4+ Cara Menghilangkan Garis Merah di Word Anti Gagal

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Saat mengetik di Word kita biasanya akan menemukan garis merah pada dokumennya. Sebetulnya faktor kenapa muncul tanda garis berwarna merah ketika mengetik ialah karena fiturĀ proofread sedang aktif. Sebagian orang mungkin terganggu dengan hal ini. Lantas, bagaimana cara menghilangkan garis merah di Word?

Cukup banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan dari Word ini untuk kebutuhan pembuatan dokumen. Salah satu fitur yang berguna Ketika membuat dokumen adalah fiur spell check. Spell Check yaitu fitur yang dapat memeriksa dan memperbaiki kesalahan ejaan atau penulisan dalam dokumen yang sedang dibuat.

Namun, terkadang fitur spell check ini malah menjadi pengganggu bagi sebagian pengguna. Pasalnya, fitur ini akan menandai kata-kata yang dianggap salah dengan garis merah bergelombang yang ada di setiap tulisan yang dibuat.

Garis merah ini bisa membuat dokumen kamu terlihat kurang rapi dan profesional. Selain itu, fitur ini biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai standar. Dengan begitu, kata-kata dalam bahasa Indonesia akan dianggap salah, sehingga membuat setiap kata dalam Bahasa Indonesia akan memperlihatkan garis merah bergelombang.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah karena kamu bisa menghilangkan garis merah di word dengan beberapa cara yang cepat dan tidak telalu sulit mengaplikasikannya.

Selain bisa mengubah file word ke PDF dengan cara mengubah Word ke PDF yang sudah kita bahas, kamu juga bisa dengan mudah menghilangkan garis merah yang mengganggu di Word.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Jika kamu merasa kurang nyaman dengan kemunculan garis merah saat mengetik dokuman di Word, maka penting sekali mengetahui panduan cara menghilangkan garis merah di Word. Ingin tahu, bagaimana caranya? Simak metode selengkapnya di bawah ini!

1. Menghilangkan Garis Merah di Word Lewat Menu Options

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan garis merah di word yaitu melalui menu options. Ini merupakan cara yang paling sederhana dan resmi dari Microsoft. Begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Word di laptop atau komputer kamu. care membukanya masuk terlebih dahulu pada menu Start yang berada di bar bagian bawah lalu cari Microsoft Word. Atau bisa juga double click shortcut Word jika terdapat pada halaman depan Desktop kompuermu.
  • Setelah terbuka, skerang klik menu File yang berada di sudut kiri atas.
  • Pilih menu Options yang berada di bagian kiri bawah.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Proofing yang terdapat di bagian kiri.
  • Sekarang hilangkan tanda centang pada kotak Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type.
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Dengan cara ini, maka kamu sudah berhasil menghilangkan garis merah di word secara permanen untuk semua dokumen yang kamu buat dan yang kamu edit.

Namun jika kamu ingin mengaktifkan kembali fitur spell check ini, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas dan memberi tanda centang kemali pada kotak yang sama. Antara lain yaitu pada kotak Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type.

2. Menghilangkan Garis Merah di Word melalui Menu Review

Cara menghilankan garis merah di Word kedua yaitu kamu bisa melakukannya lewat menu review. Ini merupakan cara yang lebih cepat dan praktis jika kamu hanya ingin menghapus garis merah pada dokumen tertentu saja.

Ini dia langkah-langkah buat menghilangkan garis merah di Word melalui Menu Review:

  • Buka dokumen Word yang ingin kamu edit terlebih dahulu.
  • Klik menu Review yang berada di bar bagian atas.
  • Selanjutnya pilih menu Language kemudian pilih opsi Set Proofing Language.
  • Pilih bahasa Indonesia dari daftar bahasa yang tersedia.
  • Beri tanda centang pada kotak Do not check spelling or grammar yang berada dibagian bawahnya.
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Kamu juga sudah berhasil menghilangkan garis merah di word pada dokumen yang sedang kamu kerjakan dengan cara ini. Namun, jika kamu membuka dokumen lain atau membuat dokumen baru, maka fitur spell check akan aktif kembali secara otomatis.

3. Menghilangkan Garis Merah di Word melalui Situs APK Pure

Care yang ketiga yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkah garis merah di Word bisa melalui situs APK Pure.

Metode ini tentu saja merupakan cara alternatif jika tidak bisa mengakses menu options atau menu review pada aplikasi Word. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah menghilangkah garis merah di Word melalui situs APK Pure:

  • Buka browser di laptop atau komputer kamu terlebih dahulu. Kamu bisa membuka browser apa saja sesuai yang kamu inginkan seperti Google Chrome, Brave, Mozilla, atau Edge.
  • Setelah itu, masuk pada kolom pencarian browser lalu ketikkan kata : APK Pure.
  • Sekarang cari aplikasi Microsoft Word.
  • Setelah menemukan aplikasinya klik tombol Download APK.
  • Jika sudah selesai mengunduh, buka file APK tersebut dan instal aplikasi Word versi terbaru hasil download.
  • Selanjutnya buka aplikasi Word yang sudah terinstal kemudian masuk dengan menggunakan akun Microsoft milikmu.
  • Buka dokumen Word yang ingin kamu edit atau buat dokumen baru.
  • Klik ikon pensil yang berada di sudut kanan atas untuk masuk ke mode pengeditan.
  • Selanjutnya klik ikon segitiga yang berada di sudut kanan bawah untuk membuka menu tambahan.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Proofing, kemudian pilih opsi Spelling dan terkahir klik opsi Off.

Dengan cara ini, kamu sudah berhasil menghilangkan garis merah yang berada di word pada aplikasi Word versi APK Pure.

Namun, perlu diketahui bahwa situs APK Pure bukanlah situs resmi yang berasal dari Microsoft, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam mengunduh dan menginstal aplikasi dari situs ini.

Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan keamanan setiap aplikasi yang kamu dapatkan dari situs ini atau mungkin dari situs yang lainnya. Dengan begitu, bisa lebih aman dan bebas dari malware atau virus berbahaya.

4. Menghilangkan Garis Merah di Word melalui Emulator Android

Kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan garis merah di Word lewat Emulator Android dengan mudah.

Ini merupakan cara yang paling fleksibel dan kompatibel untuk menjalankan aplikasi Word di laptop atau komputer milikmu.

Begini ulasan menghilangkan garis merah di Word melalui Emulator Android:

  • Unduh dan instal emulator Android di laptop atau komputer kamu terlebih dahulu. Cukup banyak emulator android yang bisa kamu gunakan, seperti Bluestacks, Nox, atau Emu.
  • Setelah terpasang pada komputer, sekarang buka emulator Android yang sudah terinstal dan masuk dengan akun Google milikmu.
  • Buka Google Play Store lalu cari aplikasi Microsoft Word.
  • Klik tombol Install untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Word di emulator Android.
  • Selanjutnya buka aplikasi Word yang sudah terinstal dan masuk dengan akun Microsoft milikmu.
  • Buka dokumen Word yang ingin kamu edit atau membuat dokumen yang baru.
  • Ketuk ikon pensil yang berada di sudut kanan atas untuk masuk ke mode pengeditan.
  • Klik ikon segitiga yang berada di sudut kanan bawah untuk membuka menu tambahan.
  • Pilih menu Proofing selanjutnya pilih opsi Spelling dan terakhir pilih Off.

Dengan cara ini, maka kamu sudah berhasil menghilangkan garis merah yang ada di word pada aplikasi Word yang berjalan menggunakan emulator Android.

Keuntungan dari menggunakan emulator Android adalah kamu bisa menyesuaikan pengaturan, fitur, dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan berbagai aplikasi Android lainnya tanpa batasan.

Dengan cara menghilangkan garis merah di Word seperti metode di atas, tentu saja membuat kamu lebih nyaman saat mengetik di aplikasi Ms. Word.

Related posts