Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online, Simpel!

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online
Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online

WIGATOS.com | Rekening BRI masih menjadi pilihan banyak orang karena dianggap memiliki limit lebih rendah. Meski begitu, ketahuilah cara cek rekening BRI aktif atau tidak secara online dan offline dengan benar.

Nasabah BRI yang sudah lama memiliki akun bank tersebut, namun jarang dan atau tidak pernah menggunakannya, sebaiknya periksa statusnya sekarang juga. Jika sudah tidak aktif, biasanya kamu akan sulit mengirim atau menerima uang lagi. Alhasil, kamu harus membuat rekening BRI yang baru di kantor cabang terdekat.

Rekening BRI yang sudah tidak aktif ternyata disebabkan oleh hal-hal tertentu. Di samping itu, kamu harus mengetahui semua alasannya, guna mengantisipasi masalah itu terjadi. Untuk menjaga tabungan pribadimu tetap aktif, pastikan saldonya selalu diisi secara berkala.

Penyebab Rekening BRI Tidak Aktif

Tak sedikit orang yang sudah lama menabung di Bank BRI bingung, bahkan heran mengapa rekening mereka tiba-tiba nonaktif. Masalah ini biasanya disebabkan oleh hal-hal tertentu seperti berikut:

  • Aktivitas Mencurigakan
    Pihak BRI biasanya akan menonaktifkan rekeningmu sementara, bahkan permanen jika ada aktivitas mencurigakan yang sudah dilakukan. Pasalnya, kalau aktivitas tidak biasa tersebut sampai diketahui, rekeningmu akan ditutup atau kamu wajib membuat tabungan yang baru.
  • Saldo Kosong
    Penyebab rekening BRI nonaktif berikutnya adalah saldonya habis, bahkan tidak pernah diisi dalam kurun waktu cukup lama. Pihak BRI biasanya akan menonaktifkan tabunganmu, jika kamu tidak pernah menabung, sehingga biaya admin pun tidak perlu dibayar kembali.
  • Salah Transfer
    Bagi kamu yang menerima uang akibat salah transfer, apalagi dalam nominal sangat besar, pihak BRI akan langsung memblokir rekeningmu. Mereka melakukannya agar kamu tidak dapat menggunakan dananya untuk kebutuhan pribadi, di mana hal ini disebabkan kesalahan pihak lain.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online
Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Secara Online

Barangkali kamu ingin tahu apakah rekening BRI yang digunakan masih aktif atau tidak, alangkah baiknya untuk menyimak informasi artikel ini sampai selesai. Pasalnya, kami sudah merangkum beberapa tutorial, supaya kamu bisa memeriksanya sendiri secara online dan offline.

Kamu dapat menggunakan aplikasi e-wallet, hingga ATM untuk membuktikannya. Selain itu, rekening BRI yang masih aktif harus tetap digunakan secara berkala. Kamu bisa kirim atau terima uang, bahkan melakukan transaksi lain supaya tidak diblokir.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat E-Wallet

Kamu harus menggunakan aplikasi dompet digital untuk memastikan, sekaligus mengetahui apakah rekening BRI masih aktif atau tidak. Gunakan DANA, GoPay, OVO dan sejenisnya, sembari mengikuti panduan dari kami dibawah ini:

Langkah 1: Buka E-Wallet

Buka aplikasi e-wallet yang biasa kamu gunakan di HP, misalnya DANA. Masukkan PIN untuk menggunakan layanannya.

Langkah 2: Pilih Menu Kirim

Pada halaman Beranda, tekan tombol Kirim atau Transfer. Opsi ini biasanya terletak di bagian atas, tepatnya dibawah nomor HP kamu.

Langkah 3: Klik Kirim ke Rekening Bank

Kamu bisa mengetuk opsi Kirim Antar Bank atau Kirim ke Rekening Bank. Menu ini wajib dipilih karena proses transfer akan dilakukan ke rekening bank lain.

Langkah 4: Masukkan Nomor Rekening

Pada halaman berikutnya, masukkan nomor rekening BRI kamu ke kolom tersedia. Cek kembali setiap digit, pastikan sudah benar dan tepat.

Langkah 5: Masukkan Nominal Transfer

Jika sudah, masukkan nominal transfer yang akan dikirim ke rekening BRI kamu. Sebagai informasi, kamu dapat mengirim uang mulai dari Rp.10,000. Jangan setor terlalu besar, lantaran kamu hanya ingin uji coba saja.

Langkah 6: Masukkan PIN

Masukkan PIN untuk mengkonfirmasi permintaanmu, tunggu beberapa saat sampai kegiatan transaksi akan diproses.

Langkah 7: Cek Status Transfer

Kamu bisa melihat dan membaca notifikasi transfer yang muncul di layar. Jika berhasil, berarti rekening BRI masih aktif, dan kalau sebaliknya berarti sudah nonaktif dan tidak dapat digunakan lagi.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat Call Center

Nasabah BRI yang ingin mengetahui rekeningnya masih aktif atau tidak, dianjurkan untuk menghubungi call center via panggilan telepon. Kamu dapat mengikuti tutorial dari kami seperti berikut ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu terlebih dulu. Kamu bisa mengetik nomor 14017 atau 1500017, kemudian tekan tombol Panggil atau Call.

Langkah 2: Ikuti Petunjuk yang Diberikan

Jika sudah tersambung, ikuti petunjuk yang diberikan dengan baik dan benar. CS BRI akan memintamu untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada.

Langkah 3: Pilih Menu Info Status Rekening

Kamu bisa memilih menu Info Status Rekening. Jelaskan tujuan panggilan bahwa kamu ingin mengetahui rekening BRI masih aktif atau tidak.

Langkah 4: Sebutkan Nomor Kartu ATM

CS BRI akan memintamu untuk menyebutkan nomor kartu debit, alias setiap digit angka yang tercantum pada kartu ATM BRI kamu.

Langkah 5: Dengarkan Jawaban CS

Kamu bisa langsung mendengar jawaban dari CS BRI, apakah rekening BRI masih aktif atau tidak. Jika panggilan sudah selesai, segera tutup teleponnya.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat BRImo

Nasabah BRI dapat menggunakan aplikasi BRImo, guna memastikan rekeningnya masih aktif atau tidak. Simaklah tutorialnya dengan baik dan benar dibawah ini:

  • Buka aplikasi BRImo melalui smartphone
  • Login dengan username dan password yang aktif.
  • Coba salah satu fitur yang akan digunakan, misalnya Transfer.
  • Cari atau masukkan nomor rekening tujuan.
  • Silakan masukkan nominal uang yang akan dikirim.
  • Masukkan PIN BRImo.
  • Jika ditolak, berarti rekening BRI sudah tidak aktif.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat ATM

Untuk mengetahui rekening BRI aktif atau tidak, nasabah perlu memeriksanya melalui ATM. Tak jauh beda dengan proses transaksi lainnya, kamu dapat melakukannya lewat panduan berikut:

  • Datangi ATM BRI terlebih dulu.
  • Masukkan kartu ATM dan PIN.
  • Cobalah untuk melakukan transaksi apa saja yang diinginkan, misalnya cek saldo atau transfer.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai permintaanmu diproses.
  • Permintaanmu akan ditolak kalau rekening BRI sudah tidak aktif.
  • Jika masih aktif, permintaanmu akan diproses ke tahap berikutnya.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat Kantor Cabang

Jika ingin memeriksa rekening BRI aktif atau tidak secara offline, kamu harus mendatangi kantor cabangnya yang ada didekat rumahmu. Informasi selengkapnya dapat diketahui dan disimak seperti berikut:

  • Persiapkan data diri, buku tabungan dan data pendukung lain yang diperlukan.
  • Datangi KCP BRI terdekat disekitar rumahmu.
  • Ambil nomor antrian ke CS, kemudian tunggu beberapa saat sampai nomormu dipanggil.
  • Temui CS BRI yang berada di samping kanan.
  • Sampaikan kebutuhanmu untuk menanyakan rekening BRI masih aktif atau tidak.
  • CS akan menyampaikan informasi yang harus disimak, lalu diikuti dengan baik.
  • Berikan KTP, buku tabungan dan semua data diri yang sudah disiapkan.
  • Petugas akan menyampaikan informasi tentang status rekening BRI kamu masih aktif atau tidak.

Demikian panduan lengkap tentang cara cek rekening BRI aktif atau tidak secara online dan offline yang perlu diketahui. Jangan biarkan rekeningmu nonaktif, segera isi saldonya atau rutin bertransaksi secara berkala. Semoga membantu!

Related posts