Dak

Cara Check In Mandiri Citilink

Termasuk salah satu pilihan maskapai penerbangan dengan harga murah, Citilink kerap menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia yang mau bepergian. Selain pelayanan terbaik dengan harga murah, cara check in mandiri Citilink juga bisa dilakukan dengan mudah.

Citilink memang menawarkan biaya tiket pesawat yang harganya ekonomis bagi semua kalangan, tapi jika kamu mau memperoleh banyak fasilitas harus membayar biaya berlebih.

Kini Citilink sudah punya 80 rute lebih perjalanan domestik dengan 16 rute lebih perjalanan regional. Bukan saja menambah rute, tapi Citilink juga turut menambahkan armada pesawatnya.

Bagi kamu yang sudah booking tiket pesawat, maka selanjutnya bisa melakukan cara check in mandiri Citilink.

Cara Check In Mandiri Citilink

Cara Check In Mandiri Citilink

Tak perlu repot-repot buat pergi ke bandara untuk check in mandiri Citilink, sebab kamu bisa melakukan check ini menggunakan aplikasi dan website resmi Citilink dengan mudah. Sebetulnya tak jauh berbeda dari cara check in tiket pesawat pada umumnya, cek in menggunakan Citilink juga bisa dilakukan secara online.

Biar lebih mempersingkat proses check in, silakan ikuti panduan cara check in mandiri Citilink di bawah ini :

1. Check In Mandiri Citilink via Web Resmi

Jika kamu mau check in mandiri Citilink, salah satu metode yang bisa dilakukan adalah cara check in mandiri Citilink via web resmi. Kamu bisa mengakses website resmi Citilink di https://book.citilink.co.id/. Ini ulasannya :

  • Silakan buka web browser di hp terlebih dulu. Jika kamu kebetulan menggunakan laptop untuk mengakses web resminya, gak masalah. Asalkan akses internet berjalan lancar.
  • Setelah itu pada kolom pencarian diatas browser, ketikkan alamat situs resmi Citilink Indonesia di alamat : https://book.citilink.co.id/ kemudian tekan Enter atau OK.
  • Setelah masuk pada halaman utama situs, kamu akan menemukan opsi Web Check-in. klik osi tersebut agar mengarah pada halaman check-in.
  • Pada halaman yang muncul, kamu akan melihat beberapa informasi penting mengenai prosedur yang harus diketahui. Selanjutnya, centang di kotak yang tersedia yang menyatakan bahwa kamu telah membaca, memahami, dan setuju dengan syarat dan ketentuannya.
  • Setelah mencentangnya, klik tombol OK.
  • Pada halaman tersebut, kamu akan melihat dua kolom isian, pertama adalah kolom konfirmasi dan yang kedua adalah kolom nama belakang. Isi dengan benar sesuai yang tertera pada tiket. Setelah itu, klik tombol Find Bookings.
  • Citilink akan memproses data kamu dan menghasilkan boarding pass digital. Kamu dapat mencetaknya atau menyimpannya dalam bentuk elektronik dengan menyimpannya pada Hp kamu sebagai bukti perjalanan yang akan dilakukan.

2. Check In Mandiri Citilink Menggunakan Aplikasi

Selain cara check in mandiri Citilink lewat web, kamu juga bisa check-in mandiri dengan aplikasi resmi yang dapat kamu unduh dan install pada perangkat Hp kamu.

Berikut langkah-langkah melakukan check-in mandiri dengan menggunakan aplikasi Citilink :

  • Silakan buka toko aplikasi di perangkat, misalnya Google Play Store untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  • Setelah toko aplikasi terbuka, pada kolom pencarian cari aplikasinya yang bernama “Citilink”.
  • Jika sudah ketemu aplikasinya, lakukan unduh dan instal aplikasi tersebut agar terpasang pada perangkat Hp kamu.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi “Citilink” yang sudah terpasang pada Hp.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu akan menemukan opsi “Check-in” atau “E-Ticket”. Klik pada opsi tersebut untuk memulai proses check-in secara mandiri menggunakan aplikasi.
  • Masukkanlah nomor penerbangan dan kode booking yang tertera pada tiket atau e-tiket.
  • Isi dengan benar informasi pribadi kamu mulai dari nama lengkap dan nomor identitas sesuai dengan data pada tiket.
  • Setelah mengisi data, lanjutkan dengan klik tombol “Submit” atau “Check-in” untuk menyelesaikan proses check-in.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Citilink memproses data dan menghasilkan boarding pass digital.
  • Boarding pass digital bisa kamu simpan dalam bentuk elektronik lewat perangkat Hp atau bisa juga mencetaknya sebagai bukti perjalanan jika memang dibutuhkan.

Syarat dan Kondisi Web Check-In

Ada beberapa syarat dan kondisi jika kamu mau check-in mandiri dengan menggunakan web check-in. Apa saja syarat dan kondisinya? Simak penjelasannya dibawah ini :

  • Web Check-in dibuka mulai dari 100 hari hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan yang berasal dari Bandara Soekarno-Hatta International, batas maksimal Check-in 45 Menit sebelum keberangkatan.
  • Web Check-In hanya bisa dilakukan untuk tiket dengan status Confirmed / Terbayar Penuh / Tidak ada tunggakan pembayaran.
  • Jika akan melakukan proses validasi, Web Check-In memerlukan Kode Booking yang berjumlah 6 digit dan Nama terakhir penumpang. Harap periksa nama penumpang yang tertulis di tiketmu dengan benar, agar proses validasi bisa berjalan dengan lancar.
  • Penumpang diharuskan berada di ruang tunggu setidaknya 40 menit sebelum waktu keberangkatan. Untuk memastikannya, kamu pun bisa melihat ketentuan ini pada boarding pass milikmu.
  • Baik Web check-in dan mobile check-in tidak dapat dilakukan untuk penerbangan Internasional, namun berlaku bagi penerbangan Domestik saja. Oleh karena itu, agar sesuaikan penggunaannya sesuai dengan perjalanan kamu.

Prosedur Check-in di Counter Yang Wajib Dilakukan

Ada beberapa prosedur yang wajib kamu lakukan agar proses check-in berjalan dengan lancar, diantaranya :

  • Konter check-in dibuka minimal 2 jam sebelum keberangkatan dan akan tutup 30 menit khusus bagi penerbangan Domestik. Sementara buat penerbangan internasional sendiri, 1 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Khusus keberangkatan yang berasal dari Soekarno-Hatta International, check-in & baggage drop ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Terutama bagi penerbangan domestik dan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan khusus bagi penerbangan internasional.
  • Jika kamu tidak melakukan check-in 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit  atau 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan Internasional, maka kamu diwajibkan harus membeli tiket baru. Oleh karena itu, harus patuh pada aturan ini agar tidak mengharuskan membeli tiket yang baru karena prosesnya akan diulang Kembali yang membutuhkan waktu cukup lama.
  • Penumpang yang akan melakukan perjalanan, harus berada di ruang tunggu setidaknya 40 menit sebelum waktu keberangkatan seperti yang tertulis pada boarding pass.
  • Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan Internasional, maka dapat check-in secara langsung di counter check-in yang berada di Bandara.
  • Atuarn ini tentative mengenai cek Kesehatan yang berhubungan dengan pemeriksaan COVID-19 yaitu harus tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan untuk memastikan tidak tertular wabah ini dengan test Kesehatan yang direkomendasikan.

Dengan cara check in mandiri Citilink melalui web atau melalui aplikasi, kamu dapat mengefisiensikan waktu dan memudahkan proses perjalanan baik untuk perjalanan domestic maupun perjalanan internasional.

Kelebihan Menggunakan Citilink

Ada beberapa kelebihan memakai maskapai penerbangan Citilink, berikut ini :

1. Menawarkan Keamanan dan Kenyamanan

Perjalanan menggunakan citilink menawarkan sisi kenyamanan kepada para penumpang. Kamu bakal memperoleh pelayanan terbaik dan profesional memakai maskapai penerbangan Ciilink. Pelayanan ini tentu saja membuat penumpang merasa lebih nyaman.

2. Harga Terjangkau

Citilink juga menawarkan biaya tiket pesawat yang harganya terjangkau. Inilah alasan kenapa Citilink kerap menjadi pilihan banyak orang saat bepergian menggunakan pesawat

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan Citilink, silakan cek cara check in mandiri Citilink sesudah kamu memastikan rute perjalananmu masuk ke dalam layanan Citilink.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago