, lakukan langkah berikut :

  • Langkah pertama, silahkan pindahkan SIM Card yang lama dari perangkat android ke perangkat iPhone.
  • Silahkan buka ‘WhatsApp Apps’.
  • Setelah itu, inputkan nomor ponsel yang dipakai pada perangkat sebelumnya.
  • Tunggu sampai beberapa saat, WhatsApp pun akan mengenali pesan atau chat yang sebelumnya telah di backup. Tekan opsi ‘Restore Chat History’.

Selamat, kini chat WhatsAppmu kembali seperti sedia kala. Tapi sayangnya, metode ini terkadang tak berhasil pada beberapa versi WA. Oleh karenanya, Kamu bisa mencoba cara alternatif dengan memakai aplikasi dari pihak ketiga.

Metode 2 : Backup WhatsApp Android ke iPhone Melalui Tenorshare iCareFone Transfer

Kamu juga bisa mencoba cara backup WhatsApp android ke iPhone dengan memakai software Tenorshare iCareFone Transfer. Melalui software ini, Kamu dapat mentransfer data WA ke iPhone dari android. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

1. Unduh dan Instal iCareFone Transfer On Your PC atau Mac

Hubungkan kedua perangkat, dalam hal ini iPhone dan android dengan PC lalu tekan ‘transfer’ di aplikasi iCareFone.

2. Lakukan Backup

Kini Kamu mempunyai backup data WA dari android. Silahkan ikuti langkah berikutnya. Lalu tekan pilihan ‘continue’.

3. Memverifikasi Akun WA

Langkah berikutnya, verifikasi akun WA dari android. Kamu cukup menginputkan kode negara yang dilanjutkan dengan nomor hp, lalu tekan ‘verify’. Inputkan kode verifikasi dari email yang dikirimkan ke perangkat android.

4. Generate Data

Jika sudah memverifikasi, selanjutnya tools ini pun mulai meregenerate data WhatsApp yang dapat ditransfer ke iPhone dari android. Ingat, jangan melepas kabel data yang terhubung. Selain itu, proses tersebut mungkin bisa saja membutuhkan waktu cukup lama. Oleh karenanya, Kamu tinggal menunggunya saja sampai selesai.

5. Nonaktifkan ‘Find my iPhone’

Cara backup WhatsApp android ke iPhone selanjutnya Kamu tinggal nonaktifkan ‘Find my iPhone’, ikut instruksi yang tersedia di layar. Jika sudah, proses untuk mentransfer data pun akan dimulai. Biasanya proses ini membutuhkan waktu yang bervariasi, tergantung pada jumlah dan ukuran data yang tersedia. Selain itu, akan membutuhkan waktu selama beberapa menit.

Jika sudah selesai, perangkat iPhone pun akan me-restart. Untuk selanjutnya dapat dipakai seperti biasanya, dan tentu saja seluruh data WA pun sudah dipindahkan dengan akurat ke iPhohne dari hp androidmu.

Metode 3 : Backup Whatsapp Android ke iPhone Memakai Backuptrans

Kamu juga bisa mengandalkan Backuptrans Apps untuk mencadangkan data WA dari android ke iPhone. Berikut cara backup WhatsApp android ke iPhone memakai Backuptrans :

  • Unduh software Backuptrans.
  • Jika ingin membelinya, Kamu bisa mengunjungi site ini.
  • Ada banyak pilihan software yang telah tersedia, Kamu bisa menyesuaikannya tergantung keperluan. Misalnya saja, apakah ingin memindahkan data WA ke iPhone dari android atau sebaliknya.
  • Jika sudah, instal software Backuptrans.
  • Lalu backup chat WA di android.
  • Hubungkan iPhone dan androidmu ke PC memakai USB original.
  • Perangkat smartphone yang tersambung akan terlihat di sisi sebelah kiri. Tekan hp androidmu, dan semua datamu akan tampil.
  • Pilih ikon transfer yang ada di sebelah kiri.

Nah, itulah 3 metode cara backup WhatsApp android ke iPhone dengan mudah dan praktis. Bagaimana, mudah bukan?

 

 

Related posts