Cara Cek Garansi Xiaomi

Siapa yang tidak tahu merek smartphone Xiaomi? Gagdet asal China ini sudah merajai pasar ponsel modern tanah air dan menawarkan cara cek garansi Xiaomi yang cepat dan mudah untuk penggunanya. Tak main-main bahwa Xiaomi berhasil menempatkan dirinya sebagai brand android ke-3 dengan penjualan terlaris di Indonesia.

Alhasil, siapapun yang sedang mencari smartphone bisa memilihnya sebagai android berkualitas dengan layanan mumpuni yang tidak perlu diragukan lagi.Walaupun popularitasnya belum seeksis iPhone dan Samsung, tetapi prospek yang diberikan Xiaomi patut diperhitungkan dalam pasar gadget Indonesia.

Hal ini dikarenakan masyarakat lebih memilih ponsel pintar berkualitas dengan harga rendah, sedangkan Xiaomi patut dipilih karena punya kedua aspek tersebut. Apalagi Xiaomi memberikan masa garansi cukup lama sehingga kamu dapat memperbaiki perangkatnya bila terjadi kerusakan secara internal tanpa sepengetahuan kalian.

Untuk memperoleh pelayanan garansi dari Xiaomi, maka kamu bisa mengunjungi gerai resmi terdekat di kota kalian masing-masing. Pasalnya, Xiaomi sudah menyediakan Service Center yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Wajar saja bila persaingan ketat antar brand smartphone yang menawarkan fitur lengkap dengan harga murah sudah dimanfaatkan produsen Xiaomi. Namun, masa garansi jangka panjang menjadi tolak ukur yang belum tentu dimiliki merek ponsel lain.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi
Cara Cek Garansi Xiaomi

Kalian harus tahu bahwa tidak semua produk smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia adalah barang resmi. Produsen tertentu lebih sering import barangnya dari negara asalnya, China untuk pembelinya dan konsumen tidak bakal menerima masa garansi sesuai ketentuan yang diberlakukan pihak Xiaomi Indonesia.

Meski begitu, HP Xiaomi bergaransi distributor yang mayoritas bukan produk legal sehingga pengguna ponsel tidak dapat memperoleh kesempatan perbaikan (service).Sementara itu, HP Xiaomi semua tipe tidak selamanya beredar luas di Indonesia. Kondisi ini membuat sebagian besar penjual lebih sering import produknya langsung dari luar negeri yang sudah bergaransi internasional.

Jika penjualnya responsif dan tanggung jawab, maka kamu bisa dibantu mengurus garansi bila ponselnya mengalami kerusakan (berat atau ringan). Garansi tersebut hanya bisa diterapkan pada negara pembelian perangkatnya, sedangkan harapan klaim garansi di Xiaomi Indonesia sangat tipis sekali.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Resmi dan Terlengkap

Pertama kali membeli smartphone biasanya kalian akan langsung memakai perangkatnya, namun tindakan ini salah besar. Sebab, siapapun harus memeriksa masa garansi ponsel terlebih dahulu dan pastikan smartphone yang dibeli berasal dari gerai resmi Xiaomi dan bukan produk ilegal seperti Black Market.

Untuk memeriksa masa garansi HP Xiaomi, maka kamu bisa mengikuti beberapa prosedur terlengkap dan terupdate seperti di bawah ini :

1. Cara Cek Garansi HP Xiaomi via Phone Box

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk periksa masa garansi HP Xiaomi. Pertama, kamu bisa memeriksa phone box alias kotak ponsel yang menyimpan perangkat baru saat dibeli pertama kali. Apabila produknya resmi, maka kalian bisa melihat logo TAM pada kotaknya.

Kamu harus tahu bahwa TAM adalah distributor resmi Xiaomi di tanah air, tetapi pengguna Xiaomi bisa saja membeli barang palsu dan hal ini harus dihindari sebelum perangkat dibeli.

Untuk memastikan produk yang dibeli adalah barang asli, konsumen bisa memeriksa nomor IMEI yang tercantum pada phone box. Selain itu, Xiaomi bukan hanya bergaransi TAM yang sudah resmi di Indonesia.

Kamu bisa memperoleh HP Xiaomi bergaransi Bless dan Platinum, namun keduanya bukan distributor resmi dan konsumen harus menghubungi salah satu pihak diantara mereka yang butuh proses maupun waktu lebih lama.

2. Cara Cek Garansi HP Xiaomi via Nomor IMEI

Langkah kedua yang patut dilakukan saat memeriksa masa garansi HP Xiaomi adalah mengandalkan nomor IMEI. Kalian bisa mengikuti prosedur lebih canggih dan modern lewat online.

Untuk memastikan perangkat yang dibeli berasal dari distributor, garansi resmi bahkan internasional maka kamu dapat memanfaatkan nomor IMEI. Siapkan HP Xiaomi kalian terlebih dahulu, lalu jalankan seperti biasa dan buka web browser (Google Chrome, Firefox, Opera Mini dll).

Kunjungi URL cek IMEI Kemenperin via https://imei.kemenperin.go.id. Website tersebut sering diakses siapa saja yang ingin memeriksa keaslian smartphonenya masing-masing. Kamu bisa melihat kolom cek IMEI yang dapat dipakai untuk memeriksa IMEI ponsel, apakah sudah terdaftar atau tidak pada database kemenperin.

Jika HP Xiaomi yang dipakai adalah perangkat bergaransi resmi, maka kamu bisa melihat informasi nomor IMEI sudah terdaftar pada portal tersebut.

3. Cara Cek Garansi HP Xiaomi via Online

Prosedur selanjutnya untuk memeriksa masa garansi HP Xiaomi kalian adalah melalui website resmi Xiaomi. Langkah pertama adalah gunakan smartphone kamu dan buka web browser yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet.

Selanjutnya, masukkan URL seperti http://buy.mi.com/id/registration. Kamu hanya perlu memasukkan nomor IMEI lewat kolom yang terlampir, tekan tombol Langkah Selanjutnya untuk memulai pemeriksaan garansi perangkat.

Kamu akan melihat informasi seperti negara pembelian seperti Indonesia bila produk yang dibeli adalah barang resmi. Tak hanya itu, kamu bisa memeriksa seputar waktu produksi serta waktu aktivasi yang menegaskan apakah device service masih berlaku atau habis.

Xiaomi tidak pernah memberikan masa garansi lebih dari 1 (satu) tahun untuk semua pengguna sekaligus konsumen setianya, lantaran semua tipe ponselnya banyak dengan keluhan berbeda.

4. Cara Cek Garansi HP Xiaomi via Website Sertifikasi Ditjen SDPPI

Kalian juga bisa memeriksa periode garansi HP Xiaomi lewat website resmi sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Infomatika yang memaparkan soal pemeriksaan ponsel resmi dan ilegal di Indonesia.

Tutorialnya mudah dan siapa saja bisa melakukannya untuk memastikan perangkat yang digunakan adalah barang legal dan tidak bisa diboikot apalagi dicabut hak miliknya. Gunakan HP Xiaomi kamu dan buka menu web browser terlebih dahulu.

Kemudian, masuk ke URL http://www.sertifikasi.postel.go.id/index.php?/sertifikasi dan gunakan nomor sertifikasi, contohnya adalah 12345/SDPPI/2018 dan nomornya berada pada phone box HP Xiaomi kamu.

Apabila perangkatnya bergaransi resmi TAM, maka kalian bisa melihat kolom konsumen yang mencantumkan ERAJAYA SWASEMBADA, Tbk., PT. Perusahaan tersebut merupakan badan usaha yang memasarkan perangkat Xiaomi resmi di Indonesia.

5. Cara Cek Garansi HP Xiaomi via Website Kemenperin

Langkah terakhir untuk memeriksa masa garansi HP Xiaomi yang bisa dilakukan adalah mengunjungi website resmi Kemenperin. Pertama, buka menu Dial Phone dan masukkan kode angka *#06#.

Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up yang mengarahkanmu ke laman resmi Kemenperin via http://www.kemenperin.go.id/imei. Kamu bisa memasukkan nomor IMEI ponsel dan tekan tombol Simpan, kalian bakal melihat keterangan ponsel secara lengkap seperti IMEI, merek dan model ponsel.

Apakah Ketentuan dan Syarat Garansi HP Xiaomi Mudah?

Demikian informasi tentang cara cek garansi HP Xiaomi resmi dan terlengkap. Kalian harus tahu beberapa aturan dan syarat pengajuan klaim garansi seperti kerusakan hanya berasal secara internal (bukan dari kelalaian pengguna).

Apabila masalah perangkatnya disebabkan diri kamu sendiri, maka kalian bisa membayar sejumlah uang sesuai permintaan gerai resmi Xiaomi dan waktu perbaikan maupun penggantian komponen tidak pernah lebih dari 7 (tujuh) hari.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...