Cara Login Kartu Prakerja

Bagaimana cara login kartu prakerja? Sebelum membahasnya, mari kita bahas tentang program kartu Prakerja. Kartu Prakerja merupakan program pengembangan berbasis kompetensi kerja bertujuan untuk para pencari kerja, para buruh/pekerja yang mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), maupun bagi para buruh dan atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Sebelum mencoba cara login kartu  prakerja, tentu saja Kamu harus mendaftar kartu prakerja terlebih dahulu. Selain itu, untuk mendaftar kartu prakerja harus mengetahui persyaratan daftar kartu prakerja. Adapun persyaratannya, seperti harus Warga Negara Indonesia, tidak sedang kuliah/sekolah dan berusia di atas 18 tahun.

Cara Login Kartu Prakerja

Cara Daftar dan Login Kartu Prakerja

Mendaftar dan Login Kartu Prakerja

Sebelum membahas cara login kartu prakerja, Kamu harus mendaftar akun kartu prakerja terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah cara daftar akun kartu Prakerja :

  • Bagi yang belum memiliki akun kartu Prakerja, langkah yang wajib dilakukan pertama kali ialah harus membuat akun kartu prakerja terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya di laman web prakerja.go.id.
  • Selanjutnya para pendaftar diminta mengisikan alamat akun email, kemudian membuat passwod terdiri atas 6 karakter minimal, lalu ketik kembali password yang sudah dibuat.
  • Langkah berikutnya, silahkan centang pertanyaan di bagian bawahnya dan ketuk “Buat Akun”.
  • Setelah itu, pendaftar nantinya akan menerima verifikasi akun lewat email yang sudah didaftarkan.
  • Silahkan buka email, lakukan verifikasi melalui klik tautan pada email yang sudah dikirimkan. Selanjutnya akun Prakerja milikmu pun sudah aktif.

Jika Kamu sudah mempunyai akun Prakerja, tinggal mencoba cara login kartu Prakerja di www.prakerja.go.id memakai password dan email.

Verifikasi KTP Akun Kartu Prakerja

Jika Kamu sudah sukses membuat akun sekaligus sudah melakukan cara login kartu Prakerja di atas, selanjutnya Kamu akan diminta memverifikasi KTP, nomor KK, nomor NIK beserta tanggal lahir. Setelah itu, baru ketuk “Berikutnya”. Apabila terdapat kolom isian saat verifikasi yang kurang tepat, Kamu akan diminta melakukan pengisian ulang.

Selanjutnya lengkapi identitas data diri Kamu dan upload foto KTP dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pada bagian ini, ada beberapa data yang harus diisi seperti akun email, alamat berdasarkan KTP, nama lengkap, provinsi, kabupaten, alamat tempat tinggal/domisili, kecamatan, pendidikan terakhir, jenis kelamin, jumlah tanggungan, status perkawinan, topik pelatihan dan status kebekerjaan.
  • Jika sudha terisi, upload foto atau melakukan scan KTP pada kanan bawah lalu ketuk kotak kiri bagian bawah yang biasanya berisi pemberitahuan bahwa Kamu bersedia untuk mengisi semua data yang diperlukan dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.
  • Kemudian ketuk “lanjutkan”.
  • Proses berikutnya ialah verifikasi nomor Hp. Pendaftar akan langsung mendapatkan SMS yang berisi kode otentikasi atau OTP melalui nomor HP yang sudah terdaftar.
  • Setelah melakukan pengisian kode OTP, ketuk “Kirim”.
  • Selanjutnya isi pernyataan pendaftar kartu prakerja yang berisi pertanyaan tentang statusmu apakah bekerja atau menganggur. Silahkan isi seluruh data tersebut sampai selesai, kemudian ketuk “Oke”.

Uji Motivasi dan Kemampuan Dasar

Uji motivasi dan kemampuan dasar adalah rangkaian proses registrasi di Kartu Prakerja. Adapun tujuannya ialah untuk mengetahui dan memahami kompetensi sertap potensi yang telah dimiliki oleh pendaftar. Pemakaian alat bantu untuk corat-coretm berupa pensil/pulpen, kertas diperbolehkan menyelesaikan soal. Silahkan tekan “Mulai Tes Sekarangf” jika ingin mengikuti tes.

Sesudah melakukan pengisian tes kompetensi, selanjutnya tes akan langsung dievaluasi. Biasanya evaluasi membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Apabila sudah menghabiskan waktu 5 menit namun tetap belum berubah, ketuk “refresh”.

Tips Agar Lolos Kartu Prakerja

Seperti kita ketahui bahwa syarat pendaftaran mendapatkan kartu prakerja masih sama seperti sebelumnya, yakni WNI, tidak sedang menjalankan pendidikan formal dan berusia minimal 18 tahun. Selain itu, ada beberapa kelompok yang tidak direkomendasikan menjadi peserta pemilik kartu Prakerja. Seperti penerima BPUM atau BSU, penerima kartu Prakerja sebelumnya dan penerima bantuan sosial dari Kementrian Sosial.

Berikut beberapa tips supaya Kamu bisa berhasil mendapatkan kartu prakerja, diantaranya :

1. Kesesuaian Antara Data Diri Lengkap Dengan KTP

Pastikan identitas data diri yang Kamu tuliskan sesuai data-data yang terdapat di KTP. Adapun data tersebut berupa nama, alamat dan tanggal lahir.

2. Mencantumkan Nomor Hp Aktif

Cara yang satu ini sangat penting. Kamu harus mencantumkan nomor HP aktif. Hal ini dikarenakan nomor Hp biasanya digunakan untuk verifikasi. Selain itu, pastikan nomor HP yang Kamu gunakan masih aktif serta sudah dipakai setidaknya 3 bulan. Apabila nomor HP Kamu tidak aktif, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan kartu prakerja.

3. Koneksi Internet Stabil

Saat melakukan pendaftaran kartu prakerja, agar tidak ada hambatan tentu saja Kamu harus tetap memastikan koneksi internetmu stabil.

4. Buat Pernyataan Untuk yang Tidak Lolos Prakerja 3 Kali

Jika Kamu telah mencoba mendaftar kartu prakerja hingga 3 kali dan ternyata tidak lolos, sebaiknya jangan menyerah. Sebab Kamu masih tetap bisa lolos mendaftar kartu prakerja selanjutnya dengan menyertakan surat pernyataan resmi via email ke ” kepesertaan@prakerja.go.id” (tanpa tanda petik). Kemudian buat surat pernyataan tidak lolos dengan benar, lalu kirimkan langsung ke alamat email penerima kartu prakerja.

5. Upload Foto KTP

Tidak sedikit orang mengeluh selalu gagal atau tidak bisa mengupload foto KTP jika ingin mendaftar kartu prakerja. Adapun tipsnya ialah jika Kamu gagal mengupload KTP, sebaiknya coba lagi upload foto KTP pada malam hari.

6. Pelajari Mekanisme Sebelumnya dan Testimoni dari Pendaftar Terdahulu

Mengingat sejumlah orang sudah menerima manfaat dari kartu prakerja, sebaiknya cari info dari pendaftar sebelumnya. Selain itu, lebih baik lagi jika penerima kartu prakerja ialah orang terdekatmu. Tapi jika tidak, sebaiknya baca atau cek dari sosial media atau portal berita mengenai pembuatan kartu prakerja. Testimoni dari pendaftar terdahulu khususnya pendaftar yang lolos, bisa memberikanmu gambaran mengenai apa maupun bagaimana mendapatkan kartu prakerja.

7. Ketahui Tujuan dan Maksud Kartu Prakerja

Ketika Kamu memutuskan untuk mendaftar program kartu prakerja, ketahui tentang kartu prakerja serta siapa saja yang berhak menerima kartu prakerja. Sebab hal ini merupakan program peningkatan potensi dan kompetensi,jadi Kamu juga harus sudah menentukan arah untuk mendalami kompetensi yang mana. Apalagi nanti sudah memilih pelatihan serta menyelesaikannya, maka Kamu bisa memberikan testimoni dengan benar untuk mendapatkan dana bantuan dari kartu prakerja.

8. Sesuai Dengan Kriteria Penerima Program Kartu Prakerja

Selain pentingnya cara login kartu prakerja, Kamu juga harus jeli mempersiapkan persyaratan agar sesuai dengan kriteria dari penerima kartu prakerja. Kamu bisa membaca seluruh informasi mengenai kartu prakerja, terutama yang tertera di web resminya di www.prakerja.go.id. Dari sana tertulis persyaratan dan kriteria penerima program kartu prakerja. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang siapa yang tak berhak mendapatkan manfaat dari kartu prakerja.

Itulah ulasan tentang cara login kartu prakerja, kriteria dan persyaratan mendapatkan program kartu prakerja. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago