Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

Bagaimana cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan? Ya, sebagian orang mungkin ada yang menyebut nomor BPJS ketenagakerjaan sebagai nomor KPJ, nomor referensi BPJS ketenagakerjaan, no kartu BJPS ketenagakerjaan, no kartu BPJamsostek, atau yang lainnya.

Namun sebenarnya semua itu sama saja, hanya sebutannya saja yang berbeda. Semuanya sama-sama merujuk pada nomor seri BPJS ketenagakerjaan. Jadi, Kamu tak perlu bingung lagi dengan banyaknya istilah yang beredar di internet.

Sama halnya dengan nama BPJS ketenagakerjaan, BPJamsostek, BPJS TK, dan Jamsostek, yang maksudnya sama saja. Jadi tak ada sedikitpun perbedaan pada sebutan tersebut.

Selain itu, sebutan lembaga asuransi jaminan sosial ketenagakerjaan dair Pemerintah ini memang sudah berganti nama hingga beberapa kali.

Dulu sekali, sebelum namanya menjadi BPJS ketenagakerjaan, kita sering mendengar istilah ASTEK (Asuransi Tenaga Kerja). Kemudian berganti nama lagi menjadi JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Selain itu, berganti lagi namanya menjadi BPJS TK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan).  Apapun itu, yang pasti semuanya merujuk ke lembaga yang sama.

Pentingnya Mengetahui Nomor BPJS TK

Bagi yang masih belum paham tentang cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, dalam pembahasan kali ini Kami akan mencoba mengulas tentang permasalahan tersebut.

Meskipun sebenarnya mudah sekali, namun Kami yakin masih banyak pengguna atau anggota BPJS TK yang belum memahami bagaimana cara pengecekan nomor KPJ ini.

Lalu, untuk apa sih nomor KPJ itu sendiri? Sebenarnya nomor KPJ atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri penting untuk berbagia kebutuhan, seperti ketika hendak mendaftat aplikasi BPJSTK mobile, layanan SMS, dan untuk dicantumkan pada surat keterangan atas kehilangan kartu BPJSTK dari pihak kepolisian.

Terkait:  Cara Cek Penerima PKH

Selain itu, saat Kamu hendak mengajukan pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) baik itu yang 10%, 30% maupun yang 100%, Kamu harus menuliskan nomor KPJ di dalam formulir.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak keperluan administrasi yang lainnya yang memerlukan BPJS Ketenagakerjaan. Singkatnya, penting sekali untuk para peserta kartu BPJS TK mengetahui nomor referensi BPJS TK mereka.

Namun perlu Kamu ketahui, ada perbedaan sedikit yang terdapat antara kartu BPJS TK dan kartu Jamsostek. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa BPJS Tenaga kerja yang kita tahu saat ini awalnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Jadi bagi peserta lama, saat lembaga tersebut bernama Jamsostek, maka nama kartunya mash KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek. Sedangkan para peserta baru, kini kartunya berupa BPJS TK yang logonya sudah berganti.

Adapun nomor seri/refernsi di BPJS Ketenagakerjaan maupun di KPJ itu sendiri, sama-sama terdiri dari 11 digit.

Namun perbedaannya, jika pada kartu Jamsostek lama 11 digit tersebut tidak hanya berisi angka/nomor saja, tetapi terkadang diselipkan huruf. Sedangkan nomor referensi kartu BPJS TK, 11 digit tersebut berisi angka semua.

Pada kartu BPJS TK baru, di samping mencantumkan nomor seri/kepesertaan BPJS tenaga kerja, juga bisanya menyelipkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP.

Adapun nomor kepesertaannya ada di bawah NIK. Selain itu, ada pula kartu BPJS TK khusus bagi program JP (Jaminan Pensiun), dimana nomor referensi tersebut ditambah oleh 3 digit angka nol yang terdapat di bagian belakang nomor.

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan
Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Jika kartu BPJSTK hilang dan tidak ingat nomor kepesertaan atau KPJ-nya, maka berikut Kami bagikan informasi mengenai cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini :

Terkait:  Cara Cek Samsung SEIN

Menghubungi Pihak HRD Perusahaan

Cara pengecekan nomor BPJS ketenagakerjaan jika kartu BPJS TK-mu hilang ialah dengan cara menghubungi bagian personalia atau HRD perusahaan. Hal ini dikarenakan pihak HRD merupakan pihak atau divisi yang paling mengetahui tentang data kepesertaan kartu BPJSTK karyawannya sebagai peserta.

Selain itu, sebaiknya Kamu meminta surat keterangan masih bekerja, agar bisa meminta ganti kartu BPJS yang hilang. Jika statusmu sudah tak bekerja lagi di perusahaan tersebut, Kamu bisa meminta perusahaan sebelumnya untuk membuat surat keterangan jika Kamu pernah menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Surat keterangan ini nantinya akan dilampirkan ketika Kamu membuat laporan kehilangan di kepolisian, sekaligus sebagai syarat untuk klaim dana JHT apabila kartu BPJSTK milikmu hilang.

Namun terkadang, tak jarang kita temui kasus saat sudah berhenti bekerja di sebuah perusahaan, tapi perusahaan belum sama sekali memberikan kartu BPJSTK atau menahan kartu tersebut.

Setiap kita menanyakan, justru pihak perusahaan seolah tidak merespon atau bahkan kurang memuaskan saat memberikan jawaban.

Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi? Apakah kita masih bisa mengetahui nomor kartu BPJSTK? Tentu bisa, Kamu bisa menggunakan alternatif cara berikut ini!

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BPJSTK Terdekat

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan selanjutnya ialah dengan mencoba mengunjungi kantor BPJSTK terdekat dari tempat tinggalmu.

Jika Kamu ingin mendapatkan nomor kepesertaan kartu BPJSTK, syaratnya Kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli, Kartu Keluarga (KK) Asli, biodata diri dan nama ibu kandung.

Apabila pihak perusahaan yang mendaftarkanmu sebagai peserta kartu BPJ, dan data-data yang telah diberikan cocok, petugas pun bisa langsung menelusuri nomor seri atau kepesertaan KPJ yang Kamu miliki.

Lalu, bagaimana jika sudah datang langsung ke kantor BPJSTK terdekat untuk mendapatkan informasi tentang nomor KPJ, tapi ternyata petugas BPJSTK tersebut enggan menginformasikan nomor kepesertaan BPJS TK karena alasan tertentu? Nah, jika hal ini terjadi, Kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

Terkait:  Cara Cek Kuota 3 4G

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mengunjungi Situs Lapor.go.id

Lapor.go.id adalah website resmi yang telah disediakan pemerintah sebagai wadah pengaduan masyarakat yang bisa dilakukan secara online. Jika Kamu kebetulan ingin mengetahui nomor kartu BPJSTK atau Jasostek, maka Kamu bisa memilih alternatif yang satu ini. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan kunjungi web resmi www.lapor.go.id, kemudian silahkan lakukan pendaftaran. Jika sudah, tulis pengaduan dan terangkan permasalahan yang Kamu alami dengan sedetail mungkin. Selain itu, jelaskan pula hal-hal yang sudah diusahakan sebelumnya demi mendapatkan informasi tentang nomor KPJ.
  • Selain itu, jangan lupa memberikan data diri lengkap, berupa nomor KK, NIK KTP, alamat, tempat tanggal lahir, nama Ibu kandung, email, dan nama perusahaan yang telah menerbitkan BPJSTK-mu yang hilang.
  • Selanjutnya pesan pengaduanmu akan langsung diteruskan ke pihak BPJSTK, silahkan tunggu dan pastikan untuk melakukan pengecekan akunmu secara rutin di situs tersebut. Apabila data-data yang Kamu berikan valid, maka mereka pun akan langsung memberikan informasi mengenai nomor BPJS yang hilang.

Berdasarkan beberapa kasus, cara yang satu ini dirasa cukup berhasil sehingga kita bisa mengetahui nomor peserta BPJSTK.

Selanjutnya, apabila nomor KPJ atau BPJSTK sudah bisa diketahui, Kamu tinggal membuat surat atas kehilangan kartu BPJSTK di kepolisian untuk pencairan JHT BPJSTK.

Nah, itulah 3 ulasan cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan informasi tentnag nomor kepesertaan BPJS TK milikmu. Semoga bermanfaat!

Related posts