Cara Cek HP Disadap

Kamu pasti belum tahu cara cek HP disadap, bukan? Secara umum penyadapan data-data ponsel sering terjadi bahkan nyaris dialami semua orang. Hal ini dikarenakan kalian tidak mengamankan perangkat secara efektif sehingga passcode atau data pribadi dilihat orang lain.

Meski begitu, seiring berjalan waktu rupanya beberapa oknum tertentu mengandalkan software khusus untuk meretas bahkan mengendalikan HP siapa saja sebagai korban utamanya. Hal ini dikarenakan sasarannya punya rahasia penting yang tidak boleh diketahui orang lain, baik itu aplikasi sampai percakapan pribadi pada sosial media.

Rasa penasaran tersebut membuat orang lain nekat dan ingin menyadap HP korbannya dengan bantuan aplikasi khusus. Kalian perlu hati-hati bila terjadi penyadapan ponsel lantaran orang-orang awam yang kurang paham biasanya tidak menyadari HP mereka sedang disadap, meski sedang dipakai komunikasi atau internet.

Pelaku biasanya melancarkan aksinya dari jarak jauh dengan mengoperasikan salah satu aplikasi yang terpasang pada ponselmu, terutama media sosial seperti WhatsApp. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut menyimpan data penting dan privasi milik dirimu sendiri. Kenapa WhatsApp? Aplikasi ini masih menjadi pusat obrolan semua orang serta lokasi penyimpanan data apa saja sehingga kalian harus merahasiakannya dengan passcode atau sistem keamanan tinggi.

Cara Cek HP Disadap

Cara Cek HP Disadap
Cara Cek HP Disadap

Kamu harus tahu beberapa hal yang menjadi ciri-ciri sebuah ponsel sedang disadap. Kalian bakal menemukan suatu hal tidak wajar seperti suara bising padahal ponselnya tidak dimainkan, bahkan suara tersebut muncul saat kamu sedang menelepon seseorang sehingga muncul rasa tidak nyaman saat kamu berbicara via telepon. Jika kalian mengalaminya, maka kami bisa memastikan HP kamu sedang disadap dan ingin diretas oleh orang tidak bertanggung jawab.

Penyadapan ini bukan hanya terjadi via aplikasi umum, namun juga WhatsApp sebagai satu-satunya media sosial yang menjadi sasaran para peretas. Kalian harus waspada bila muncul beberapa pesan aneh bahkan notifikasi yang belum dibuka, tetapi belum dibaca sama sekali. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan untuk menjaga privasi kalian dari siapa saja yang ingin tahu lebih dalam tentang data atau obrolan apa saja yang masih tersimpan untuk tidak disalahgunakan orang lain.

Cara Cek HP Disadap Aman dan Lengkap

Kamu bisa memastikan apakah HP yang dipakai sedang disadap atau tidak. Selain itu, pemeriksaannya bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi yang terbukti aman dan efektif tanpa berisiko terhadap ponselmu. Kalian bisa mengunduhnya via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) secara gratis dengan pemakaian sangat mudah. Maka dari itu, beberapa metode yang bisa dilakukan untuk memeriksa penyadapan ponsel adalah :

Cek HP Disadap dengan Flexispy

Flexispy adalah aplikasi keamanan yang bisa melindungi ponsel dari penyadapan. Selain itu, aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti anti sadap yang disebut sebagai Flexi Shield. Bagaimana kinerjanya? Flexispy bekerja dengan melindungi dan menyembunyikan semua data ponsel kalian dengan passcode khusus. Semua rutinitas kalian mulai dari SMS sampai telepon bakal dilindungi, serta mampu memblokir kontak ponsel dan Flexispy bisa diunduh via website resminya.

Cek HP Disadap dengan Cellcrypt

Aplikasi keamanan yang tidak kalah penting untuk melindungi HP kalian dari penyadapan adalah Cellcrypt. Kamu bisa memanfaatkannya lantaran punya kinerja dalam melakukan enkripsi data suara lewat menambahkan kode maupun kunci dari percakapan telepon yang kalian lakukan dengan orang lain. Kode tersebut bahkan hanya bisa didengar oleh pemilik ponselnya saja, namun harus menggunakan kode yang sesuai dengan aplikasi Cellcrypt saja.

Cek HP Disadap dengan Frekuensi Telepon

Penyadapan HP biasanya dilakukan orang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan nomor ponsel korbannya. Kronologinya terjadi saat kamu sedang menghubungi seseorang, namun orang lain bisa mendengar percakapanmu. Solusi utamanya adalah menggunakan aplikasi ketiga untuk memastikan HP kalian sedang disadap atau tidak. Aplikasi tersebut bukan hanya melindungi ponsel, namun juga mengamankan semua data dari pengintaian orang lain.

Cek HP Disadap dengan Kode Rahasia

Untuk memastikan HP kamu disadap atau tidak, maka kalian bisa menghubungi kode rahasia lewat ponsel masing-masing. Kalian cukup membuka menu Dial Up atau Telepon, lalu ketik *#06# maupun *#61# dan tekan tombol Call. Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan dari layar ponsel berupa informasi yang sedang dipantau oleh Cyber Crime atau tidak.

Kamu juga bisa melihat nomor IMEI dari layar HP. Apabila nomornya dimunculkan, maka kami bisa memastikan HP kamu tidak disadap. Jika informasi yang ditampilkan adalah IMEI/01 maupun IMEI/02, maka bisa dipastikan HP kalian sedang disadap Cyber Crime (pihak polisi).

Pasalnya, munculnya Sistem Big Data Cyber Security (BDSC) yang terpasang di semua pengguna ponsel. Penyadapan yang dilakukan Cyber Crime juga menjangkau nyaris keseluruhan aplikasi pada HP kamu seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, Telegram, LINE dan lainnya yang hampir digunakan setiap hari.

Apa Saja Ciri HP Disadap?

Kamu harus tahu beberapa hal yang menjadi ciri-ciri HP disadap orang lain. Pertama, kalian tidak bisa login alias masuk ke dalam aplikasi tertentu, contohnya WhatsApp. Apabila kamu keluar atau logout tiba-tiba, maka bisa dipastikan HP kamu disadap orang lain.

Selanjutnya adalah beberapa pesan yang belum dibuka sudah dibaca otomatis. Hal ini mencurigakan karena kalian belum membukanya sama sekali, sedangkan pesan yang telah terbuka itu pasti sudah dibaca orang yang menyadap HP kalian. Kalian patut curiga bila menerima pesan teks (SMS) aneh berisi simbol atau angka yang tidak jelas dari orang lain.

Hal ini dikarenakan kalian sedang diincar atau dimata-matai seseorang yang ingin menyadap HP kamu. Kemudian, ponsel kamu juga tidak bisa dimatikan dan restart pun susah sekali. Waspada terhadap situasi ini lantaran seseorang yang sedang disadap ponselnya cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk mematikan (shut down) ponsel mereka.

Tips dan Trik Cegah HP Disadap

HP disadap orang lain sebenarnya bisa diatasi bahkan dicegah sejak pertama kali kalian mengetahuinya. Langkah awal adalah mengganti password dari akun sosial media yang bisa saja menjadi sasaran sang penyadap secara rutin. Selain itu, kamu harus selalu keluar (logout) dari aplikasi percakapan seperti WhatsApp via situs resminya, yakni https://www.whatsapp.com/ (jika memakai WhatsApp Web).

Sementara itu, hindari penggunaan website tertentu yang tidak jelas domainnya. Hal ini dikarenakan situs-situs internet resmi dan patut diakses biasanya punya domain .com atau .co.id (Indonesia). Apabila kamu pernah atau sedang mengakses website diluar kedua domain tersebut, maka perlu waspada karena bisa saja sang penyadap ingin membaca semua data ponsel via portal itu.

Demikian informasi tentang cara cek HP disadap aman dan lengkap. Untuk meningkatkan keamanan pada ponsel, maka kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi ketiga yang disebutkan di atas. Kami sarankan kalian menerapkan metode tersebut untuk melacak penyadapan HP untuk mencegahnya dari pihak tidak bertanggung jawab. Kamu juga bisa tahu oknum tersebut dengan hasil akurat dan efektif.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...