Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen (Penting)💚

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen
Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

WIGATOS.com | Jangan cepat-cepat membuat akun baru jika WhatsApp milikmu terblokir. Berikut ini ada cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen. Kamu dapat mengembalikannya dengan persyaratan yang sudah ditetapkan oleh tim WA. 

Aplikasi WhatsApp memang masih jadi platform populer untuk berkomunikasi. Tidak menutup kemungkinan ada kesalahan yang dilakukan tanpa disadari hingga ke membuat akun terblokir. Penyebab pemblokiran tersebut juga beragam. 

Read More

Jika Kamu mengalami hal ini, bisa simak penjelasan berikut ini. Ada solusi untuk mengembalikan akun WA milikmu. Selain itu, akan dijelaskan pula apa saja penyebab WhatsApp terblokir agar ke depannya tidak terjadi lagi. 

Penyebab WhatsApp Terblokir Permanen

Berikut ini akan dijelaskan apa saja penyebabnya sebelum menerangkan cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen. Sebenarnya, sebelum akun diblokir itu ada tanda-tanda yang mungkin kurang Kamu perhatikan. Pemblokiran permanen bisa terjadi karena akumulasi berbagai kesalahan berulang. 

Tim WhatsApp  tidak mungkin langsung memblokir permanen nomor yang bermasalah. Biasanya, jika melanggar ketentuan akan diblokir sementara selama 24—48 jam. Baru jika kesalahan tersebut dilakukan berulang, selanjutnya diblokir secara permanen. Beberapa penyebabnya sebagai berikut:

1. Melakukan Spam

Penyebab pertama akun WhatsApp bisa diblokir karena melakukan spam. Spam adalah tindakan yang dilakukan berulang kali dengan tujuan yang sama. Saat Kamu buka, biasanya mendapatkan notifikasi “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam.”

Ada berbagai tindakan spam di WA yang mengakibatkan akun diblokir. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Berkali-kali mengirim pesan ke nomor yang sama. 
  • Membuat grup WhatsApp, kemudian memasukkan kontak secara massal. 
  • Membuat banyak status dan mengganggu pengguna lain. 
  • Melakukan tindakan secara masif di WA. 

Bukan spam saja sebenarnya yang mengganggu user lain. Akunmu dapat diblokir jika melakukan tindakan membahayakan keamanan. Contohnya mengirimkan file yang mengandung virus dan malware, serta melakukan penipuan. 

2. Menggunakan WhatsApp MOD

Hal lain yang menjadi penyebab akun terblokir adalah menggunakan WhatsApp MOD. Aplikasi ini merupakan versi revisi dari WA asli yang dimodifikasi dan dihadirkan dengan fitur lebih lengkap. Tapi sayangnya, WA MOD termasuk sebagai aplikasi ilegal. 

Penggunaan aplikasi ilegal pastinya melanggar ketentuan layanan dari WhatsApp. Tidak heran kalau akun yang terdeteksi menggunakannya akan langsung diblokir. Contoh beberapa aplikasi MOD yang sering digunakan adalah GBWhatsApp, YoWhatsApp, WhatsApp Plus, dan WA Parallel. 

3. Membuka WhatsApp dari Berbagai Perangkat

Meskipun jarang terjadi, ini juga bisa membuat akun diblokir. Salah satunya adalah membuka akun WA yang sama di berbagai perangkat. Pasalnya, setiap aktivitas yang tidak biasa akan diindikasikan sebagai tindakan melanggar. 

WhatsApp memang aplikasi yang dapat digunakan di semua device. Tapi jika Kamu lakukan secara terus-menerus, tentunya akan mencurigakan. Pihak WA mendeteksi alamat IP yang berbeda, sehingga memblokirnya demi keamanan. 

4. Dilaporkan oleh Pengguna Lain

Penyebab WhatsApp diblokir bukan hanya datang dari pengguna sendiri. Tapi bisa disebabkan karena dilaporkan oleh pengguna lain. Alasannya bermacam-macam, yang paling sering adalah Kamu mengganggu pengguna tersebut dengan mengirimkan pesan dan terus-menerus meneleponnya. 

5. Meretas Server WhatsApp

Pelanggaran paling parah yang membuat akun diblokir oleh WhatsApp, bahkan secara permanen adalah meretas servernya. Ini memang dilakukan orang yang sudah ahli untuk tujuan tertentu. Alasan diblokir karena termasuk tindakan berbahaya dan mengakibatkan kebocoran data pengguna WA. 

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen
Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

Akun WA yang diblokir sementara bisa dibuka kembali setelah lewat waktu yang ditemukan. Sekarang pertanyaannya, adakah cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen? Apakah di WA ada fitur untuk memulihkannya? 

Di aplikasi memang belum ada fitur yang langsung digunakan untuk mengembalikan akun terblokir permanen. Tapi ada solusi yang bisa Kamu lakukan. Cobalah menyimak penjelasan berikut ini:

1. Mengaktifkan Kembali Lewat Halaman Pusat Bantuan

Meskipun tidak ada cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen secara langsung, layanan berikut dapat dimanfaatkan. Kamu bisa menggunakan Halaman Pusat Bantuan. Caranya yaitu dengan membuat permohonan aktivasi kembali dan menjelaskan permasalahannya. 

Untuk membuat permohonan lewat Halaman Pusat Bantuan memang bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Tapi akan lebih baik jika memakai Bahasa Inggris supaya lebih cepat ditanggapi. Di samping itu, Kamu juga harus bersabar menunggu respon dari tim WhatsApp. 

Setelah direspon, tinggal mengikuti instruksi yang diberikan. Seperti itulah alur untuk memulihkan akun yang diblokir. Agar lebih jelas, ikuti saja panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketika login, Kamu akan mendapatkan notifikasi jika nomor sudah diblokir. Screenshot layar yang menampilkan pemberitahuan tersebut. 
  • Setelah itu, buka menu DUKUNGAN
  • Selanjutnya ketuk opsi Hubungi Dukungan Untuk Bantuan. Secara otomatis Kamu akan dialihkan ke Halaman Pusat Bantuan. 
  • Pada halaman tersebut, tekan menu Contact Us. 
  • Sebutkan permasalahan yang dialami dan kirimkan serta screenshot-nya. 
  • Selain itu, pada bagian describe your problem tersebut juga sebutkan alasan kenapa WhatsApp yang diblokir permanen harus diaktifkan kembali. 
  • Jika sudah, tekan tombol Next
  • Kamu tinggal menunggu pengaduan ditanggapi. 
  • Kalau ternyata setelah beberapa hari tidak ada respon, buka lagi Pusat Bantuan. 
  • Lalu klik THIS DOES NOT ANSWER MY QUESTION. 
  • Kirim penjelasan pada kontak yang diberikan. 

2. Mengaktifkan Kembali dengan Mengirimkan Email

Inilah cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen yang kedua. Seperti yang disebutkan bahwa lewat Halaman Pusat Bantuan itu memerlukan waktu berhari-hari. Sedangkan Kamu membutuhkan WA untuk komunikasi dan jika ganti nomor sayang dengan pesan penting di dalamnya. 

Karena itulah, solusi lain yang dapat Kamu coba adalah mengirimkan email. Sebenarnya ini sama-sama berisi pengaduan dan permintaan untuk mengaktifkan akun WA lagi. Tapi biasanya lebih cepat ditanggapi. 

Kunci penting dari cara ini adalah menjelaskan permasalahan secara lengkap. Kamu juga harus memiliki alasan yang kuat dari permintaan tersebut. Supaya mendapatkan respon cepat, gunakan format yang benar sesuai panduan yang dijelaskan berikut ini:

  • Buka email dan buat pesan baru. 
  • Untuk alamat email tujuan, tulis [email protected].
  • Lalu bagian subjek, beri judul “Permohonan Mengaktifkan WhatsApp Terblokir Permanen.”
  • Setelah itu berikan penjelasan dari permasalahan yang Kamu hadapi. Di badan pesan ini Kamu juga dapat bertanya alasan WhatsApp diblokir permanen. 
  • Jangan lupa untuk melampirkan tangkapan layar yang menampilkan permasalahanmu
  • Agar lebih meyakinkan, buktikan bahwa Kamu tidak melakukan pelanggaran berat. Kalaupun ada pelanggaran, Kamu tidak akan mengulangi lagi. 
  • Kirim email dan tunggu dibalas oleh tim WhatsApp. 

Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir Permanen

Akun WA yang terblokir permanen memang merepotkan. Kamu tidak bisa berkomunikasi lagi, bahkan untuk mengaksesnya saja tidak bisa. Agar ke depannya hal seperti ini tidak terjadi, perhatikan hal-hal penting berikut:

  • Patuhi semua ketentuan WhatsApp. 
  • Hapus aplikasi MOD. 
  • Jangan melakukan spam. 
  • Menghindari tindakan yang merugikan pengguna lain. 
  • Jangan menggunakan WA untuk tindakan kriminal. 

Demikian penjelasan cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen. Memang cukup sulit untuk memulihkannya lagi. Tapi Kamu bisa membuat pengaduan dan menunggu respon dari tim. 

Related posts