Cara Logout Akun Google Android

Cara logout akun Google android penting sekali dilakukan, apalagi bagi yang sudah pernah mengakses akun Google milik teman. Hanya saja, terkadang banyak yang lupa logout atau belum mengetahui caranya. Sehingga mereka cenderung membiarkannya begitu saja.

Kenapa Harus Logout Akun Google?

Akun google di laptop atau smartphone memang menyimpan data atau informasi penting berupa akun email, hingga file drive. Oleh sebab itu, untuk mengganti laptop atau hp, kalian harus mengetahui metode yang tepat keluar akun Google.

Dengan mengetahui cara logout akun Google android, kalian dapat mengamankan semua data pribadi. Contohnya, ketika harus meminjam hp atau laptop teman untuk melakukan pengecekan gmail karena suatu alasan. Sesudah memakai laptop atau hp teman, kalian bisa keluar langsung jika sudah paham caranya.

Beberapa orang terkadang harus menghapus akun Google karena tidak tahu bagaimana cara keluar akun Google tanpa hapus akun. Untuk keluar dari akun Google sangat mudah, ada beberapa panduan yang bisa kalian coba.

Cara Logout Akun Google Android

Logout Akun Google Android

Tutorial Logout Akun Google di Android

Apapun alasan kalian untuk keluar dari akun Google di perangkat android, silahkan coba cara logout akun Google android berikut ini :

1. Logout Akun Google Tanpa Menghapus Gmail

Google Chrome dapat dijadikan sebagai media untuk logout akun google di android tanpa menghapus gmail. Cukup masuk ke dalam opsi pengaturan akun. Cara logout akun Google android ini memungkinkan kalian untuk keluar sekaligus menonaktifkan sinkronisasi. Berikut ulasannya :

  • Masuk ke Google Chrome via hp android, login ke Google Account yang akan dilkeluarkan.
  • Sesudah mengakses menu utama pada Google Chrome, klik gambar profil di samping kanan atas.
  • Klik nama Gmail setelahnya.
  • Masuk ke halaman baru, tekan opsi logout & nonaktifkan sinkronisasi.
  • Kalian akan dihadapkan kotak dialog konfirmasi untuk logout akun. Silahkan tekan Lanjutkan untuk logout akun Google.

Jika sudah berhasil logout, jangan khawatir apabila akunnya terhapus. Karena biasanya akun Google kalian masih aman. Untuk mengaksesnya lagi, silahkan login ulang seperti biasa dengan memasukkan password beserta emailnya.

2. Melalui Aplikasi Gmail

Cara logout akun Google android berikutnya adalah menghapus Google account. Jangan khawatir, metode ini hanya menghapus akun google kalian dari android saja, jadi akun email tetap bisa digunakan. Hanya saja, dengan memakai metode ini bisa menghapus semua data pada akun google di smartphone, seperti pesan, kontak dan sebagainya.

  • Buka gmail di perangkat android.
  • Tekan pilihan di ujung kiri bagian atas.
  • Klik tanda segitiga ke bawah.
  • Pilih opsi manage account,, silahkan pilih mana akun yang akan dikeluarkan.
  • Klik delete account jika ingin menghapus akun.
  • Pada tampilan popup konfirmasi yang muncul, pilih remove account dan selesaikan prosesnya.

3. Melalui Web Browser

Tidak hanya memakai aplikasi android, kalian juga bisa mencoba cara logout akun google android dengan memakai web browser. Tujuannya agar keamanan akun google tetap terjaga, ketika hp dipinjam oleh orang lain.

  • Ketik nama pada akun gmail. Di halaman utama akun Gmail, klik opsi di samping kiri bagian atas. Ketuk nama akun Google Mail kalian.
  • Selanjutnya sign out, masuk ke halaman utama yang mengharuskan untuk menginputkan password untuk masuk ke akun. Jika password sudah dimasukkan, secara otomatis kalian akan keluar akun Google.

4. Menghapus Akun Google via Android

Cara logout akun google android juga dapat dicoba dengan menghapus google account. Tapi ingat, cara ini hanya opsional. Kalian bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan di smartphone android.

  • Akses menu pengaturan hp android.
  • Tekan menu akun, lakukan sinkronisasi.
  • Pilih Google dan pilih mana akun yang akan dihapus.
  • Tekan ikon titik tiga, pilihannya bisa ditemukan di bagian bawah.
  • Klik hapus dan tekan lagi hapus akun.

Diantara keempat cara logout akun google android di atas, kalian bisa memilih mana cara yang paling tepata sesuai kebutuhan. Untuk cara terakhir, hanya dapat dilakukan jika ingin mengganti hp android yang baru. Jadi, sebelum menjual hpnya pastikan melakukan backup data dan hapus akun Google agar tidak diakses oleh orang yang tidak dikenal.

Bonus : Cara Buka Akun Google yang Terkunci

Tahap 1 : penyebab Akun Google Terkunci

Ada beberapa masalah yang terkadang dialami pengguna akun Google. Salah satunya adalah akun Google yang terkunci. Lantas, apa saja sih faktor yang menyebabkan akun Google terkunci?

1. Lupa Password

Salah satu penyebab akun google terkunci adalah dikarenakan lupa password hingga beberapa kali sesudah mencoba untuk login ke akun google kalian. Secara otomatis, Google langsung memblokir sebab tindakan kalian dianggap mencurigakan.

Sebenarnya Google berupaya untuk melindungi akun dari aksi hacker yang bisa meretas data-data akun Google.

2. Aktivitas Akun Google Mencurigakan

Aktivitas yang mencurigakan yang seringkali diwaspadaiGoogle yaitu ketitka ada perangkat lain yang masuk memakai akun email beserta password kalian. Google biasanya akan mengirimkan pemberitahuan meallui email supaya pemilik akun tidak kecolongan.

Karena khawatir terjadinya aksi peretasaan, Google langsung mengunci akun kalian karena alasan keamanan.

3. Hp Hilang

Jika kalian melaporkan kehilangan ponsel, biasanya google akan langsung membantu mengunci akun google. Secara otomatis akun akan terkunci dengaan alasan keamanan agar tidak dapat digunakan kembali oleh orang lain.

Tahap 2 : Membuka Akun yang Terkunci

Setelah mengetahui aktivitas-aktivitas penyebab akun Google yang terkunci otomatis. Kalian hanya perlu membuka akun google yang terkunci dengan cara berikut :

1. Ubah Kata Sandi

Reset password atau ubah kata sandi lewat pemulihan akun. Kalian hanya perlu mengeceknya di link berikut untuk memulihkanya. Namun kemungkinan cara memulihkan akun akan berbeda antara perangkat yang satu dengan yang lainnya.

  • Akses pemulihan akun Google di link berikut : https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in.
  • Masukkan akun email beserta password maupun nomor hp yang didaftarkan.
  • Silahkan masukkan password lama yang diingat.
  • Tekan berikutnya atau next.

Silahhkan ikuti langkah-langkahnya sesuai instruksi. Selamat, kini akun kalian sudah kembali terbuka dengan mereset password-nya.

2. Memulihkan Akun Melalui Google Support

Jika akun terkunci akibat peretasan, Google akan siap membantu melakukan pengamanan akun dari hacker. Cek ulasannya di bawah ini :

  • Akses link ini, login memakai akun email yang diretas.
  • Inputkan password sebelumnya yang diingat.
  • Apabila lupa, pilih pertanyaan lain.
  • Tekan kirim perintah jika ingin memunculkan pemberitahuan yang diterima.
  • Tekan ya jika ingin msuk ke dalam akun google kalian dengan cara menerima permintaan di layar.
  • Kalian akan diminta mengecek pesan singkat atau SMS untuk menginputkan kode verifikasi.
  • Voila! kalian telah berhasil mengembalikan akun Google yang terkunci akibat di hack.

Akun google memang sangat penting, karena semua aktivitas yang dilakukan biasanya diakses melalui akun ini. Jika memang, ada masalah-masalah seperti akun kena hack yang membuat akun terkunci, kalian bisa mengembalikan akun dengan cara di atas.

Sedangkan untuk meminimalisir akun google dimanfaatkan orang lain saat mengaksesnya di perangkat teman, kalian bisa coba cara logout akun Google android sebagai antisipasinya. Bagaimana, apakah informasi di atas sudah cukup jelas dan menjawab semua kegalauan kalian terkait akun Google?

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

4 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago