Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat

Cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat sangat penting bagi para pengguna kartu Indosat, jika ingin mendapatkan layanan akss internet yang lebih cepat dan stabil. Karena teknologi jaringan 4G LTE memungkinkanmu untuk bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi. Bagi Kamu yang mempunyai kartu Indosat IM3 lama yang berkecepatan 3G, Kamu pun bisa mengupgrade kartu Indosatmu tersebut ke jaringan 4G LTE.

Biasanya, pada kartu-kartu Indosat lama masih belum menunjang teknologi 4G. Jadi sesudah diupgrade, Kamu dapat merasakan akses internet berkecepatan lebih tinggi dan Kamu tak perlu lagi membeli nomor Indosat yang baru. Lalu, bagaimana cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat?

Read More

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat
Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat

Tutorial Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat

Sebenarnya, ada beberapa pilihan cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat yang bisa Kamu coba. Diantaranya sebagai berikut :

Metode 1 : Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat Dengan Cara Manual

Untuk mengupgrade kartu Indosat dari jaringan 3G ke 4G, salah satunya bisa dilakukan dengan cara manual. Kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini :

1. Pergi ke Gerai Indosat

Kamu bisa mencari gerai Indosat terdekat dari lokasi tempat tinggalmu dengan mencarinya di Google Maps.

2. Mengambil Nomor Antrian

Setibanya di gerai Indosat, langkah pertama yang harus Kamu lakukan ialah mengambil nomor antrian. Biasanya Kamu akan dipandu langsung oleh security untuk mengambil nomor antrian. Silahkan tunggu, sampai nomor antrianmu dipanggil.

3. Konfirmasi Tujuan ke Petugas Indosat

Jika nomor antrianmu sudah terpanggil, langsung datangi meja petugas Indosat dan konfirmasikan tujuanmu untuk mengupgrade kartu Indosat dari 3G ke 4G.

4. Melakukan Pengisian Formulir

Selanjutnya, petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Silahkan isi sesuai data dirimu dengan lengkap.

5. Menyerahkan Formulir, KTP dan Kartu SIM

Jika sudah, Kamu akan diminta menyerahkan formulir, KTP dan kartu SIM ke petugas.

6. Permintaan Upgrade Kartu Akan Diproses

Di dalam tahapan ini, Kamu akan diberikan kartu SIM yang baru, sedangkan kartu SIM yang lama akan ditarik.

7. Lakukan Uji Coba Kartu

Kamu bisa memasang kartu SIM yang sudah diupgrade ke dalam hpmu. Kemudian lakukan uji coba dan pastikan jaringannya telah berubah ke dalam jaringan 4G.

Metode 2 : Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat ke Merchant Terdekat

Kamu juga bisa mencoba cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat tanpa perlu pergi ke gerai. Seperti halnya pergi ke Indomaret atau merchant yang telah bekerjasama dengan pihak Indosat. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

1. Mendatangi Indomaret Terdekat

Langkah pertama, pastikan Kamu mendatangi merchant atau Indomaret yang ada banner bertuliskan melayani upgrade dari kartu 3G ke dalam kartu 4G Indosat. Pastikan Kamu membawa serta KTP dan kartu SIM yang lama.

2. Sampaikan Tujuanmu ke Kasir Indomaret

Selanjutnya Kamu bisa menyampaikan tujuanmu untuk mengupgrade kartu Indosat dari 3G ke 4G kepada kasir yang bertugas. Apabila kartu 4G telah tersedia, Kamu pun akan mendapatkan kartu yang baru yang telah mendukung 4G.

3. Jangan Melepas Kartu SIM Lama

Pastikan Kamu melakukan beberapa hal, seperti membuka menu Pesan, lalu ketik format  “GANTI” (tanpa tanda kutip) dan kirim ke nomor 4949.

4. Dapatkan Balasan Berisi PIN

Jika sudah, Kamu akan menerima balasan yang berisi nomor PIN terdiri dari 6 digit angka. Silahkan simpan lalu catat nomor PIN tersebut.

5. Lepaskan Kartu SIM Lama

Dalam keadaan hp yang mati, silahkan mengganti kartu baru yang sudah support jaringan 4G.

6. Nyalakan HP

Silahkan buka opsi “telepon” kemudian ketikkan dial up ke nomor *4949# lalu tekan Yes/Ok/Call/Panggil.

7. Masukkan Nomor PIN

Langkah berikutnya, Kamu tinggal menginputkan nomor PIN yang dicatat sebelumnya.

8. Tunggu Notifikasi

Silahkan tunggu SMS notifikasi yang berisi pemberitahuan bahwa kartu sudah diupgrade. Selanjutnya Kamu tinggal restart perangkat Hp apabila masih belum berubah ke dalam layanan 4G.

Metode 3 : Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat Tanpa Mengganti Kartu

Kamu juga bisa mencoba cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat tanpa perlu mengganti nomor yang Kamu pakai saat ini. Jadi hanya mengganti kartu SIM-nya saja. Adapun cara-caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengikuti panduan di bawah ini :

1. Mendatangi Gerai Indosat Terdekat

Kamu bisa mencari gerai Indosat yang terdekat di Google Maps atau searching di Google.

2. Mengambil Nomor Antrian

Langkah berikutnya, silahkan ambil nomor antrian untuk meminta bantuan ke pihak Indosat yang bertugas.

3. Meminta Bantuan Untuk Upgrade Kartu

Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, Kamu tinggal meminta bantuan kepada petugas Indosat untuk melakukan upgrade kartu dari 3G ke 4G.

4. Isi Formulir

Langkah berikutnya, Kamu akan mendapatkan formulir yang diberikan oleh petugas Indosat. Kamu tinggal mengisi semua data formulir sesuai data dirimu secara lengkap dan benar.

5. Serahkan Formulir, KTP dan SIM Card

Setelah semua data yang terdapat pada formulir sudah diisi lengkap, langkah berikutnya tinggal serahkan formulir beserta kartu identitas diri dan kartu SIM yang akan diupgrade.

6. Permintaan Upgrade Kartu Akan Diproses

Di dalam tahapan ini, Kamu akan diberikan kartu SIM yang baru, sedangkan kartu SIM yang lama pun akan ditarik.

7. Memasang Kartu yang Baru

Kamu tinggal memasang kartu yang baru dan kini pastikan kartu tersebut telah berubah ke dalam layanan jaringan 4G.

Tips Agar Upgrade Kartu 3G ke 4G Indosat Berhasil

Jika ingin cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat berhasil dilakukan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendatangi gerai Indosat berikut :

1. Harus Membawa KTP

Setibanya di gerai Indosat, biasanya security akan menemuimu dan menanyakan keperluanmu datang ke gerai Indosat. Dari situ, Kamu tinggal bilang bahwa tujuanmu ingin mengupgrade jaringan ke 4G untuk kartu yang lama. Biasanya security akan memintamu untuk pergi ke sebuah counter di gerai Indosat sembari menyerhakan KTP milikmu ke counter pelayanan. Jadi, pastikan Kamu membawa kartu identitas diri.

2. Kartu Lama Sudah Terintegrasi

Faktor yang mempengaruhi kesuksesan proses upgrade kartu Indosat dari 3G ke 4G adalah nomor Indosat yang akan Kamu upgrade harus sudah didaftarkan ke 4444. Jika kartu Indosat lamamu masih belum terintegrasi,maka proses upgrade tidak dapat dilanjutkan. Namun untuk registrasi di counter pelayanan, Kamu harus mengantri terlebih dahulu dengan mengambil nomor antrian yang diambilkan oleh security.

3. Kartu Lama yang Hilang Dapat Diupgrade Tapi Dikenakan Biaya

Berdasarkan informasi proses upgrade kartu Indosat lama ke 4G di Indosat tak akan dikenakan biaya atau gratis. Adapun persyaratannya ialah harus menyerakan SIM Card lama yang ingin diupgrade. Namun jika Kamu tidak bisa menyerahkan kartu SIM yang lama disebabkan kartunya hilang, maka Kamu akan dibebankan biaya Rp. 5.000 untuk mengganti kartu.

4. Proses Upgrade Kartu Indosat ke 4G Maksimal Memerlukan Waktu 24 Jam

Sesudah Kamu menerima kartu SIM yang baru yang telah mendukung jaringan 4G, Kamu masih belum bisa menggunakan kartu baru tersebut langsung untuk kebutuhan komunikasi. Karena Kamu harus menunggu upgrade 4G sukses dilakukan maksimal selama 24 jam sejak permintaan upgrade kartu dilakukan. Namun tak perlu khawatir, biasanya proses upgrade kartu berlangsung sangat cepat bahkan tidak sampai 15 menit saja.

Oke, itulah beberapa langkah dan informasi mengenai cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat yang dapat Kamu pilih tergantung kebutuhan. Bagaimana, mudah kan?

 

 

Related posts