Cara Absen Online dari Rumah

Cara Absen Online dari Rumah
Cara Absen Online dari Rumah

Cara absen online dari rumah adalah alternatif paling efektif dan praktis terutama dalam kondisi tertentu, seperti tidak bisa meninggalkan rumah dengan ala an tertentu. Sekarang banyak lembaga atau institusi yang sudah mengadopsi sistem absensi online guna meminimalkan interaksi fisik denga alasan kesehatan.

Cara Absen Online dari Rumah

Cara Absen Online dari Rumah
Absen Online dari Rumah

Ada beberapa pilihan metode absen online dari rumah yang bisa kamu lakukan, salah satunya bisa menggunakan aplikasi tertentu yang direkomendasikan oleh perusahaan. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melakukan absen dari rumah :

Read More

1. Cara Absen Online dari Rumah dengan Aplikasi Absensi Online

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk absen dari rumah yaitu dengan menggunakan aplikasi atau platform absensi online yang sudah disediakan oleh lembaga atau institusi. Beberapa contoh aplikasi atau platform yang sering digunakan yaitu Google Classroom, Zoom, Microsoft Teams, atau aplikasi lainnya yang sejenis.

Metode ini biasanya melibatkan login ke platform tersebut menggunakan akun atau ID pengguna yang telah didaftarkan. Untuk melakukan absensi dengan metode ini, begini ulasannya :

  • Buka aplikasi atau platform absensi online yang sudah disediakan oleh lembaga atau institusi.
  • Lakukan pendaftaran terlebih dahulu jika belum daftar sama sekali, dan lakukan login ke dalam platform dengan menggunakan akun atau ID pengguna bagi yang sudah mendaftar atau yang baru mendaftar.
  • Lanjutkan dengan memilih menu atau opsi absensi yang tersedia.
  • Sekarang Isilah data absensi yang diperlukan, seperti nama, nomor Hp, atau informasi lain yang diminta.
  • Klik tombol “submit” atau “submit absensi” untuk penyelesaian proses absensi dengan menggunakan aplikasi.

2. Cara Absen Online dari Rumah dengan Mengirim Pesan Teks atau Email

Cara kedua yang dapat Kamu lakukan untuk absen dari rumah yaitu dengan mengirim pesan teks atau email kepada perusahaan, guru atau dosen bagi yang sedang studi untuk melakukan konfirmasi kehadiran.

Metode ini biasanya hanya digunakan apabila lembaga atau institusi yang dimaksud tidak memiliki sistem absensi online yang terintegrasi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi pesan teks atau email pada perangkat yang Kamu gunakan.
  • Tulislah pesan singkat atau email kepada perusahaan bagian tertentu, guru atau dosen yang bersangkutan lalu nyatakan bahwa Kau hadir pada waktu yang telah ditentukan.
  • Tunggu konfirmasi balasan.
  • Jika sudah ada konfirmasi maka Kamu sudah berhasil absen pada hari tersebut.

3. Mengisi Formulir atau Survei Online

Metode ketiga untuk melakukan absen dari rumah yaitu dengan mengisi formulir atau survei online yang disediakan oleh lembaga atau institusi. Metode ini secara umum digunakan untuk absensi pada acara atau kegiatan tertentu, seperti seminar, lokakarya, atau pelatihan online menggunakan Zoom ata aplikasi serupa. Begini ulasannya :

  • Buka tautan atau link yang diberikan oleh lembaga atau institusi yang bersangkutan.
  • Isilah formulir atau survei online dengan data yang diminta, seperti nama, nomor Hp, atau informasi lain yang relevan sesuai dengan tema.
  • Klik tombol “submit” atau “submit absensi”.
  • Jika ada tulisan yang menyatakan bahwa absen telah berhasil dikirim, maka Kamu telah berhasil melakukan absen.

4. Membuat Video atau Rekaman Suara

Kamu juga bisa memilih absensi dari rumah dengan cara membuat video atau rekaman suara yang menunjukkan bahwa Kamu telah hadir pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Metode ini secara umum digunakan dalam kasus-kasus tertentu yang disetujui oleh lembaga atau institusi terkait.

Terdapat berbagai cara absen online dari rumah, Kamu tinggal mengikuti saja berdasarkan ketentuan dari Lembaga atau institusi terkait. Semoga bermanfaat!

Related posts