Cara Ambil TTD di PDF dengan Mudah Tanpa Aplikasi (3 Metode)

Cara Ambil Ttd di PDF
Cara Ambil Ttd di PDF

Kegiatan surat menyurat kini menjadi lebih praktis lagi tanpa memakai kertas, melainkan bisa dilakukan secara online lewat media digital. Apalagi sejak kehadiran layanan tanda tangan digital. Salah satunya dengan cara ambil ttd di PDF dengan mudah!

Adanya tanda tangan digital memang sangat mempermudah proses administrasi. Jika kamu membutuhkan tanda tangan atasan di kantor segera di waktu yang gak memungkinkan, maka kamu bisa coba tanda tangan digital.

Read More

Cara Ambil TTD di PDF

Cara Ambil Ttd di PDF
Cara Ambil Ttd di PDF

Selain bisa tanda tangan di Word dengan cara tanda tangan digital di Word yang sudah dibahas sebelumnya, kamu juga bisa coba cara ambil ttd di PDF berikut :

1. Ambil Ttd di PDF dengan Tangkapan Layar (Screenshot)

Metode paling mudah buat ambil tanda tangan PDF adalah dengan screenshot alias tangkapan layar. Sebab kamu hanya perlu mengambil tangkapan layar saja buat ambil tanda tangan tersebut. Begini langkah-langkahnya :

  • Silakan buka file PDF yang didalamnya sudah ada tanda tangan yang ingin diambil lebih dulu.
  • Atur tampilan PDF sedemikian rupa sehingga tandatangan dapat terlihat dengan jelas di layar HP atau pada laptop.
  • Tekan tombol tangkapan layar pada perangkat kamu. Jika menggunakan HP maka biasanya tombol yang digunakan adalah kombinasi tombol Volume Down + Power. Sedangkan jika menggunakan laptop, secara umum bisa kamu kombinasikan dua tombol ini : FN + PrtSc.
  • Jika sudah berhasil di screenshot, sekarang buka aplikasi pengedit gambar atau pengolah kata, lalu buka hasil tangkapan layar tadi yang isinya ada tandatangan yang kamu butuhkan.
  • Sekarang, gunakan alat pemotong (crop) untuk memotong dan menyisipkan hanya tandatangan saja yang ingin kamu ambil lalu masukkan ke dokumen baru atau tempat lain yang kamu butuhkan.

2. Ambil Ttd di PDF dengan Copy-Paste Teks

Metode yang kedua dapat kamu lakukan bila PDF yang ingin kamu ambil tandatangannya bukan dalam bentuk gambar, melainkan dalam bentuk teks tertentu yang bisa kamu pilih. Cek langkah-langkahnya berikut :

  • Buka file PDF yang berisi tandatangan terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi pembaca PDF.
  • Selanjutnya gunakan alat seleksi teks untuk memilih bagian tandatangan saja. Caranya bisa menggunakan alat seleksi teks yang terdapat pada toolbar aplikasi pembaca PDF atau dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard : Ctrl + A. lalu hasilnya akan memilih seluruh teks dalam dokumen termasuk bagian tandatangan.
  • Pastikan agar di dipersempit area nya hanya bagian tandatangan saja, sekarang cukup salin teks dengan menekan tombol : Ctrl + C (untuk pengguna Windows) atau Command + C (untuk pengguna Mac).
  • Selanjutnya, buka dokumen baru atau aplikasi lainnya, lalu tempelkan tandatangan yang telah kamu salin dengan menekan tombol Ctrl + V (untuk pengguna Windows) atau Command + V (untuk pengguna Mac).

3. Ambil Ttd di PDF dengan Crop dan Save

Metode ini cocok digunakan jika tanda tangan adalah bagian dari gambar dalam PDF yang kamu buka. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka file PDF terlebih dahulu yang didalamnya berisi tandatangan dengan menggunakan aplikasi khusus pembaca PDF.
  • Gunakanlah alat pemotong (crop) untuk memotong hanya area tandatangan yang ingin kamu salin. Biasanya fitur ini sudah terdapat pada aplikasinya.
  • Setelah berhasil memotong pada area tandatangannya saja, simpan area tandatangan tersebut sebagai gambar dengan cara klik tombol Save atau Export pada aplikasi pembaca PDF.
  • Sekarang tinggal buka gambar yang baru saja kamu simpan dengan menggunakan aplikasi pengedit gambar.
  • Setelah itu tinggal sisipkan tandatangan ke dokumen atau tempat yang ingin kamu tambahkan tandatangan tersebut.

Itulah cara ambil ttd di PDF yang mudah untuk dilakukan, hanya saja tetap harus memperhatikan hak cipta dan privasi karena tandatangan sifatnya sensitive. Semoga bermanfaat!

 

Related posts