Cara Cek Resi Shopee

Bagaimana cara cek resi Shopee? Shopee adalah salah satu aplikasi belanja online populer dan terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, Shopee juga dinobatkan sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Secara umum aplikasi belanja online yang sudah tersebar luas di Asia Tenggara ini mempunyai berbagai macam layanan berkualitas.

Kamu juga bisa menemukan produk apa saja hanya dengan mengunduh aplikasinya secara gratis. Shopee juga sudah bekerja sama dengan beberapa jasa ekspedisi maupun agen pengiriman barang terbaik. Selain itu, Shopee menawarkan beragam kemudahan dan kenyamanan bagi kalian untuk membeli dan mendapat berbagai macam barang impian.

Siapa saja bisa mengunduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Kamu bisa menemukan barang apapun dari harga ribuan sampai jutaan dengan promo berbeda setiap hari. Sementara itu, pembelian barang di Shopee belum dibilang aman bila kalian tidak memeriksa nomor resinya.

Umumnya nomor pesanan bakal kamu dapatkan setelah barang diambil kurir ekspedisi yang diandalkan. Resi tidak boleh dibagikan kepada siapapun demi mencegah kesalahan bahkan barang tertukar akibat nomornya diperiksa orang lain. Kamu bisa mengecek resi Shopee melalui aplikasi resmi maupun website internet yang dapat diakses secara gratis.

Cara Cek Resi Shopee

Cara Cek Resi Shopee
Cara Cek Resi Shopee

Shopee juga ambil peran dalam memantau proses pengiriman barang melalui jasa ekspedisi yang sudah disediakan. Untuk melacak dan memeriksa pesanan via aplikasinya, maka kamu bisa memeriksa nomor resi melalui salah satu website resmi jasa pengiriman maupun aplikasi Shopee.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lantaran informasi yang ditampilkan selalu akurat dan sesuai dengan lokasi keberadaan barang, sedangkan paketnya selalu dikirim sesuai ekspedisi waktunya. Walaupun sebagian besar pengguna Shopee kurang peduli terhadap resi, namun kamu perlu memeriksanya lewat aplikasi.

Hal ini dikarenakan siapa saja bahkan kamu sendiri bisa saja membutuhkan barang yang dipesan saat ini juga. Oleh karena itu, kalian dapat menyalin nomor pesanan alias resi yang sudah dikeluarkan untuk diperiksa melalui situs resmi salah satu jasa pengiriman. Apabila kamu tidak tahu, maka bisa mengeceknya lewat aplikasi Shopee.

Cara Cek Resi Shopee Aman dan Termudah

Resi Shopee bisa diperiksa melalui aplikasi maupun website di internet. Kamu perlu mencoba pemeriksaan lewat aplikasi Shopee terlebih dahulu untuk memastikan informasi yang diberikan jasa pengiriman sesuai atau tidak. Selain itu, proses pengecekan resinya tidak memakan waktu lama lantaran kamu cukup mengikuti instruksi yang disediakan. Kamu juga bakal tahu sudah sampai mana barang yang dipesan. Beberapa cara pengecekannya yaitu :

Cek Resi Shopee via Aplikasi Utama

  • Buka aplikasi Shopee dari smartphone kalian.
  • Gunakan email dan password yang sudah didaftarkan, tekan tombol Login.
  • Pilih menu Saya.
  • Cari menu Kirim pada bagian belanjaan saya.
  • Pilih nama barang yang sedang dikirim.
  • Geser layar ke bawah hingga ke menu Status Pengiriman.
  • Tekan tombol Lacak.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi soal detail pengiriman barang.
  • Selesai.

Cek Resi Shopee Express via Internet

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu Saya.
  • Tekan tombol Pesanan Saya.
  • Cari salah satu barang yang sedang dikirim untuk diambil nomor resinya.
  • Apabila nomor resi sudah didapatkan, kunjungi website resmi Shopee Express dari smartphone kalian.
  • Masukkan nomor resi, tekan tombol Track.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi soal paket kiriman kamu.
  • Selesai.

Cara Lacak Status Pengiriman Shopee

  • Buka aplikasi Shopee dari smartphone kalian.
  • Pilih menu Saya.
  • Tekan tombol Dikirim.
  • Pilih menu Rincian Pesanan.
  • Cari menu Lihat pada halaman Rincian Pesanan.
  • Periksa status pesanan kalian.
  • Menu Pesanan Diterima bakal berwarna menjadi orange dari abu-abu bila pesanan pindah ke opsi Dikirim dalam waktu 1×24 jam.
  • Jangan menekan tombol Pesanan Diterima sebelum menerima barang dan produk masih dalam masa garansi.
  • Selesai.

Bagaimana Bila Pesanan Belum Diterima Konsumen?

Apabila pesanan yang kalian beli belum tiba ke rumah, maka kamu bisa mengajukan pengembalian barang. Akan tetapi, kalian juga bisa mengajukan perpanjangan masa garansi. Kami sarankan kalian tidak boleh menekan tombol Pesanan Sudah Diterima dari aplikasi Shopee bila barang tak kunjung diterima sampai saat ini. Pasalnya, Shopee bakal langsung memproses servernya dan memastikan barang sudah tiba meski sebenarnya belum sampai ke rumah konsumen.

Mengapa Pesanan Tak Kunjung Diterima Konsumen?

Secara umum pesanan apa saja yang tak kunjung diterima konsumen biasanya disebabkan beberapa alasan. Kamu mungkin tidak menulis alamat tujuan secara lengkap sehingga Shopee agak sulit memproses pengiriman barang. Selain itu, kendala teknis dari pesawat yang mengirim barang dari luar kota bahkan provinsi bisa saja menimbulkan keterlambatan saat pengirimannya. Kamu harus tahu kendala ini sehingga tidak dapat menyalahkan pihak Shopee terus menerus.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Paket Tiba Tepat Waktu?

Kamu bisa memeriksa nomor resi secara berkala agar pesanan dapat tiba tepat waktu. Tak hanya itu, pastikan diri kamu selalu berada di rumah supaya barang bisa diterima oleh tangan kalian sendiri. Hal ini dikarenakan kurir jarang bahkan tidak pernah memberikan pesanan kepada anggota keluarga maupun tetangga.

Apabila kalian sebagai penerima sedang tidak ada di rumah atau alamat tujuan, kurir akan menyimpan pesanan di kantor ekspedisi masing-masing. Apabila kalian ingin memperoleh pesanannya, maka kamu bisa datang langsung ke kantor ekspedisi tersebut.

Kamu juga bisa menghubunginya melalui nomor ponsel yang tersedia, serta memeriksa nomor resi apakah sesuai dengan barang pesananmu atau tidak. Meski begitu, keberadaan layanan cek resi via aplikasi Shopee membuat pelanggan bisa memesan atau memeriksa barang dengan mudah. Pastikan dirimu selalu periksa nomor resi agar paket dapat sampai tanpa kendala.

Apakah Pesan Barang di Shopee Bisa Tiba Lebih Cepat?

Kamu bisa memesan barang apa saja di Shopee dan paketnya dapat tiba ke alamat tujuan lebih cepat. Bagaimana caranya? Kalian cukup memilih jasa ekspedisi yang disediakan Shopee seperti GoSend atau Grab Express melalui menu pengiriman Instant/Sameday.

Tak hanya itu, nomor telepon kurir dan namanya juga bakal terlampir pada status pengirimannya. Untuk memastikan barang bakal tiba pada hari yang sama, tekan nomor telepon agar kamu dapat tersambung dengan kurir. Kamu juga bisa hubungi customer service Shopee via website resminya di https://www.shopee.co.id/.

Tips dan Trik Belanja Aman di Shopee

Untuk memastikan belanja selalu aman dan nyaman, maka kamu bisa memperhatikan estimasi waktu pengiriman terlebih dahulu. Apabila barang yang dipesan bersifat darurat, kalian harus mengandalkan layanan instant untuk pengiriman produk pada hari yang sama setelah pemesanannya. Jangan lupa memeriksa nomor resi lewat aplikasi Shopee atau website pengecekan nomor pesanan yang bisa diakses secara gratis dengan hasil pemeriksaan akurat.

Demikian ulasan mengenai cara cek resi Shopee aman dan paling mudah. Jangan lupa memperbarui aplikasi Shopee ke versi terbaru untuk menikmati beragam fasilitas dan promo menarik yang diberikan setiap hari. Shopee juga menghadirkan layanan gratis ongkos kirim untuk konsumennya, terutama pengguna ShopeePay. Kamu bisa memperoleh barang apa saja dengan harga rendah, namun berkualitas yang sudah dijamin kualitas dan originalitasnya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...