Cara Cek Kehamilan dengan Tespek

Kalian pasti belum tahu beberapa tanda kehamilan yang dialami oleh para calon ibu, sedangkan pemakaian tespek selalu dibutuhkan dan cara cek kehamilan dengan tespek harus diperhatikan terlebih dahulu.

Secara umum bahwa seorang wanita yang bakal hamil akan melewati fase tertentu seperti sudah haid (menstruasi), suhu tubuh meningkat hingga frekuensi buang air kecil lebih tinggi. Hal ini perlu diperhatikan dan bila perlu periksa ke bidan atau dokter kandungan terdekat.

Walaupun sepele, tetapi kalian perlu memperhatikan semuanya untuk memastikan tingkat efektivitasnya tinggi. Jangan pernah ragu apalagi keliru saat penggunaan tespek yang memberi nasib masa depan rumah tangga kamu, terutama bagi calon buah hati sebagai pelengkap keluarga.

Tespek sering dinilai sebagai alat kontrasepsi yang tidak selalu memberi hasil akurat dan efektif, padahal asumsi tersebut salah besar bila kamu memilih merek produk yang populer.Untuk mengecek kehamilan dengan tespek, kami akan membantu kamu dalam menganalisa beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum proses pemeriksaan berlangsung.

Tak hanya itu, kami juga akan memberitahu jenis-jenis tespek yang beredar luas di pasaran dan paling banyak dipakai para calon ibu tanah air. Kamu bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan dan satu sama lain memberi hasil akurat untuk memastikan kamu sedang hamil atau tidak.

Cara Cek Kehamilan dengan Tespek

Cara Cek Kehamilan dengan Tespek
Cara Cek Kehamilan dengan Tespek

Semua pasangan suami istri pasti tidak asing dengan tespek. Namun, mereka yang baru saja menikah dan bakal menjadi orang tua mungkin belum tahu soal penggunaannya dan hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum memastikan kondisi sang istri sedang berbadan dua atau tidak.

Kondisi ini tidak boleh diabaikan lantaran baik suami maupun istri harus tahu dan mendukung satu sama lain terhadap penggunaan tespek untuk memastikan keberadaan janin didalam janin sang ibu.

Ulasan yang kami bahas akan membantu kamu dalam mengecek kehamilan dengan tespek yang akurat dan efektif. Selain itu, kamu tidak harus mengandalkan satu jenis alat kontrasepsi yang sama untuk memastikan dirimu sedang hamil atau belum.

Kalian juga bisa konsultasi dengan bidan maupun dokter kandungan untuk menentukan jenis tespek yang perlu dipakai. Kamu juga bisa bertanya soal apa saja yang harus dilakukan atau tidak bila terbukti hamil pasca pengecekannya.

Cara Cek Kehamilan dengan Tespek yang Aman dan Efektif

Apakah kamu sedang menanti calon buah hati bersama pasangan saat ini? Jangan pernah putus asa dan tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk segera mempunyai anak yang diimpikan. Oleh karena itu, kamu bisa mempersiapkan diri sejak awal dengan menggunakan tespek secara berkala agar dirimu dapat memastikan kondisi fisik siap mengandung selama 9 bulan.

Beberapa langkah yang harus diperhatikan saat cek kehamilan via tespek adalah :

1. Pastikan Prosedurnya Sudah Sesuai

Siapkan wadah bila kamu membeli tespek yang tidak menyediakan tempat penyimpanan urin sebagai sampel utamanya. Kamu bisa menyimpan urin ke dalam wadah yang sudah disediakan, serta celupkan tespeknya sesuai batas garis. Kamu harus menunggu beberapa detik hingga muncul tanda garis berwarna merah. Kalian perlu tahu bahwa satu garis adalah NEGATIF dan dua garis adalah POSITIF dimana hasil pengecekannya pasti akurat.

2. Periksa pada Pagi Hari

Kapan pengecekan kehamilan dengan tespek harus dilakukan? Secara umum bahwa para calon ibu biasanya disarankan melakukannya pada pagi hari. Hal ini dikarenakan kadar hCG lebih besar saat momen tersebut, sedangkan hasil pemeriksaannya lebih akurat dan efektif.

Apabila kamu mengecek kehamilannya setelah bangun tidur, maka kamu bisa pergi ke kamar mandi dan siapkan alat maupun bahan yang dibutuhkan untuk memeriksanya.

3. Amati Kebersihan dan Keutuhan Tespek

Walaupun tergolong alat pemakaian luar, namun kebersihan dan keutuhan tespek harus kamu perhatikan. Pasalnya, tespek yang bersih dan steril akan memberi hasil pengecekan kehamilan yang efektif sampai 99%. Hal ini dikarenakan produk yang baru dan masih utuh selalu memberi hasil yang jelas. Kondisi tersebut berbeda dengan pemakaian tespek kadaluarsa yang cenderung menghasilkan tanda garis samar yang sulit dibaca para calon ibu.

4. Gunakan Sesuai Aturan Pakai

Jangan menggunakan tespek bila kamu belum pernah memakainya sama sekali. Risiko yang ditimbulkan adalah hasilnya tidak akurat bahkan sulit muncul meski sudah dipakai berulang kali dengan merek berbeda.

Kalian harus membeli tespek di apotik maupun mini market terdekat yang harganya sesuai jenisnya masing-masing. Untuk mencegah kesalahan, maka kamu bisa membaca cara pakainya yang berada di belakang kemasan tespek terlebih dahulu.

Apa Saja Jenis Tespek yang Beredar di Pasaran?

Secara umum bahwa tespek punya beragam jenis dan harga berbeda. Kamu bisa melihat dan menemukannya di apotik atau minimarket terdekat sesuai budget masing-masing. Meski begitu, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp.30 ribu saja.

Untuk mengetahui jenis-jenis tespek yang bisa digunakan calon ibu, maka kamu bisa menyimak dan mengikuti pembahasan selanjutnya seperti berikut :

1. Test Pack USB

Tespek USB bisa disebut sebagai alat kontrasepsi digital untuk memeriksa kehamilan para wanita. Kamu bisa memakainya dengan mencelupkan kertas tebal pada urin, kertas tersebut harus dipasang pada USB. Selain itu, kamu harus mengunduh software khusus untuk mengetahui hasilnya, kalian juga bisa menghubungkan tespek USB ke laptop atau PC.

2. Test Pack Wadah Urin

Tespek ini punya persamaan dengan tespek strip, namun perbedaannya terletak pada bentuknya yang lebih besar. Untuk memakainya maka kamu bisa menyimpan urin di atas tempat khusus yang terdapat pada stick tespek. Diamkan cairannya selama 10 detik dan tunggu hasilnya sekitar semenit. Kamu akan melihat hasilnya apakah negatif atau positif.

3. Test Pack Strip

Tespek satu ini umumnya berbentuk strip plastik. Kamu bisa memakainya lewat mencelup tespeknya ke dalam urin yang sudah disimpan pada wadah selama 10 detik. Namun, kamu juga bisa menyentuhnya langsung ke urin ketika kamu sedang buang air kecil. Tak hanya itu, hasil pemeriksaannya akan menampilkan dua garus merah yang terdapat hCG pada urinmu sebagai tanda positif hamil.

4. Test Pack Digital

Tespek lain yang harus kalian tahu adalah berbasis digital. Kamu akan tahu hasil pemeriksaannya dimana alat tersebut bakal menampilkan tulisan yes dan no. Kalian perlu menggaris bawahi bila tespek digital punya harga lebih mahal daripada jenis apapun. Hal ini dikarenakan metodenya lebih canggih dan modern. Untuk menikmati pemakaian test pack ini, maka kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp.300 ribu saja.

Apakah Pemakaian Tespek untuk Cek Kehamilan Selalu Efektif?

Siapa saja pasti penasaran mengapa sebagian besar calon ibu selalu mengecek kehamilan dengan tespek. Hal ini dikarenakan semua jenis tespek pasti memberi hasil akurat dan efektif, bahkan mencapai 100%.

Selain itu, para bidan maupun dokter kandungan pasti menyarankan kamu untuk menggunakan tespek sebagai alat kontrasepsi yang harus diandalkan dalam memeriksa kesuburan atau kehamilan kamu, sedangkan harganya bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...