Cara Live Tiktok

Cara Live Tiktok

Bagaimana cara live Tiktok? Tiktok merupakan salah satu aplikasi video pendek yang sudah sangat terkenal hingga di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa membuat video selama 15 detik kemudian membagikannya bersama teman-teman serta jutaan pengguna Tiktok lainnya. Di samping untuk membuat video, aplikasi Tiktok memiliki fitur bernama live streaming, sama seperti yang terdapat di Facebook atau Instagram.

Live Streaming di Aplikasi Tiktok

Seolah tak mau kalah dari aplikasi media sosial lainnya, aplikasi Tiktok baru-baru ini telah meluncurkan layanan live streaming yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Hal ini tak jauh berbeda dengan Instagram dan Facebook, fitur Live yang tersedia di Tiktok sendiri memungkinkan para content creator langsung berinteraksi bersama followers-nya. Dengan demikian akan tercipta interaksi dan hubungan lebih erat.

Read More

Akan tetapi, ada beberapa ketentuan dan syarat yang wajib dipenuhi sebelum menggunakan fitur Live Streaming. Di samping itu, agar banyak orang yang menonton sekaligus dapat menghasilkan uag banyak, Kamu bisa mencoba cara live Tiktok.

Mengenal Fitur Live di Tiktok

Live Tiktok merupakan layanan live streaming di Tiktok yang biasanya memungkinkan penggunanya untuk secara langsung menyapa followers-nya. Apabila para penggemar selama ini hanya bisa melakukan like maupun comment pada video-video menarik dan lucu yang diposting oleh para content creator, kini mereka pun bisa saling berinteraksi di Tiktok live. Dengan adanya Tiktok live tentu saja proses interaksi menjadi lebih nyata.

Sedikit berbeda dari fitur live streaming yang ada di sosial media lain, sebenarnya cara live streaming di Tiktok wajib memenuhi syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Apa saja persyaratannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Persyaratan Mengakses Layanan Tiktok Live

Persyaratan untuk mengakses fitur Tiktok Live sendiri, ada 2 persyaratan yang mesti dipenuhi pengguna Tiktok. Syarat pertama ialah pengguna yang akan melakukan live streaming di Tiktok wajib berusia di atas 16 tahun. Meskipun usia minimal persyaratan mendaftar Tiktok sendiri berusia 13 tahun.

Syarat kedua ialah fitur live di Tiktok hanya berlaku bagi pengguna yang mempunyai setidaknya 1.000 followers. Walaupun jumlah tersebut bisa saja berbeda untuk tiap negara. Tapi tetap saja, jika followers-mu di Tiktok masih sedikit, Kamu pun tidak bisa langsung live di aplikasi Tiktok.

Maka dari itu, jika Kamu masih pemula dalam aplikasi Tiktok, maka Kamu wajib membuat banyak video unik, kteratif serta bermanfaat di Tiktok. Tujuannya agar banyak orang yang tertarik mengikuti akun Tiktokmu.

Selai itu, Kamu juga harus mendownload versi Tiktok terbari. Syarat terakhir ini sebenarnya tidak begitu

Setelah memenuhi ketentuan dan syarat live streaming di Tiktok, Kamu tinggal mengikuti panduan cara live Tiktok di bawah!

Cara Live Tiktok

Cara Live Tiktok
Cara Live Streaming di Tiktok

Melakukan Live Streaming di Tiktok

Jika Kamu sudah penasaran dengan cara live Tiktok, ada beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti supaya Kamu dapat menyampaikan pesan penting, kabar atau hanya sekedar mengobrol bersama pengikutmu saja di Tiktok.

1. Buka Akun Tiktok

Sebelum Kamu melakukan cara live Tikto, pastikan Kamu harus sudah memiliki aplikasi Tiktok terlebih dahulu di Hp/smartphone milikmu. Maka dari itu, Kamu tinggal membuka aplikasi Tiktok terbaru.

2. Mulai Melakukan Live Streaming

Langkah berikutnya tinggal ketuk tombol “+” di tengah layar jika ingin memulai proses live streaming di Tiktok. Jika layar video sudah muncul, gser opsi di bawah tombol recording atau perekam hingga ke bagian ujung kanan. Selanjutnya Kamu akan langsung menemukan opsi Live.

3. Tambahkan Judul dan Caption Menarik

Silahkan tambahkan judul beserta caption menarik agar banyak orang yang tertarik meyaksikan siaran langsung di aplikasi Tiktok. Selain itu, Kamu juga dapat menambahkan filter terlebih dahulu sebelum melakukan live streaming.

4. Tekan Tombol Go Live

Selanjutnya tekan “Go Live” jika ingin memulai live streaming.

Melakukan Live di Tiktok Dengan 2 Perangkat

Kamu juga bisa mencoba cara live Tiktok menggunakan 2 perangkat sekaligus. Berikut ulasannya :

1. Persiapan Perangkat 1

Untuk mempersiapkan perangkat 1, ada beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan berikut :

  • Buka Tiktok lalu masuk ke opsi live, caranya dengan ketuk tanda “+” di beranda Tiktok, kemudian geser ke dalam menu live pada bagian bawah yang bertombol merah. Lalu Kamu bisa ganti yang tadinya selama “15 detik” menjadi “Live”.
  • Jika sudah, pilih “Siarkan di PC/Mac” kemudian pilih opsi “Mulai Siaran Langsung”.
  • Setelah itu, akan muncul live streaming key Tiktok, dari situ akan tertulis “Streaming Key” dan “URL Server”. Silahkan copy keduanya, kunci streaming dan URL Server selanjutnya akan dimasukkan pada streamlabs di perangkat 2. Kamu dapat menyalin URL Server beserta kunci streaming, kemudian kirim pada perangkat yang satunya, Kamu bisa mengirimkannya via SMS atau WhatsApp.
  • Tetap dalam kondisi standby di menu Live serta jangan keluar dari aplikasi Tiktok.

2. Persiapan Perangkat 2 dan Go Live

Cara yang kedua ialah persiapan perangkat 2 dan langsung live di Tiktok. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama buka Google Playstore-mu.
  • Silahkan ketikan “Streamlabs” di kolom pencarian.
  • Unduh dan install Streamlabs.
  • Jika sudah sukses di download, Kamu harus masuk terlebih dahulu dan Kamu bisa melakukan login lewat Youtube, Twitch, Facebook.
  • Setelah login, langsung masuk ke opsi setting di ujung kanan atas dan pilih opsi Account Settings. Setelah itu klik “Setup” di samping Custom RTMP.
  • Tempelkan URL server di kolom URL serta kunci streaming di kolom kunci Stream dan tekan next.
  • Jika muncul tanda peringatan bertuliskan “Exposing Sensitive” tinggal pilih opsi Start Now.
  • Kemudian langkah selanjutnya klik tombol bulat berwarna merah di tengah layar “Go Live”.
  • Dalam  Select Platform, pilih opsi Custom RTMP, lalu next.
  • Selanjutnya isi judul dan tekan Go Live.

Cara live Tiktok memakai 2 perangkat sendiri memang cukup ribet, hanya saja keunggulannya Kamu dapat membaca kolom pada live chat.

Bagaimana Jika Fitur Live Tidak Ada di Tiktok?

Setelah membahas langka-langkah di atas, biasanya tak sedikit orang mengeluh karena tak dapat menemukan live streaming di aplikasi Tiktok. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa membaca ulasan cara mengatasi fitur live streaming tidak tersedia di Tiktok :

  • Sebenarnya layanan Go Live di Tiktok sendiri masih dalam pengujian. Oleh karena itu, layanan ini tidak tersedia bagi semua pengguna.  Oleh karena itu, jika Kamu ingin mengakses fitur ini, harus menggunakan aplikasi Tiktok versi terbaru.
  • Semua pengguna baru-baru ini sedang dibatasi pemakaian kata-katanya. Tiktok telah melarang penggunaan beberapa kata, diantaranya seperti donasi, fan, duet, bff, drama ratu, follow dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya Kamu menggunakan sejumlah kata yang bergantian pada pebuatan video.
  • Ada beberapa faktor yang menyebabkan Kamu tidak dapat melakukan live di tiktok. Salah satunya ialah layanan perekaman video yang menghilang ketika melakukan perekaman. Untuk mengatasinya Kamu tinggal klik ikon “+” di bawah layar. Jika sudah, Kamu akan melihat tombol video di layar.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa live di Tiktok. Pastikan juga Kamu benar-benar memahami cara live Tiktok dan persyaratannya, agar Kamu berhasil melakukan live streaming di Tiktok.

Ulasan Baru:

Related posts