Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

WhatsApp tak hanya digunakan sebagai aplikasi chatting semata, tetapi dengan WhatsApp kita juga bisa melacak sekaligus membagikan lokasi dengan mudah. Inilah yang membuat banyak orang penasaran dengan cara share lokasi lewat WhatsApp. Dengan membagikan lokasi, Kamu dapat menginfokan ke orang lain keberadaan atau posisimu berada. Dengan layanan bagikan lokasi ini, akan mempermudahmu memberikan petunjuk lokasi atau arah ke orang lain.

Apa Saja Manfaat dan Resiko Share Lokasi?

Layanan share lokasi di WhatsApp secara realtime untuk sebagian orang dapat dirasakan sebagai salah satu fitur berguna. Akan tetapi, untuk sebagian lainnya layanan ini dianggap kurang begitu penting sehingga membuat WA kehilangan esensinya.

Sharing lokasi dengan cara real time sendiri berguna jika :

  • Ketika Kamu ingin mengirimkan titik lokasimu ke kerabat atau keluarga demi alasan keamanan ketika di perjalanan.
  • Jika Kamu ingin bertemu keluarga atau kerabat di sebuah lokasi, Kamu hanya perlu share lokasi supaya mereka gampang menemukanmu.

Sementara, sebagian orang menolak untuk tidak menggunakan fitur “Bagikan Lokasi” karena alasan berikut :

  • Khawatir lokasi atau privasi/data yang telah dibagikan ke WA.
  • Bisa menimbulkan dampak bahaya apabila share lokasi telah disalahgunakan.
  • Menejadikan seseorang tak leluasa atau tidak bebas, terlebih jika kerabat atau pasangan memaksamu membagikan lokasi kepadanya.

Aktifkan Fitur Share Lokasi WhatsApp

Untuk dapat membagikan lokasi lewat WhatsApp, Kamu perlu mengaktifkan layanan share atau bagikan lokasi dengan memberikan izin pada WhatsApp untuk dapat mengakses lokasi smartphon-mu. Berikut ini ulasannya :

  • Silahkan buka opsi Pengaturan Hp, kemudian masuk ke Aplikasi dan pilih WhatsApp Business atau WhatsApp Messenger.
  • Selanjutnya ketuk opsi “Izin”.
  • Setelah itu, klik “Lokasi” kemudian izinkan WhatsApp jika ingin mengakses lokasi pada perangkat.
Terkait:  Cara Find My Device

Sesudah memberikan izin untuk akses lokasi, fitur berbagi lokasi atau share lokasi WhatsApp pun sudah aktif. Untuk kemudian, Kamu akan lebih mudah melakukan cara share lokasi lewat WhatsApp.

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp
Share Lokasi Lewat WhatsApp

Metode 1 : Tutorial Share Lokasi Terkini (Live) Lewat WhatsApp iPhone & Android

Jika Kamu ingin membagikan lokasi perangkat terkini di WhatsApp iOS maupun android, maka Kamu bisa mencoba cara share lokasi lewat WhatsApp berikut :

  • Pertama-tama, silahkan izinkan WhatsApp untuk mengakses lokasi hp atau perangkatmu lebih dulu.
  • Silahkan buka menu chat grup atau kontak WhatsApp/
  • Klik “Lampiran”.
  • Selanjutnya klik “Menu Lokasi”.
  • Pilih opsi “Berbagi Lokasi Terkini”.
  • Kamu bisa menentukan durasi untuk berbagi lokasi secara live ke penerima.
  • Silahkan tambahkan keterangan bila perlu, lalu klik tombol “Kirim”.

Dengan melakukan share lokasi terkini secara live, ini artinya WhatsApp setur menerus memperbarui dan mengirim titik lokasimu ke penerima saat ini dalam waktu tertentu.

Apabila Kamu berpindah tempat, WhatsApp pun dengan otomatis langsung memperbarui lokasimu lewat pesan bagikan lokasi yang telah dikirim. Saat Kamu tidak memakai atau membuka aplikasi WhatsApp sekalipun titik lokasimu akan tetap diperbarui.

Namun dengan catatan, fitur ini umumnya hanya bisa bekerja bagi hp atau perangkat yang terhubung pada internet. Namun jika tidak, live location pun berhenti sejenak hingga perangkatmu kembali terhubung ke internet.

Akan tetapi, jika layanan live location telah sesuai kebutuhanmu, terdapat dua poin yang harus diketahui berikut ini :

1. Berhenti Share Lokasi Terkini

Saat durasi untuk berbagi lokasi terbaru/terkini sudah berakhir, WhatsApp pun akan berhenti share lokasi dengan cara live. Akan tetapi, apabila Kamu berhenti melakukan share lokasi secara live sebelum berakhirnya durasi, Kamu tinggal klik “Berhenti Berbagi” dan tekan “Stop” saja.

Terkait:  Cara Find My Device

Apa yang nantinya dilihat penerima sesudah berhenti mengaktifkan live location? Penerima hanya bisa melihat lokasi yang terakhir jika Kamu mengakhiri Shareloc. 

2. Terlanjut Share Lokasi ke Grup atau Kontak

Apabila Kamu sudah terlanjur membagikan lokasi ke grup atau banyak kontak, Kamu dapat berhenti berbagi hanya melalui satu tahap saja.

Adapun caranya yaitu, buka WhatsApp terlebih dahulu, kemudian masuk ke “Setelan”, dilanjutkan dengan memilih “Akun”. Setelah itu, masuk ke “Privasi” kemudian pilih “Lokasi Terkini” dan “Berhenti berbagi”.

Jika Kamu mengetuk opsi berhenti berbagi, seluruh live location pun akan langsung berhenti otomatis. Saat membagikan lokasi lewat WhatsApp, Kamu juga dapat memilih membagikan lokasi terkini tanpa harus memperbaruinya secara live atau realtime.

Adapun caranya, di ruang chat grup atau kontak, klik “Lampiran” kemudian pilih “Lokasi” dan “Kirim Lokasi Saat Ini”.

Layanan “Kirim Lokasi Saat ini” biasanya hanya mengirimkan lokasi ketika Kamu mengirimnya. Jika Kamu berpindah tempat sesudah mengirim lokasi, pihak penerima pun tak akan mengetahui titik lokasi yang terbaru. Dengan kata lain, fitur ini tak hanya untuk mengirimkan titik lokasi dengan cara live.

Metode 2 : Tutorial Share Lokasi Tempat Lain Melalui WhatsApp

Tak hanya dapat mengirim lokasimu sendiri, Kamu juga dapat mencoba cara share lokasi lewat WhatsApp untuk lokasi lainnya, misalnya restoran milikmu, lokasi rumah, atau lokasi apapun.

Adapun caranya yaitu, silahkan buka “Lampiran” kemudian masuk ke “Lokasi” di chat WhatsApp. Kamu dapat memilih satu diantara beberapa list lokasi usaha terdekat yang telah terdaftar pada Google Maps.

Akan tetapi, jika Kamu tertarik menentukan lokasi rumah sendiri misalnya, klik icon Expand, jika ingin memperluas jangkauan Google Maps. Lalu tekan tahan layar kemudian geser lokasi pada tempat yang diinginkan. Setelah itu, klik “Kirim Lokasi Ini”.

Terkait:  Cara Find My Device

Melacak Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Selain cara share lokasi lewat WhatsApp, Kamu juga dapat melacak lokasi seseorang melalui WhatsApp. Fitur ini juga cukup berguna bagi Kamu yang ingin melacak keberadaan kerabat, atau orang terdekat. Berikut ulasannya!

1. Melacak Nomor WhatsApp yang Tak Dikenal

Cara termudah untuk mengetahui ponsel tidak dikenal yang menghubungimu secara tiba-tiba, yaitu dengan menyimpan nomor atau kontak WA tersebut. Cara yang satu ini sebenarnya hanya berlaku apabila nomor tersebut mempunyai akun WhatsApp. Jadi Kamu dapat melihat data atau namanya dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Saat tiba-tiba dihubungi nomor tak dikenal, Kamu simpan terlebih dahulu nomor tersebut ke kontak ponselmu.
  • Kemudian buka WhatsApp, lalu cari kontak yang disimpan tadi.
  • Apabila Kamu telah menemukan akun WhatsAppnya, ketuk akun tersebut.
  • Silahkan cek nama kontak di menu “About and Phone Number”.

2. Melacak Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp Secara Resmi

WhatsApp juga menawarkan fitur pelacakan lokasi seseorang secara langsung atau realtime. Tentu saja, disini Kamu mesti mengenal orang atau kontak yang akan dilacak lokasinya serta meminta mereka memakai layanan Live Location. Untuk melacaknya, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih grup atau orang yang akan dibagikan live location.
  • Klik ikon plus tepat di bagian bawah, selanjutnya pilih “Lokasi”.
  • Jika ingin membagikan layanan live location, tekan “Berbagi Lokasi Terkini”.
  • Silahkan isi durasi waktu berbagi layanan live location kemudian isi pesan di kolom yang ada.
  • Klik send jika ingin mengirimnya.
  • Selanjutnya, lokasimu akan terlihat langsung oleh kontak yang dikirimi pesan.

Ya, itulah 2 metode cara melacak lokasi seseorang di WhatsApp selain kemudahan cara share lokasi lewat WhatsApp yang bisa Kamu lakukan. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts