Cara Live Tiktok

Cara Live Tiktok

Bagaimana caraĀ liveĀ Tiktok? Tiktok merupakan salah satu aplikasi video pendek yang sudah sangat terkenal hingga di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa membuat video selama 15 detik kemudian membagikannya bersama teman-teman serta jutaan pengguna Tiktok lainnya. Di samping untuk membuat video, aplikasi Tiktok memiliki fitur bernamaĀ live streaming,Ā sama seperti yang terdapat di Facebook atau Instagram.

Live Streaming di Aplikasi Tiktok

Seolah tak mau kalah dari aplikasi media sosial lainnya, aplikasi Tiktok baru-baru ini telah meluncurkan layananĀ live streaming yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Hal ini tak jauh berbeda dengan Instagram dan Facebook, fitur Live yang tersedia di Tiktok sendiri memungkinkan paraĀ content creator langsung berinteraksi bersama followers-nya. Dengan demikian akan tercipta interaksi dan hubungan lebih erat.

Read More

Akan tetapi, ada beberapa ketentuan dan syarat yang wajib dipenuhi sebelum menggunakan fiturĀ Live Streaming. Di samping itu, agar banyak orang yang menonton sekaligus dapat menghasilkan uag banyak, Kamu bisa mencoba caraĀ live Tiktok.

Mengenal Fitur Live di Tiktok

Live Tiktok merupakan layananĀ live streaming di Tiktok yang biasanya memungkinkan penggunanya untuk secara langsung menyapaĀ followers-nya. Apabila para penggemar selama ini hanya bisa melakukanĀ like maupunĀ comment pada video-video menarik dan lucu yang diposting oleh paraĀ content creator,Ā kini mereka pun bisa saling berinteraksi di Tiktok live. Dengan adanya Tiktok live tentu saja proses interaksi menjadi lebih nyata.

Terkait:  Cara Agar Followers Tiktok Banyak

Sedikit berbeda dari fiturĀ live streaming yang ada di sosial media lain, sebenarnya caraĀ live streaming di Tiktok wajib memenuhi syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Apa saja persyaratannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Persyaratan Mengakses Layanan Tiktok Live

Persyaratan untuk mengakses fitur Tiktok Live sendiri, ada 2 persyaratan yang mesti dipenuhi pengguna Tiktok. Syarat pertama ialah pengguna yang akan melakukanĀ live streaming di Tiktok wajib berusia di atas 16 tahun. Meskipun usia minimal persyaratan mendaftar Tiktok sendiri berusia 13 tahun.

Syarat kedua ialah fiturĀ live di Tiktok hanya berlaku bagi pengguna yang mempunyai setidaknya 1.000Ā followers. Walaupun jumlah tersebut bisa saja berbeda untuk tiap negara. Tapi tetap saja, jikaĀ followers-mu di Tiktok masih sedikit, Kamu pun tidak bisa langsungĀ liveĀ di aplikasi Tiktok.

Maka dari itu, jika Kamu masih pemula dalam aplikasi Tiktok, maka Kamu wajib membuat banyak video unik, kteratif serta bermanfaat di Tiktok. Tujuannya agar banyak orang yang tertarik mengikuti akun Tiktokmu.

Selai itu, Kamu juga harus mendownload versi Tiktok terbari. Syarat terakhir ini sebenarnya tidak begitu

Setelah memenuhi ketentuan dan syaratĀ live streaming di Tiktok, Kamu tinggal mengikuti panduan caraĀ liveĀ Tiktok di bawah!

Cara Live Tiktok

Cara Live Tiktok
Cara Live Streaming di Tiktok

Melakukan Live Streaming di Tiktok

Jika Kamu sudah penasaran dengan caraĀ liveĀ Tiktok, ada beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti supaya Kamu dapat menyampaikan pesan penting, kabar atau hanya sekedar mengobrol bersama pengikutmu saja di Tiktok.

1. Buka Akun Tiktok

Sebelum Kamu melakukan caraĀ live Tikto, pastikan Kamu harus sudah memiliki aplikasi Tiktok terlebih dahulu di Hp/smartphone milikmu. Maka dari itu, Kamu tinggal membuka aplikasi Tiktok terbaru.

2. Mulai MelakukanĀ Live Streaming

Langkah berikutnya tinggal ketuk tombol “+” di tengah layar jika ingin memulai prosesĀ live streaming di Tiktok. Jika layar video sudah muncul, gser opsi di bawah tombolĀ recording atau perekam hingga ke bagian ujung kanan. Selanjutnya Kamu akan langsung menemukan opsi Live.

3. Tambahkan Judul dan Caption Menarik

Silahkan tambahkan judul besertaĀ caption menarik agar banyak orang yang tertarik meyaksikan siaran langsung di aplikasi Tiktok. Selain itu, Kamu juga dapat menambahkan filter terlebih dahulu sebelum melakukanĀ live streaming.

4. Tekan Tombol Go Live

Selanjutnya tekan “Go Live” jika ingin memulaiĀ live streaming.

Melakukan Live di Tiktok Dengan 2 Perangkat

Kamu juga bisa mencoba caraĀ liveĀ Tiktok menggunakan 2 perangkat sekaligus. Berikut ulasannya :

Terkait:  Cara Berjualan di Tiktok Shop dan Raup Untung Besar (5 Step)

1. Persiapan Perangkat 1

Untuk mempersiapkan perangkat 1, ada beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan berikut :

  • Buka Tiktok lalu masuk ke opsiĀ live, caranya dengan ketuk tanda “+” di beranda Tiktok, kemudian geser ke dalam menuĀ live pada bagian bawah yang bertombol merah. Lalu Kamu bisa ganti yang tadinya selama “15 detik” menjadi “Live”.
  • Jika sudah, pilih “Siarkan di PC/Mac” kemudian pilih opsi “Mulai Siaran Langsung”.
  • Setelah itu, akan munculĀ live streaming key Tiktok, dari situ akan tertulis “Streaming Key” dan “URL Server”. SilahkanĀ copy keduanya, kunci streaming dan URL Server selanjutnya akan dimasukkan padaĀ streamlabs di perangkat 2. Kamu dapat menyalin URL Server beserta kunciĀ streaming, kemudian kirim pada perangkat yang satunya, Kamu bisa mengirimkannya via SMS atau WhatsApp.
  • Tetap dalam kondisiĀ standby di menu Live serta jangan keluar dari aplikasi Tiktok.

2. Persiapan Perangkat 2 dan Go Live

Cara yang kedua ialah persiapan perangkat 2 dan langsungĀ liveĀ di Tiktok. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama buka Google Playstore-mu.
  • Silahkan ketikan “Streamlabs” di kolom pencarian.
  • Unduh danĀ install Streamlabs.
  • Jika sudah sukses diĀ download, Kamu harus masuk terlebih dahulu dan Kamu bisa melakukanĀ login lewat Youtube, Twitch, Facebook.
  • SetelahĀ login, langsung masuk ke opsiĀ setting di ujung kanan atas dan pilih opsiĀ Account Settings. Setelah itu klik “Setup” di samping Custom RTMP.
  • Tempelkan URLĀ server di kolom URL serta kunciĀ streaming di kolom kunciĀ Stream dan tekanĀ next.
  • Jika muncul tanda peringatan bertuliskan “Exposing Sensitive” tinggal pilih opsiĀ Start Now.
  • Kemudian langkah selanjutnya klik tombol bulat berwarna merah di tengah layar “Go Live”.
  • DalamĀ  Select Platform, pilih opsi Custom RTMP, laluĀ next.
  • Selanjutnya isi judul dan tekan Go Live.
Terkait:  Cara Melihat History Tiktok

CaraĀ liveĀ Tiktok memakai 2 perangkat sendiri memang cukup ribet, hanya saja keunggulannya Kamu dapat membaca kolom padaĀ live chat.

Bagaimana Jika Fitur Live Tidak Ada di Tiktok?

Setelah membahas langka-langkah di atas, biasanya tak sedikit orang mengeluh karena tak dapat menemukanĀ live streaming di aplikasi Tiktok. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa membaca ulasan cara mengatasi fiturĀ live streaming tidak tersedia di Tiktok :

  • Sebenarnya layanan Go Live di Tiktok sendiri masih dalam pengujian. Oleh karena itu, layanan ini tidak tersedia bagi semua pengguna.Ā  Oleh karena itu, jika Kamu ingin mengakses fitur ini, harus menggunakan aplikasi Tiktok versi terbaru.
  • Semua pengguna baru-baru ini sedang dibatasi pemakaian kata-katanya. Tiktok telah melarang penggunaan beberapa kata, diantaranya seperti donasi, fan, duet, bff, drama ratu, follow dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya Kamu menggunakan sejumlah kata yang bergantian pada pebuatan video.
  • Ada beberapa faktor yang menyebabkan Kamu tidak dapat melakukanĀ live di tiktok. Salah satunya ialah layanan perekaman video yang menghilang ketika melakukan perekaman. Untuk mengatasinya Kamu tinggal klik ikon “+” di bawah layar. Jika sudah, Kamu akan melihat tombol video di layar.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi masalah tidak bisaĀ live di Tiktok. Pastikan juga Kamu benar-benar memahami cara live Tiktok dan persyaratannya, agar Kamu berhasil melakukan live streaming di Tiktok.

Ulasan Baru:

Related posts