Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock
Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Jika kamu memiliki hobi desain grafis atau fotografi, maka kamu mungkin akan tertarik untuk mengetahui cara mendapatkan uang dari Shutterstock. Pasalnya, di platform ini kreator bisa memamerkan dan menjual karya mereka.

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock
Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Konten yang menarik menjadi bagian yang penting bagi pemasaran di era digital ini. Untuk melengkapi konten website dan media sosial, biasanya digunakan foto maupun karya desain grafis dari platform tertentu, seperti Shutterstock.

Read More

Shutterstock adalah situs yang menyediakan foto, musik, dan video berlisensi dengan kualitas tinggi. Situs ini memiliki lebih dari 78 juta stok konten yang bisa digunakan siapa saja setelah membayar.

Platform yang didirikan oleh Jon Orringer pada tahun 2003 ini telah digunakan oleh banyak fotografer untuk mendapatkan penghasilan. Jika kamu tertarik untuk mencoba menghasilkan uang dari Shutterstock, maka kamu bisa bergabung sebagai kontributor di situs ini.

Mari simak langkah-langkah untuk mendapatkan uang dari Shutterstock berikut.

1. Mendaftar sebagai Kontributor

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock. Kamu hanya perlu memiliki alamat email yang masih aktif untuk mendaftar. Berikut caranya:

  • Buka browser, lalu kunjungi halaman https://submit.shutterstock.com/
  • Buat akun kontributor
  • Pilih Get Started
  • Masukkan data yang dibutuhkan nama, email, dan password
  • Klik Next
  • Buka email yang kamu gunakan untuk mendaftar di Shutterstock
  • Kemudian lakukan verifikasi dengan klik link yang terdapat dalam email dari Shutterstock
  • Setelah verifikasi berhasil, maka akun kontributor Shutterstock siap digunakan

2. Memilih Kategori yang Sesuai

Setelah membuat akun kontributor, lanjutkan dengan memilih kategori sesuai tema yang kamu sukai. Pada umumnya, fotografer memilih satu tema atau genre tertentu untuk membuat karya-karya mereka.

Maka dari itu, kamu bisa memilih kategori karya pada Shutterstock yang sesuai dengan tema karya kamu. Hal tersebut akan memudahkan pelanggan Shutterstock untuk menemukan foto atau gambar yang diperlukan.

3. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Satu hal lagi yang tidak kalah penting saat mempublikasikan karya adalah penggunaan kata kunci yang tepat. Pasalnya, kata kunci sangat menentukan kemudahan pembeli untuk menemukan karya kamu.

Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat dan terkait dengan karya yang kamu unggah. Selanjutnya kamu juga perlu membuat judul dan deskripsi yang menarik.

4. Meningkatkan Portofolio

Makin banyak karya berkualitas dalam portofolio kamu, maka peluang untuk menarik minat pelanggan juga makin besar. Dengan demikian, kamu juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengunggah karya secara rutin dan konsisten. Sebagai contoh tiga hari sekali kamu menambahkan foto baru ke Shutterstock.

5. Menganalisa Potensi Pasar

Sama seperti berjualan pada umumnya, produk jenis tertentu terkadang mendapatkan permintaan yang lebih tinggi. Kamu bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu tren pasar dalam bidang fotografi atau desain.

Setelah mengetahui jenis foto yang laris atau sedang banyak dicari, maka kamu bisa mulai membuat karya yang sesuai dengan permintan pasar. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci dan tag yang tepat.

Mengikuti Program Referral

Selain dari penjualan karya, kamu bisa mendapatkan uang dari Shutterstock dengan mengikuti program Referral Shutterstock. Dalam program ini, kontibutor akan mendapatkan komisi saat berhasil mengajak kontributor baru untuk berkarya di Shutterstock.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan komisi saat merujuk pelanggan untuk membeli karya melalui Shutterstock.

Itulah 6 cara mendapatkan uang dari Shutterstock yang bisa kamu coba. Sebagai tambahan, kamu bisa mempromosikan karya di Shutterstock melalui berbagai media sosial untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Related posts