Cara Cek Angsuran BRI

Tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah angsuran pinjaman di BRI. Tahukah Kamu cara cek angsuran pinjaman BRI. Berikut ini ulasan singkat cara cek angsuran BRI.

Di masa mendatang tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Ada sebagian orang melakukan berbagai cara untuk masa depan, seperti berinvestasi dengan uang sendiri, mendirikan usaha tetapi masalahnya kekurangan modal.

Atau tiba-tiba rumah rusak, akibat sudah rapuh dan keropos yang saatnya direnovasi segera. Ini sebagian problematika kehidupan yang tandanya perlu pinjam uang ke bank. Melihat keadaan ini rasanya tidak mungkin menunggu tabungan mencukupi.

Masalah lain terkadang muncul secara mendadak, yaitu anggota keluarga tiba-tiba sakit parah butuh biaya untuk berobat dan kebutuhan lainnya. Melihat keadaan itu membuat panik, karena tabungan tidak mencukupi keadaan juga sudah begitu mendesak. Jadi, suka atau tidak suka bagaimana cara mencari pinjaman segera dengan pinjam uang ke bank sebagai alternatif terakhir.

Terkadang bingung mau pilih bank yang mana sebagai tempat pinjam uang. Ada banyak jenis bank di negeri ini, dari bank swasta sampai bank milik BUMN dengan keunggulan produk pinjaman masing-masing.

Bank BRI bisa jadi pilihan, dari deretan bank yang ada di Indonesia. BRI salah satu bank yang layak menjadi tempat mengajukan pinjaman. Alasannya BRI memiliki berbagai keunggulan dan banyak jenis pinjaman yang bisa dipilih nasabah.

Jenis Produk Pinjaman BRI

BRI dikenal memilki beragam produk pinjaman yang bisa menjadi pilihan nasabah. Produk pinjaman BRI antara lain: Kredit Usaha Rakyat, Kupedes, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor dan Briguna Karya

Briguna Karya satu dari deretan jenis produk pinjaman milik BRI yang berbasis Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Kredit Tanpa Angunan, adalah bentuk pinjaman yang tidak membutuhkan kolateral, dapat untuk berbagai kebutuhan dari produktif sampai konsumtif.

BRIGuna ditujukan bagi pegawai atau karyawan memiliki penghasilan tetap. Keuntungan BRIGuna bila nasabah tidak bisa membayar angsuran, karena meninggal dunia angsurannya dibayar asuransi dan bisa dapat melakukan secara online.

Hal Penting Mendapat Perhatian Sebelum Pinjam ke Bank

Keputusan pinjam ke bank sudah bulat, tetapi ada hal lain yang penting mendapat perhatian sebelum pinjam uang ke bank, yakni; jangka waktu. Alasannya besarnya angsuran ditentukan dari jangka waktu.

Semakin panjang jangka waktu, maka semakin kecil jumlah anguran yang harus dibayar. Tidak kalah penting dalam meminjam bank, yakni: lamanya pinjaman bank. Dari perhitungan lamanya pinjaman bank menjadi cara sederhana memperhitungkan keuangan di masa depan. Memilih jenis pinjaman juga penting mendapat perhatian, alasannya pilihan yang tepat dalam memilih jenis pinjaman sesuai kebutuhan akan menentukan masa depan.

Apakah ada juga diantara kamu yang berlangganan layanan tv dirumah? Sudah tahu bagaimana cara cek angsuran home credit bukan? Jika sudah, silahkan lanjut baca artikel hingga akhir ya.

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat KUR BRI salah satu produk pinjaman yang dimiliki ditujuka para pelaku bisnis mikro, kecil dan menengah. KUR diproses hanya untuk nasabah yang memiliki usaha setidaknya berumur 6 bulan.

Ada tiga jenis KUR, yaitu KURritel, KURmikro dan KURTKI dengan keunggulan masing-masing. Hal lain sebelum meminjam uang ke bank penting mendapat perhatian. Apakah pinjaman tersebut membantu keuangan ataukah malah membuat makin kusut hingga nantinya muncul kredit macet dikemudian hari

Penyebab Kredit Macet

Ketika melakukan pengajuan kredit di BRI disetujui, maka pembayaran kredit setiap bulan dengan cara cicilan dan angsuran sesuai perjanjian. Namun, entah bagaimana awal ceritanya kemudian terjadi kredit macet.

Kredit macet terjadi akibat keterlambatan nasabah membayar pokok pinjaman yang melewati jatuh tempo. Ada sejumlah penyebab membuat kredit macet mulai usaha yang dijalankan nasabah mengalami kegagalan, kondisi keuangan menurun hingga faktor kesengajaan pembayaran yang tidak waktu.

Cara Cek Angsuran BRI

Cara Cek Angsuran BRI
Cek Angsuran BRI

Nasabah wajib mengetahui sisa pokok pinjaman yang ada di BRI. Alasannya, untuk sekedar mengetahui berapa banyak pokok pinjaman yang telah dicicil selama ini. Atau karena masalah kredit macet membuat lupa berapa jumlah angsuran yang harus dibayar dan bagaimana cara cek angsurannya tersebut.

Berikut ini cara cek angsuran BRI lewat internet banking:

  • Buka internet https://ib.bri.co.id/ dan login
  • Klik menu rekening
  • Klik Rincian pinjaman
  • Klik nomor rekening pinjaman, dan dari sini dapat melihat detail berapa jumlah pinjaman yang harus dibayar.

Cara Cek Angsuran Kartu Kredit BRI

1. Lewat ATM BRI

  • Masukan kartu ATM ke mesin, lalu masukan PIN secara benar
  • Klik menu pembayaran
  • Pilih menu kartu kredit
  • Nama Bank BRI
  • Masukan nomor kartu kredit
  • Tunggu sebentar mesin atm akan secara otomatis memperlihatkan jumlah tagihan yang harus dibayar

2. Lewat Internet Banking BRI

  • Masuk akun internet banking BRI.
  • Pilih menu pembayaran
  • Pilih Kartu Kredit
  • Pilih BRI
  • Masukan nomor kartu kredit tunggulah sesaat mesin secara otomatis akan memperlihatkan total tagihan yang harus dibayar

3. Hubungi Call Center BRI

Cara lain cek angsuran KPR BRI caranya mudah cukup hubungi 14017 pada jam kerja. Call center BRI ini dapat bertanya berapa jumlah tagihan kartu kredif, atau bertanya seputar kartu kredit.

4. Lewat SMS Banking

Cara mudah cek cara angsuran KPR BRI lewat sms banking. Sebelum buka sms banking harus daftar nomor ponselnya di sms banking berikutnya

  • Buka menu SMS atau Pesan pada ponsel
  • Ketik spasi BRI spasi BS spasi nama#nomorkartukredit#tanggal lahir#email lalu kirim 99333.
  • Tunggu sebentar nanti akan mendapat balasan tentang tagihan, minimum pembayara, dan jatuh tempo

5. Lembar Tagihan

Setiap nasabah kartu kredit BRI akan memiliki lembar tagihan yang dikirim pihak bank setiap bulan. Dari lembar tagihan dapat melihat secara lengkap berapa jumlah tagihan kartu kredit yang harus dibayar.

Sebelum lanjut, kamu disarankan juga untuk tahu perihal cara cek angsuran adira, cara cek angsuran FIF, atau pun cara cek angsuran mandiri tunas finance yang mana tentunya akan sangat berguna untukmu dikemudian hari.

Cara Cek Angsuran KPR BRI

Ketika angsuran KPR telah berjalan, terkadang ingin sekedar mengetahui berapa cicilan& angsuran KPR BRI yang harus dibayar. Ada beberapa cara cek sisa cicilan KPR BRI dengan mudah dan praktis yang wajib dicoba, sebagai berikut:

1. Melalui Internet Banking

Cara mudah cek angsuran KPR BRI:

  • Akses ib.bri.co.id lewat smartphone atau PC lalu Login.
  • Klik menu rekening
  • Klik menu rincian pinjaman
  • Klik nomor rekening pinjaman

Cara ini mudah dan menjadi cara sederhana mengetahui sisa cicilan KPR BRI.

2. Melalui Email

Lewat email callbri@bri.co.id menjadi cara mudah mengetahui cicilan KPR BRI. Caranya mudah tulis nomor rekening berikut nama pemilik rumah kirim ke callbri@bri.co.id

3. Lewat Telpon

Panggilan telephon seluler di nomor 14017 atau 1500017 bisa digunakan cek angsuran cicilan KPR BRI. Atau dari nomor telephon 14017 ini bisa bertanya seputar KPR BRI.

Bagi yang tengah kredit kendaraan, jangan lupa ya untuk mengecek angsuran oto motor. Agar kamu bisa selalu cek angsuran motor milikmu kapanpun dan dimanapun.

Itulah cara cek angsuran BRI yang bisa menambah informasi dan pengetahuan. Jika bermanfaat untukmu, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman teman kamu lainnya.

Suryati Ningsih
Content Writer from Magelang, Jawa Tengah ID. Also as Blogger, Traveler, Freelancer, and Blogger Wisata