Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS

Cara cek saldo BPJS lewat SMS sangat mudah dilakukan. Sebelumnya pengecekan saldo BPJS bisa dilakukan melalui SMS ke 0811-1009-696, akan tetapi saat ini nomor tersebut tidak bisa dipakai kembali. Kini pengguna BPJS bisa menggunakan layanan SMS untuk pengecekan saldo BPJS di nomor baru 2757.

Melalui program BPJS ketenagakerjaan bisa mengurangi beban para pekerja saat ditimpa musibah, entah itu dikarenakan sakit, kecelakaan kerja, hingga meninggal dunia dan BPJS ketenagakerjaan-lah yang akan menanggung semuanya. Dengan begitu, Kamu tidak akan menanggung beban dengan mengeluarkan biaya sendiri.

Kita tahu bahwa biaya layanan kesehatan semakin meningkat setiap tahunnya, mengingat musibah yang terjadi pada setiap orang bisa menimpa kapan saja dan dimana saja. Jadi, jika Kamu sudah terdaftar menjadi anggota BPJS TK, maka tak perlu lagi mengurus biaya-biaya tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan menawarkan banyak sekali layanan bagi para pesertanya, diantaranya Jaminan Haari Tua, dimana Kamu akan menerima sejumlah uang tunai berdasarkan nilai akumulasi dari iuran per bulannya ditambah hasil pengembangan asuransi yang dibayarkan seklaigus. Akan tetapi, persyaratannya ialah peserta BPJS sudah berusia 56 tahun, mengalami cacat total dan meninggal dunia. Selain itu, Kamu bisa mengambil sebagian apabila sudah menjadi anggota BPJS selama 10 tahun berdasarkan ketentuan.

Selain itu, ada juga layanan Jaminan Kecelakaan Kerja dengan manfaat yang Kamu peroleh ialah akan memperoleh layanan kesehatan, berupa pengobatan dan perawatan, Kamu juga akan menerima santunan uang tunai bagi para pekerja yang mengalami cacat dan santunan kematian hingga biaya pemakaman. Ada banyak lagi manfaat ayanan BPJS TK yang bisa Kamu rasakan sebagai tenaga kerja. Dengan demikian, melalui jaminan BPJS ketenagakerjaan Kamu akan merasa lebih tenang dan bisa bekerja dengan maksimal.

Mengingat tidak semua karyawan atau tenaga kerja perusahaan memperoleh informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan, tentu saja Kamu harus melakukan pengecekan saldo BPJS TK sendiri untuk memastikan. Sebenarnya ada beberapa cara pengecekan saldo BPJS TK, termasuk cara cek saldo BPJS lewat SMS, lewat aplikasi, call center hingga website resmi.

Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS

Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS
Mengecek Saldo BPJS Lewat SMS

Mengecek Saldo BPJS Lewat SMS

Jika Kamu tidak bisa mengakses layanan internet, maka Kamu bisa memilih cara cek saldo BPJS lewat SMS dengan mudah. Caranya hanya cukup memasukkan nomor keanggotaan BPJS TK saja lalu kirimkan ke 2757. Akan tetapi, untuk melakukan cara ini Kamu perlu mendaftarkan nomor HP-mu terlebih dahulu ke BPJS TK.

Adapun format pendaftaran layanan pengecekan saldo BPJS TK, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan ketik di layar ponsel, dengan ketik format : DAFTAR(spasi)SALDO#NomorKTP#Nama#TanggalLahir#NomorPeserta, lalu kirim ke 2757.

Perhatikan lagi format penulisan tanggal lahir, berupa (dd-mm-yy). Contoh, jika Kamu lahir di tanggal  10 Juni 1990 maka ketikkan formatnya dengan 10-06-1990.

Misalnya : DAFTAR SALDO#313199991234ooo#Cantika#10-06-1990#01234567

Jika Kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS TK dan terdaftar layanan SMS untuk pengecekan saldo. Berikut panduan cara cek saldo BPJS lewat SMS yang bisa Kamu coba, di bawah ini :

  • Persiapkan terlebih dahulu kartu BPJS TK milikmu.
  • Jika sudah, silahkan kirim SMS melalui format ketik : SALDO(spasi)nomor peserta BPJS.
  • Setelah itu kirim ke nomor 2757.
  • Silahkan tunggu sampai Kamu menerima SMS balasan tentang informasi saldo BPJS TK yang Kamu miliki.

Tarif yang dibebankan untuk melakukan cara cek saldo BPJS lewat SMS ini ialah sekitar Rp. 165/SMS. Jadi sebelum Kamu mengirimkan format di atas, pastikan dulu Kamu memiliki pulsa yang cukup untuk SMS ke 2757.

Selain itu, layanan SMS ke nomor 2757 hanya dapat dilakukan bagi peserta yang memiliki nomor operator Indosat, XL dan Telkomsel.

Cara cek saldo BPJS melalui metode SMS ini sebenarnya cara termudah yang bisa Kamu lakukan tanpa harus menggunakan kuota internet. Akan tetapi jika Kamu kesulitan atau belum mendaftar layanan SMS, Kamu bisa menggunakan cara lainnya.

Mengecek Saldo BPJS Lainnya

Selain mengecek saldo BPJS lewat SMS, Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan panduan berikut ini :

1. Cek Saldo BPJS di Kantor BPJSTK Terdekat

Nah, cara ini bisa dilakukan jika cara cek saldo BPJS lewat SMS tidak bisa dilakukan karena Kamu belum mendaftar layanan SMS. Solusi yang bisa Kamu coba ialah dengan mendatangi kantor BPJS TK terdekat secara langsung, lalu jumpai petugas BPJS untuk meminta cetakan slip saldo jaminan BPJS K. Kamu juga bisa menanyakan perihal layanan pengecekan saldo BPJS secara online seperti mendaftar aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, agar pengecekan saldo bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS terdekat.

2. Cek Saldo BPJS TK Melalui ATM BNI

Bagi anggota BPJS ketenagakerjaan yang menggunakan rekening BNI dan memiliki kartu ATM BNI, kamu bisa melakukan pengecekan saldo BPJS di ATM BNI. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan datang ke gerai mesin ATM BNI terdekat.
  • Jika sudah, masukkan kartu ATM BNI dan inputkan nomor PIN-nya.
  • Lalu pilih “Cek Saldo BPJS”.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan informasi saldo kartu BPJS TK yang tertera di layar mesin ATM.
  • Sesudah melakukan pengecekan saldo, pastikan untuk mengambil kartu ATM BNI-mu kembali.

3. Cek Saldo BPJS TK Melalui Aplikasi BPJSKTU

Jika Kamu belum menanyakan perihal layanan aplikasi BPJSTKU untuk mengecek saldo BPJS ke petugas BPJS TK, Kamu bisa mengikuti panduan cara cek saldo BPJS TK lewat aplikasi BPJSTKU di bawah ini :

  • Silahkan unduh aplikasi BPJSTKU di App Store bagi pengguna iOS atau di Google Play Store bagi pengguna android.
  • Setelah itu, klik menu “Pendaftaran Pengguna Baru”.
  • Selanjutnya, silahkan pilih jenis keanggotaan BPJSmu. Sebenarnya ada 3 opsi yang bisa Kamu pilih, diantaranya Pekerja Migran Indonesia (PMI), Penerima Upah (PU), dan Bukan Penerima Upah (BPU). Misalnya, jika profesimu sebagai pekerja atau karyawan swasta, maka Kamu bisa memilih PU.
  • Silahkan lengkapi data dirimu lengkap sesuai dengan KTP.
  • Kemudian isi nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaanmu.
  • Lalu masukkan alamat akun email yang digunakan sebagai nama pengguna saat login.
  • Jika sudah, silahkan buka inbox emailmu lalu inputkan kode verifikasi atau OTP yang telah dikirimkan pada aplikasi tersebut.
  • Adapun tahap selanjutnya, silahkan isi nomor HPmu.
  • Masukkan kode verifikasi kembali yang telah dikirimkan lewat SMS.
  • Silakan buat kata sandi atau password yang akan dipakai untuk login.

Pendaftaran pun sudah selesai Kamu lakukan, kini Kamu bisa memakai aplikasi BPJSTKU secara langsung. Silahkan pilih “Lihat Saldo” jika ingin melakukan pengecekan saldo BPJS TK.

Selain cara cek saldo BPJS lewat HP yang bisa Kamu gunakan, Kamu juga bisa melakukan pengecekan saldo BPJS melalui aplikasi, di ATM BNI dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Cek Saldo BPJS TK Mudah

Ada banyak manfaat dan kemudahan dengan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Karena BPJS TK mempunyai fungsi penting bagi keuangan di masa mendatang. Jadi, jangan sampai Kamu tidak memiliki tabungan di masa tua.

Demikian informasi mengenai cara cek saldo BPJS lewat SMS, online dan datang langsung ke kantor BPJS TK. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019