Dak

Cara Check In Super Air Jet

Super Air Jet adalah salah satu maskapai penerbangan terkemuka yang beroperasi di Indonesia dengan menawarkan berbagai layanan yang berkualitas. Bagi para penumpang yang ingin menghemat waktu bisa menggunakan cara check in Super Air Jet via online.

Super Air Jet menyediakan layanan check-in secara online yang dapat dilakukan melalui situs web atau menggunakan aplikasi pada telepon seluler. Jika kamu tertarik untuk menggunakan maskapai penerbangan ini dan mau tahu gimana cara check in Super Air Jet, silaka simak ulasannya di bawah!

Cara Check in Super Air Jet

Cara Check In Super Air Jet

Setelah sebelumnya kita membahas cara check in Mandiri Citilink, kini kamu bisa coba cara check in Super Air Jet. Ada beberapa pilihan cara check in Super Air Jet yang bisa kamu coba ketika menggunakan Super Air Jet untuk bepergian. Ini metodenya :

1. Check in Super Air Jet Menggunakan Situs Web

Ini ada beberapa langkah buat check-in online di Super Air Jet melalui situs web :

  • Buka browser internet terlebih dahulu. Seteleah itu pada kolom pencarian dibagian atas ketik nama situsnya di alamat : https://checkin.superairjet.com/dx/IUCI/#/check-in/start?locale=id-ID
  • Setelah masuk pada halaman utamanya, kamu akan melihat halaman check-in online dari maskapai penerbangan ini.
  • Di halaman tersebut, masukkan nomor pemesanan atau kode booking kamu berikut nama lengkap sesuai dengan informasi yang tercantum dalam tiket penerbangan pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu, klik tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses check-in.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta memilih kursi penerbangan. Silakan pilih kursi yang kamu inginkan dari pilihan yang tersedia atau yang masih kosong.
  • Setelah memilih kursi yang diinginkan, kamu akan melihat ringkasan check-in pada layar. Sebelum melanjutkan harap pastikan semua informasi yang ditampilkan sudah sesuai dengan data yang sebenarnya.
  • Langkah terakhir cukup klik tombol “Check-in” untuk menyelesaikan prosesnya. Selanjutnya kamu akan menerima konfirmasi check-in melalui alamt email terdaftar atau dapat di cetak sesuai dengan kebutuhan bila diperlukan.

2. Check in Super Air Jet Menggunakan Aplikasi

Super Air Jet juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh sehingga memudahkan penumpangnya untuk melakukan check in dan mendapatkan informasi lainnya terkait penerbangan.

Aplikasi bisa kamu dapatkan dari toko aplikasi di Hp kamu sesuai dengan OS yang digunakan baik android atau iOS. Berikut panduan cara check in Super Air Jet dengan menggunakan aplikasi :

  • Buka toko aplikasi di Hp kamu yang disesuaikan dengan OS yang digunakan yaitu Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  • Pada kolom pencarian, carilah aplikasi “Super Air Jet” dengan care mengetiknya.
  • Setelah menemukan aplikasi yang dimaksus, langsung unduh dan pasang aplikasi pada Hp kamu.
  • Setelah berhasil terpasang, sekarang buka aplikasi Super Air Jet.
  • Di halaman utama aplikasi, cari kemudian pilih opsi “Check-in”.
  • Masukkanlah nomor pemesanan atau kode booking berikut nama lengkap kamu sesuai dengan tiket penerbangan yang kamu miliki.
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk memilih kursi yang diinginkan sesuai ketersediaannya, mengonfirmasi check-in, dan menerima kartu boarding pass dalam bentuk digital yang dapat dilihat langsung dari aplikasi. Kamu pun bisa melihat kartu boarding pass pada kotak masuk alamat email yang terdaftar.
Informasi penting Mengenai Web Check-in yang Perlu Kamu Ketahui

Dibawah ini ada beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui jika akan melakukan check in menggunakan web. Simak penjelasannya dibawah ini :

  • Web check-in Super Air Jet tersedia untuk seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan domestic.
  • Seluruh penumpang yang memiliki reservasi tiket sesuai dengan kartu identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selain informasi diatas, ada bebrapa jenis penumpang dengan persyaratan khusus tidak bisa menggunakan layanan Web Check-I, diantaranya :

  • Reservasi bayi dan anak-anak yang tidak ada pendampingnya (Unaccompanied minor).
  • Lanjut Usia atau penumpang yang pada saat akan melakukan perjalanan membutuhkan kursi roda.
  • Penumpang yang memiliki gangguan sensorik, bepergian dengan pengasuh atau kondisi medis tertentu yang membutuhkan pemberitahuan kepada Super Air Jet sebelum keberangkatan ke kota tujuan.
  • Penumpang dengan status Security Item.

Kapan bisa Check in Online Menggunakan Web?

Ada syarat dan ketentuan yang perlu kamu ketahui Ketika akan melakukan check in online dengan menggunakan web, diantaranya :

  • Web Check-in online dapat dilakukan minimal 12 jam sebelum jam keberangkatan yang telah ditentukan oleh maskapai.
  • Web Check-in online maksimal akan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan yang telah ditentukan oleh maskapai.

Setelah melakukan Web Check-in online, penumpang akan segera mendapatkan kartu Boarding Pass elektronik seperti yang telah dijelaskan pada Langkah-langkah melakukan check in menggunakan web atau aplikasi.

Penjelasan Terkait Kartu Boarding Pass Elektronik Yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kamu yang belum begitu mengerti mengenai kartu boarding pass elektrnik (E-Boarding Pass). Berikut akan dijelaskan mengenai hal tersebut agar kamu dapat menggunakannya dengan baik pada saat melakukan perjalanan menggunakan Super Air Jet.

1. Boarding Pass Elektronik

Boarding Pass Elektronik atau yang sering disebut dengan e-Boarding pass adalah kartu yang diterbitkan setelah penumpang menyelesaikan proses check-in. Bisa menggunakan aplikasi atau menggunakan website, untuk kemudian akan digunakan sebagai pass masuk ke boarding gate dan pesawat Super Air Jet.

2. Boarding Gate

Sementara, boarding gate merupakan pintu masuk yang digunakan menuju ke ruang tunggu sebelum masuk ke pesawat Super Air Jet.

3. Boarding

Boarding adalah proses pelayanan penumpang mulai dari ruang tunggu hingga penumpang naik pesawat Super Air Jet.

4. e-Boarding Pass

E-Boarding Pass dapat digunakan hanya untuk penerbangan domestik Indonesia. Pada E-Boarding Pass biasanya ada informasi tertentu yang memberitahukan tentang data penumpang. Seperti, nama penumpang, rute penerbangan, nomor penerbangan, tanggal penerbangan, waktu boarding, nomor kursi penumpang, terminal yang akan digunakan, nomor gate dan informasi penting lainnya yang bisa kamu gunkan untuk keperluan penerbangan. Berikut beberapa hal terkait e-Boarding Pass :

  • Bagi penumpang yang sudah memiliki E-Boarding Pass dan tidak membawa bagasi tercatat (check baggage), bisa langsung menuju boarding gate tanpa harus melakukan print fisik boarding pass.
  • Penumpang yang sudah memiliki bagasi tercatat cukup lapor bagasi/ drop bags saja kepada staff check-in counter dan tidak perlu print fisik boarding pass.
  • E-Boarding Pass dapat ditunjukan melalui Hp dan diperlihatkan kepada petugas AVSEC (aviation security) dan petugas boarding gate sebagai tahapan berikutnya hingga masuk ke pesawat.
  • E-Boarding Pass dapat di scan oleh petugas boarding gate pada saat penumpang boarding.
  • Penumpang harap memastikan kembali nomor ruang tunggu pada saat tiba di Bandara dengan meminta bantuan ke petugas check-in counter atau pada boarding gate.

Dengan mengetahui cara check in Super Air Jet dan informasi lainnya tentu sangat berguna jika kamu memilih maskapai penerbangan Super Air Jet untuk perjalanan ke luar kota atau luar negeri. Check in dapat dilakukan dengan menggunakan situs web resmi atau menggunakan aplikasi Super Air Jet secara online.

Melalui cara check in Super Air Jet secara online, maka kamu dapat menghemat waktu dan memastikan perjalanan udara berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

7 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

7 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago