Cara Login cPanel

Ketika membeli hosting untuk pertama kali, biasanya akan memperoleh detail login ke akun cPanel. Untuk yang telah berpengalaman membuat website, tentu saja sudah akrab dengan yang namanya menu cPanel, namun bagi yang pertama kali mungkin akan mengalami beberapa kendala terlebih ketika akan login cPanel. Namun  tak perlu khawatir, karena di sini kita akan membahas cara login cPanel.

Sebenarnya tiap layanan hosting, mempunyai pilihan control panel yang berbeda untuk hosting, namun sampai sekarang ini cPanel masih tetap menjadi control panel yang memiliki pengguna terbanyak bahkan di dunia. Hal ini dikarenakan control panel memiliki kemudahan penggunaan dan fitur yang lengkap.

Tentang cPanel

cPanel atau control panel, termasuk control panel dalam server web hosting yang memiliki fitur-fitur serta tampilan grafis yang mempermudah proses pengelolaan website. Control panel apabila diibaratkan seperti sebuah toolbox yang memiliki banyak peralatan lengkap.

Melalui akun cPanel hosting inilah, Kamu bisa mengatur hosting, domain, SSL Certificate, website, software, email marketing, database, install website serta yang lainnya. Ketika membeli paket layanan hosting, umumnya ada pilihan control panel tertentu yang dapat dipilih.

Bahkan beberapa penyedia web hosting yang ada di Indonesia biasanya menjadikan pilihan cPanel sebagai deault untuk mengontrolPanle Hosting. Namun ada beberapa jenis panel yang tak kalah menarik dibandingkan cPanel.

Keuntungan cPanel

Hingga saat ini, opsi cPanel masih sering digunakan untuk opsi control panel hosting. Tentu saja hal ini dikarenakan cPanel memiliki banyak kelebihan. Sebelum kita masuk ke cara login cPanel, alangkah baiknya kita bahas dulu kelebihan cPanel itu sendiri :

1. Mudah Dipelajari

Untuk para pemula agar dapat mengatur web hosting mereka, tentu saja bisa dikatakan gampang-gampang susah. Walaupun demikian, seiring perkembangan teknologi saat ini Kamu mendapatkan pilihan panel kontrol untuk mempermudah proses kelola web.

cPanel sendiri termasuk salah satu panel kontro, karena sebenarnya sangat mudah dipelajari. Menawarkan berbagai macam fitur menarik dengan hanya memainkan kursor saja, dapat memberikan kemudahan untuk kontrol web hosting. Contohnya saat mengatur database dan domain, dengan cPanel Kamu tidak membutuhkan waktu lama.

2. Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Kelebihan menggunakan cPanel lainnya ialah gratis, memakainya selain lebih menghemat waktu juga dapat lebih menghemat biaya. Sehingga jika Kamu tertarik dalam dunia hosting tapi terkendala soal biaya, Kamu dapat mempertimbangkan cPanel.

3. Memiliki Software Auto Installer

Memakai cPanel dikenal lebih mudah karena menawarkan software auto installer. Dengan demikian, Kamu tak perlu repot-repot menginstal fitur-fitur yang diperlukan untuk mengatur web hosting.

4. Mudah Digunakan

cPanel merupakan salah satu control panel berbasis Linux, sehingga dapat dipastikan sangat menarik menggunakan control panel ini. Tak hanya mudah dipelajari dengan tampilan interface menarik dan simpel saja, tetapi Panel Kontrol ini juga mudah diaplikasikan.

Panel Kontrol ini memiliki beberapa fitur di dalamnya yang tinggal diklik tergantung kebutuhan. Sehinga pengelola hosting tak perlu lagi harus mengotak-atik instruksi teks. Kamu tinggal mencari fitur tertentu sesuai kebutuhan supaya website dapat berjalan berdasarkan kebutuhan dan keinginan.

Nah, bagi yang ingin upgrade dari hosting ke VPS, bisa kami rekomendasikan untukmu yaitu VPS Cpanel Indonesia yang sangat easy to use alias mudah sekali untuk digunakan. Selain harga terjangkau, juga sangat fleksibel dan efisien.

Kekurangan cPanel

Selain kelebihan cPanel juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat dipertimbangkan. Ada beberapa kekurangan cPanel, diantaranya :

1. Performa Lambat

Kelebihan dengan fitur yang melimpah pada cPanel ternyata telah memberikan kelemahan. Banyaknya fitur pada kenyataannya membuat performa pada cPanel menjadi lebih lambat.

2. Menjalankan Software Tanpa Diupgrade

Apabila mengutamakan segi keamanan, cPanel sepertinya memiliki kelemahan dalam sektor ini sebab beberapa hosting biasanya menjalankan software yang tidak di upgrade. Oleh karena itu, penggunaannya sangat rentan terserang virus yang membahayakan keamanan data dalam database website.

3. Pengaturan Dapat Berubah Otomatis

Walaupun cPanel mudah dipakai, tapi tidak sedikit pengguna sering kecolongan akibat beberapa pengaturan yang berubah mendadak. Inilah yang membuat pengelola web harus memeriksa pengaturan dengan berkala. Saat terjadi perubahan Kamu bisa mengembalikannya seperti sedia kala.

Dapat disimpukan bahwa cPanel termasuk panel kontrol dengan berbagai kemudahan untuk hosting website. Sehingga dapat dipertimbangkan penggunaannya, akan tetapi Kamu juga harus mengetahui kelemahan cPanel agar Kamu dapat menggunakannya dengan cermat dan bijak supaya tak terlalu merugikan.

Cara Login cPanel

Cara Login cPanel

Bagaimana Login cPanel?

Sebelum memasuki tutorial cara login cPanel, dari sini Kami akan membaginya ke dalam 2 cara berbeda. Cara pertama bagi yang hanya membeli hostingnya saja, sedangkan cara kedua untuk paket hosting dan domain.

1. Login cPanel Hosting dan Domain

Jika Kamu membeli layanan domain dan hosting, biasanya Kamu akan mendapatkan email berisi informasi tentang akun hostingmu. Biasanya di email tersebut terdiri atas paket yang Kamu beli, seperti login cPanel, informasi server, nama domain, setting email serta data yang lainnya.

Kamu bisa coba perhatikan kembali, khususnya di menu login cPanel, Kamu akan memperoleh password dan username dengan cara acak saat login cPanel. Ini dia cara login cPanel hosting :

  • Pertama-tama, kamu harus sudah memiliki email yang berisi tentang informasi layanan mengenai domain hostingmu. Username beserta login cPanel biasanya sudah masuk ke email tersebut.
  • Jika ingin mengakses cPanel, terdapat 3 pilihan cara yang dapat Kamu pilih. Ini berlaku apabila Kamu membeli hosting dan domain di tempat saja. Tapi jika membelinya di tempat berbeda, Kamu bisa mengikuti cara login cPanel menggunakan hosting di sub judul yang selanjutnya. Misalnya untuk  masuk ke dalam control panel dengan http://namadomain/cpanel.
  • Sesudah itu, buka browser lalu ketikkan cara login cPanel di atas.
  • Selanjutnya, kamu tinggal menginputkan username beserta password cPanel lalu tekan “log in”.
  • Setelah berhasil, Kamu akan memasuki menu dashboard pada akun cPanel yang dibeli. Terdapat berbagai pilihan menu seperti Database, Files, Marketing Tools dan SEO, Security, email, domains, software dan lainnya.

Apabila mengalami masalah atau kendala tidak berhasil login Kamu bisa menghubungi pihak customer service dari penyedia layanan hosting yang kamu beli.

2. Login cPanel Hanya Dengan Hosting

Cara login cPanel dengan hosting ini biasanya hanya berlaku bagi Kamu yang hanya membeli hosting tanpa domain. Tentu saja caranya berbeda khususnya untuk akses login cPanel itu sendiri. Kamu bisa cek email informasi saat membeli layanan hosting. Biasanya di email tersebut disertakan IP Address untuk login. Adapun emailnya sebagai berikut : http://192.168.100.1/cpanel.

Kamu bisa mengaksesnya memakai IP Address di atas di web browser yang Kamu gunakan dan inputkan password beserta username-nya. Setelah itu, hasilnya akan sama ketika masuk ke dashboard.

Cara Logout dari cPanel

Selain cara login cPanel, Kamu juga harus logout atau keluar jika sudah selesai memakai cPanel. Hal ini dikarenakan melalui cara ini, artinya Kamu memberitahukan pada server web jika kamu sudah menyelesaikan sesimu. Sementara jika tidak keluar, maka server dengan otomatis langsung menutup sesimu berdasarkan periode waktu tertentu yang ditentukan.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara login cPanel, cara logout, kekurangan dan kelebihan menggunakan cPanel. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

5 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago