Cara Login OSS

Bagaimana cara login OSS? OSS merupakan singkatan dari Online Single Submission, sebagai platform untuk mempermudah dan mempercepat proses perizinan usaha. Dimana setiap pelaku bisnis atau usaha diwajibkan mengurus OSS sebelum mempunyai NIB. Sebelum membahas tentang login ke akun OSS, Kamu harus tahu penjelasan tentang OSS terlebih dahulu.

Memahami Tentang OSS

Online Single Submission atau OSS adalah bentuk perizinan dalam membangun usaha yang akan diterbitkan oleh OSS itu sendiri. Dimana izin tersebut disetujui oleh menteri, walilkota atau bupati, gubernur maupun pimpinan lembaga. Adapun bentuk perizinan tersebut diberikan ke para pelaku usaha melalui sistem integrasi elektronik. Dalam hal ini, setiap pelaku usaha wajib mempunyai NIB dengan melakukan registrasi lewat OSS di Indonesia. Untuk mengurus OSS sendiri dapat dilakukan gratis.

Lembaga OSS adalah sebuah lembaga pemerintah yang berbasis non kementrian. OSS berwenang untuk menjalankan urusan pemerintahan, terutama dalam urusan penanaman modal. Jadi, dapat dikatakan bahwa lembaga OSS ini merupakan bagian BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Selain itu, OSS biasanya digunakan bagi badan usaha, baik perorangan maupun yang sudah berbadan usaha. Sebut saja seperti usaha mikro, usaha kecil,menengah hingga besar, baik perorangan maupun badan usaha.

Cara Login OSS

Cara Login Akun OSS

Persyaratan Untuk Mengakses

Sebelum melakukan cara login OSS, tentu saja Kamu harus memahami persyaratan yang wajib dipenuhi terlebih dahulu :

  • Memiliki NIK lalu memasukkannya saat membuat user ID. Terutama bagi pelaku usaha yang sudah berbadan usaha, maka NIK yang diperlukan ialah NIK dari penanggung jawab usaha itu sendiri.
  • Pelaku usaha berbentuk badan usaha untuk PT dna badan usaha seperti firma, CV, persekutuan perdata dan yayasan harus menyelesaikan pengesahan bentuk badan usaha terlebih dahulu di Kemenkumham lewat AHU online agar dapat mengakses OSS.
  • Pada pelaku usaha yang berbadan usaha seperti Perum, Perumda atau badan usaha milik negara lainnya, lembaga penyiaran dan lembaga layanan hukum mempersiapkan dasar hukum membentuk badan usaha.

Ketentuan Memakai OSS

Sebelum cara login OSS, Kamu juga harus mengetahui ketentuan dalam memakai OSS itu sendiri, diantaranya :

  • Pemilik usaha wajib membuat user ID sebelumnya.
  • Setiap pemilik usaha dapat melakukan cara login OSS menggunakan ID yang sudah dibuat tersebut.
  • Para pemilik bisnis wajib mengisi data-data dengan lengkap agar mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB.

Untuk usaha yang sudah berdiri wajib melanjutkan proses mendapatkan izin berusaha baru bagi yang belum Kamu miliki, memperpanjang perizinan usaha sebelumnya, mengembangkan usaha sekaligus memperbaiki atau mengubah data perusahaan.

Prinsip Sistem OSS

Prinsip dari keseluruhan pada sistem OSS terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama, biasanya proses perizinan dan pendaftaran dasar akan diproses oleh OSS secara langsung memakai auto approval.  Dimana auto approval sendiri adalah persetujuan secara otomatis jika persyaratan yang telah dimasukkan pada sistem OSS telah lengkap. Selanjutnya proses bangunan dan lingkungan. Dalam hal ini, OSS memberikan informasi mengenai standar lingkungan dan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan investasinya.

Apabila Kamu setuju, akan mendapatkan formulir “komitmen”, sesudah diisi sistem OSS langsung memberikan akses persetujuan komitmen yang dimaksud berikut  daftar standar lingkungan dan bangunan yang mesti dipatuhi.

Cara Daftar dan Login OSS Online

Mengingat pendaftaran dilakukan dengan cara online, maka Kamu dapat melakukan tahapannya dengan cepat dan mudah. Jika belum mengetahui cara login OSS dan mendaftarnya, berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, silahkan buka OSSv1.1 lewat website resmi di https://oss.go.id.
  • Selanjutnya ketuk “Daftar” atau “Masuk” dan pilih “Daftar”
  • Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan pengisian data pada form pendaftaran yang sudah disediakan.
  • Kemudian isi captcha lalu tekan “submit”.
  • Silahkan buka akun email yang sudah didaftarkan untuk aktivasi OSS dan ketuk “Aktivasi”.
  • Sesudah itu, buka lagi akun email untuk menerima password dan username yang telah dikirimkan sistem OSS.
  • Kemudian ketuk “Daftar” kemudian pilih “Login“.
  • Persiapkan seluruh persyaratan daftar OSS sesuai yang dibutuhkan, baik itu NIK maupun dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Ketentuan Mendapatkan NIB

Sesudah cara login OSS di atas, Kamu pun akan mendapatkan NIB. NIB bisa diartikan sebagai identitas yang didalamnya memuat izin saat seseorang menjalankan sebuah usaha. Para pemilik usaha harus mempunyai NIB. Entah itu bagi pemilik usaha baru maupun lama. Adapun peran NIB itu sendiri ialah TDP (Tanda Daftar Perusahaan), akses Kepabean, dan Angka Pengenal Impor untuk proses impor ekspor agar berjalan lancar.

Akan tetapi, Kamu harus ingat bahwa pemilik usaha pun dapat memperoleh dokumen-dokumen terkiat pengurusan NIB lainnya. Adapun dokumen tersebut meliputi :

  • NPWP perorangan atau badan, jika pemilik usaha belum mempunyai NPWP.
  • Surat RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing).
  • Bukti pendaftaran atas kepesertaan BPJS Kesehatan atau ketenagakerjaan.
  • Pemberitahuan kelayakan agar dapat memperoleh berbagai fasilitas fiskal.
  • Izin usaha, seperti untuk izin bisnis di sektor perdagangan maupun SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Cara Mendapatkan NIB

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan NIB, sesudah Kamu sukses dengan cara login OSS di atas, diantaranya :

  • Langkah awal, Kamu harus melakukan cara login OSS terlebih dahulu.
  • Jika sudah, lakukan pengisian data. Adapun data-data yang harus diisi ialah nilai investasi, pemegang saham, kepemilikan modal, perusahaan maupun RPTKA.
  • Lakukan pengisian informasi mengenai bidang usaha yang sesuai KBLI sebanyak 5 digit, di samping itu pula informasi KBLI dua digit yang telah tersedia pada AHU. Kamu wajib memasukkan informasi dan data tentang uraian terkait bidang usaha.
  • Memberikan checklist sebagai tanda bukti pernyataan atau persetujuan terkait kebenaran serta keabsahan semua data yang telah dimasukkan.
  • Memperoleh NIB serta dokumen registrasi lainnya.

Apa Saja Manfaat OSS?

Tidak sedikit para pelaku usaha mengeluhkan ribetnya proses pengurusan izin usaha karena bisa molor sampai 1 tahun lamanya. Mengingat keluhan ini, pihak pemerintah berupaya mempermudah pengurusan OSS. Selain itu, Kamu juga harus tahu bahwa OSS memiliki beberapa manfaat berikut ini :

1. Memudahkan Berbagai Proses Perizinan

Salah satu manfaat OSS ialah memudahkan berbagai proses perizinan. Biasanya mencakup persyaratan melakukan usaha, semisal izin tentang lokasi, bangunan dan lingkungan. OSS juga berguna untuk memperoleh berbagia izin untuk tingkat daerah maupun pusat. Terntu saja jika semua proses perizinan telah terpenuhi.

2. Memfasilitasi Pelaku Bisnis

Melalui OSS, seluruh pemangku kepentingan dapat memperoleh fasilitas usaha. Adapun tujuannya agar pelaku usaha dapat memperoleh izin dengan aman, cepat sekaligus real time. Selain itu, OSS juga bisa diandalkan sebab bisa memfasilitasi pelaku usaha dalam memecahkan persoalan perizinan sekaligus melaporkannya. Para pemilik usaha pun akan diberikan kebebasan menyimpan data atau informasi perizinan.

Itulah beberapa tutorial mendaftar dan cara login OSS, prinsip sistem OSS hingga manfaat OSS yang harus Kamu pahami. Mengingat pentingnya OSS tersebut, tentu saja Kamu harus mendaftarkan usahamu ke dalam sistem OSS. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

7 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

7 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago