Dak

Cara Check In Pesawat Online dengan 3 Pilihan Tepat

Melakukan perjalanan lewat udara termasuk pilihan terbak dalam hal kecepatan dan kepraktisan meskipun harga cukup mahal. Tapi tak sedikit orang memilihnya karena banyak kelebihan. Dalam pemesanan tiket pesawat ada serangkaian proses yang wajib kamu lakukan, termasuk harus tahu cara check in pesawat online.

Check in pesawat online banyak dipilih mengingat prosesnya yang lebih hemat waktu. Ini sangat efektif bagi kamu yang tak mau antre panjang di bandara. Sebab kamu hanya perlu melakukannya via perangkat secara online tanpa bolak balik bandara. Jadi, saat ke bandara kamu tinggal menunggu waktu keberangkatan saja.

Cara Check In Pesawat Online

Cara Check In Pesawat Online

Step 1 : Check In Pesawat Online via Website

Metode check in online pertama, yaitu lewat website. Kamu bisa melakukan beberapa tahapan proses untuk check in pesawat online ini, antara lain :

1. Buka Situs Web Maskapai Penerbangan

Setiap maskapai penerbangan pasti memiliki situs webnya sendiri. Pada situs web tersebut selain terdapat berbagai macam informasi yang termuat, juga bisa digunakan untuk melakukan check-in.

Kamu cukup akses situs web maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan untuk penerbangan. Namun agar bisa mengakses situs web tersebut harus dipastikan koneksi internet stabil untuk menghindari masalah saat memproses check-in.

2. Masukkan Detail Penerbangan

Setelah menemukan opsi check-in, silakan masukkan beberapa informasi. Diantaranya yaitu masukkan nomor penerbangan, nama lengkap (biasanya nama belakang), dan detail lain yang diminta untuk mengidentifikasi penerbangan kamu.

3. Verifikasi Data Penerbangan

Verifikasi detail penerbangan kamu termasuk jadwal penerbangan dan nomor kursi. Pastikan semua informasi sudah benar sebelum melanjutkan check-in secara online melalui situs web.

4. Pilih Kursi Pesawat

Pilihlah kursi pesawat sesuai dengan preferensi kamu, jika maskapai memungkinkan penumpangnya memilih kursi. Namun kamu harus memperhatikan pilih kursi ini karena beberapa maskapai menawarkan layanan pilih kursi dengan penambahan biaya.

5. Cetak Boarding Pass

Setelah selesai dengan langkah-langkah di atas, selanjutnya kamu akan diberikan opsi untuk mencetak boarding pass. Jika kamu tidak akan mencetaknya, cukup simpan boarding pass tersebut ke dalam bentuk elektronik atau screenshot di perangkat HP kamu.

Step 2 : Check In Pesawat Melalui Aplikasi Ponsel

Sebagian besar maskapai penerbangan telah menyediakan aplikasi ponsel resmi yang memudahkan penggunanya untuk mengakses berbagai macam fitur termasuk fitur check-in. Ini cara check in pesawat online lewat aplikasi seluler :

1. Unduh Aplikasi Maskapai Penerbangan

Unduh dan instal aplikasi resmi dari maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan dari toko aplikasi Hp. Kamu bisa menggunakan toko aplikasi tersebut sesuai dengan system operasi yang digunakan (Google Play Store untuk android atau App Store untuk iOS).

2. Daftar atau Masuk Akun

Jika kamu kebetetulan belum memiliki akun di aplikasi tersebut, segera daftarkan diri kamu dengan menggunakan alamat email atau nomor Hp aktif.

Bagi yang sudah memiliki akun, masuklah ke dalamnya dengan menggunakan username dan password yang dimiliki.

3. Cari Penerbangan

Masukkan nomor penerbangan dan tanggal keberangkatan kamu untuk menemukan penerbangan yang akan datang.

4. Pilih Opsi Check-In

Pada halaman detail penerbangan, pilihlah opsi “Check-In Online”.

5. Verifikasi Data dan Pilih Kursi

Verifikasi informasi penerbangan yang akan kamu lakukan kemudian pilih kursi yang kamu inginkan jika masih tersedia.

6. Lanjutkan Proses Check-In

Ikuti petunjuk selanjutnya di aplikasi untuk menyelesaikan proses check-in. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah benar.

7. Simpan Boarding Pass

Setelah berhasil check-in, kamu akan menerima boarding pass dalam bentuk elektronik di aplikasi. Pastikan untuk menyimpannya yang nantinya bisa ditunjukkan saat tiba di bandara kepada petugas khusus check-in.

Step 2 : Check In Pesawat Online Melalui Email atau Pesan Singkat (SMS)

Selain dengan cara modern diatas, beberapa maskapai juga menawarkan fasilitas check-in melalui email atau pesan singkat (SMS). Begini check in pesawat online yang bisa kamu coba :

1. Periksa Pemberitahuan dari Maskapai

Pastikan telah menerima pemberitahuan dari maskapai penerbangan mengenai opsi check-in melalui email atau SMS.

2. Buka Tautan atau Pesan

Ketika kamu menerima email atau SMS dari maskapai, buka tautan yang diberikan atau ikuti petunjuk dalam pesan untuk melanjutkan proses check-in.

3. Verifikasi Data Penerbangan

Verifikasi kembali semua detail penerbangan kamu yang tercantum dalam pesan tersebut.

4. Pilih Kursi

Jika maskapai memungkinkan penumpangnya memilih kursi, pilihlah kursi yang kamu inginkan dengan mengikuti petunjuk pada pesan.

5. Lanjutkan Proses Check-In

Ikuti petunjuk dalam pesan untuk menyelesaikan proses check-in. Pastikan semua informasi yang kau masukkan adalah benar.

6. Simpan Boarding Pass

Setelah berhasil check-in, selanjutnya kamu akan menerima boarding pass dalam bentuk elektronik. Pastikan menyimpannya dengan baik untuk ditunjukkan pada saat di bandara kepada petugas khusus check-in.

Selain cara check in di atas, kamu juga bisa meniru langkah cara check in Traveloka jika menggunakan Traveloka.

Cara Check-In Pesawat Melalui Mesin Check-In di Bandara

Jika kamu tidak dapat atau tidak ingin melakukan check-in secaa online, maskapai penerbangan biasanya menyediakan mesin check-in yang dapat dilakukan secara mandiri di bandara. Berikut langkah-langkahnya :

1. Temukan Mesin Check-In

Cari mesin check-in yang tersedia di bandara setibanya kamu di terminal keberangkatan. Biasanya keberadaan mesin ini di tempat keramaian lalu Lalang orang lain di dalam bandara.

2. Pilih Maskapai Penerbangan

Pilihlah maskapai penerbangan kamu yang dapat dipilih melalui layar mesin untuk memulai proses check-in.

3. Masukkan Informasi Penerbangan

Masukkan nomor penerbangan dan detail lain yang diminta pada layar mesin.

4. Verifikasi Data Penerbangan

Verifikasi kembali detail penerbangan kamu yang tampil di layar mesin.

5. Pilih Kursi Pesawat

Jika maskapai memungkinkan penumpangnya memilih kursi, silakan kursi yang kamu inginkan dengan mengikuti petunjuk pada layar.

6. Cetak Boarding Pass

Setelah selesai dengan proses check-in, mesin akan mencetak boarding pass kamu. Pastikan boarding pass milikmu di simpan dengan baik.

Itulah beberapa cara check-in online yang dapat kamu praktikkan sendiri secara mandiri.

Keuntungan Check-In Pesawat Online

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh jika melakukan check-in secara online, yaitu :

1. Efisiensi Waktu

Salah satu keuntungan utama dari check-in pesawat online adalah efisiensi waktu. Dengan check-in online, kamu dapat menghindari antrean panjang di bandara dan langsung menuju gerbang keberangkatan.

Selain itu kamu juga dapat mencetak atau tidak boarding pass yang kamu miliki sebelum berangkat atau menyimpannya dalam bentuk elektronik di Hp kamu. Proses ini membuat pengalaman bandara menjadi lebih lancar dan cepat.

2. Pilihan Kursi

Melalui check-in pesawat online, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan pilihan kursi kepada penumpangnya. Kamu dapat memilih kursi favorit kamu seperti dekat dengan jendela atau ditempat lainnya, termasuk kursi dengan legroom yang lebih besar.

Beberapa maskapai bahkan menawarkan layanan upgrade kelas atau fasilitas tambahan saat kamu melakukan check-in online.

Cara check in pesawat online dapat dijadikan pilihan paling tepat dan praktis, terutama bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk antre di bandara hanya untuk check in. Selain itu, ada banyak keunggulan lainnya yang bisa didapatkan dari check in pesawat online ini!

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

7 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago