Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP dengan mudah dan akurat? Tentu saja banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melacak lokasi orang lain menggunakan nomor Whatsapp. Dan beberapa diantara bisa kamu ikuti langkahnya sesuai dengan artikel ini.

Aplikasi perpesanan Whatsapp punya beragam fitur menarik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui fitur-fitur keren tersebut. Salah satunya adalah pelacakan lokasi. Lewat WA, lokasi seseorang bisa kamu ketahui secara real-time. Tentunya, fitur ini legal dan gak mengganggu privasi orang lain.

Read More

Bahkan dengan menggunakan Whatsapp, ada beberapa cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin melacak keberadaan orang lain menggunakan nomor Whatsapp mereka. Tentu saja berikut ini adalah beberapa trik dan metode yang mudah yang bisa kamu praktekkan sendiri.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Jika kamu pernah ingin mengetahui keberadaan seseorang melalui Whatsapp mereka. Kamu bisa dengan mudah menggunakan cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP. Dengan begitu kamu akan langsung tau dimana seseorang itu berada yang kamu incar.

Melacak Lokasi Seseorang dengan Whatsapp Resmi

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP yang pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi WA resmi bawaan dari Play Store dan App Store. Sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik, Whatsapp memiliki fitur untuk melacak lokasi orang lain bahkan secara real-time alias langsung. Di sini tentu kamu harus mengenal orang yang mau dilacak lokasinya dan meminta mereka untuk menggunakan fitur Live Location. Setelah itu kamu bisa langsung mengikuti langkah berikut ini:

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp
  • Yang pertama sudah pasti kamu harus membuka aplikasi Whatsapp yang ada di HP kamu.
  • Jika sudah kamu bisa langsung pilih orang atau grup yang akan kamu bagikan live location.
  • Ketuk ikon paperclip di bagian bawah dan pilih opsi Lokasi. Untuk membagikan live location, klik opsi Berbagi lokasi terkini.
  • Isi durasi berbagi live location dan isi pesan pada kolom yang tersedia. Klik Send untuk mulai mengirim.
  • Orang lain yang menerima pesan kamu sekarang bisa melihat lokasimu secara langsung, termasuk saat kamu berpindah tempat loh.
  • Kamu juga bisa menghentikan sebelum durasi habis dengan mengetuk Berhenti berbagi pada pesan lokasi yang kamu bagikan tadi.

Mengetahui Lokasi Orang Lain dengan Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi Whatsapp bawaan, kamu juga bisa mengetahui lokasi orang lain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali developer yang menyediakan jasa untuk melacak keberadaan orang lain, salah satunya adalah HLR Lookup. Aplikasi ini bisa melacak HLR (Home Location Register) dan memberi tahu provider serta lokasi pelanggan. Nah, untuk tahu cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui melalui aplikasi ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut:

  • Silahkan kamu download dan install terlebih dahulu aplikasi HLR Lookup yang ada di HP kamu.
  • Kemudian jika sudah kamu bisa membuka aplikasi HLR Lookup dan masukkan nomor Whatsapp orang yang hendak kamu lacak lokasinya. Jika sudah tinggal ketuk tombol Send.
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu diberitahu detail kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota dari nomor tersebut.
  • Kamu juga bisa berbagi informasi tersebut dengan ketuk ikon Share di bagian bawah.

Sayangnya, cara melacak nomor WA penipu satu ini memang kurang akurat dan tidak akan memberikan kamu lokasi pasti dari orang yang hendak kamu lacak. Namun setidaknya, kamu sudah bisa memperkirakan di mana pelaku berasal, terutama dari informasi dimana nomor tersebut didaftarkan.

Terkait:  Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir

Melacak Lokasi Lewat Whatsapp di Google Maps

Kamu juga bisa melacak lokasi pemilik nomor Whatsapp menggunakan aplikasi bawaan pada gadget yang kamu gunakan, yaitu Google Maps. Selain untuk navigasi, ternyata aplikasi buatan Google ini juga punya banyak fitur bermanfaat, misalnya berbagi lokasi secara langsung dengan tingkat keakuratan cukup tinggi. Nantinya, kamu juga bisa membagikan lokasi Google Maps ini melalui WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah seperti ini :

  • Yang pertama kamu buka aplikasi Google Maps yang ada di HP kamu, jika Google Maps di gadget kamu termasuk dalam versi lama, pastikan kamu sudah update ke versi terbaru untuk meningkatkan keakuratan dari lokasi seseorang.
  • Pada halaman utama, ketuk ikon hamburger dan pilih opsi Berbagi lokasi.
  • Untuk mulai membagikan agar orang lain bisa melacak lokasi, ketuk Mulai. Bakal muncul beberapa opsi membagikan, di sini kamu tinggal pilih Whatsapp.
  • Pilih kontak yang hendak kamu kirimi lokasi dan hasilnya akan seperti ini. Link tersebut akan mengarahkan kamu ke Google Maps untuk melacak lokasi.

Demikian tadi beberapa cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP yang bisa kamu coba untuk mencari keberadaan orang lain. Kamu bisa memilih metode dan menyesuaikan dengan yang menurut kamu termudah. Dari beberapa metode di atas, selamat mencoba.

Related posts