Cara Viral di TikTok

Cara Viral di TikTok
Cara Viral di TikTok

TikTok tidak hanya media untuk hiburan. Namun juga menjadi media untuk berkreasi hingga menghasilkan cuan. Tidak heran jika banyak pengguna yang ingin tahu cara viral di TikTok.

Banyak kreator dan influencer menjadikan TikTok sebagai tempat untuk berkarya. Salah satu alasannya adalah berkat jumlah pengguna media sosial ini yang makin tinggi.

Read More

Cara Viral di TikTok

Cara Viral di TikTok
Cara Viral di TikTok

Viral di media sosial populer seperti TikTok menjadi cara cepat untuk terkenal. Oleh karena itu, banyak kreator yang berlomba-lomba membuat konten unik. Banyak pula pemilik bisnis yang menjadikan TikTok sebagai media untuk mempromosikan usaha.

Melansir dari Detik.com, pengguna TikTok di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 63% dari total populasi.

Maka, tidak heran jika FYP (For Your Page) di TikTok dapat berdampak besar pada popularitas kreator. FYP juga dapat mendongkrak penjualan produk.

Konten FYP adalah konten yang muncul pertama kali pada aplikasi TikTok dan banyak direkomendasikan. Oleh karenanya, konten FYP berpeluang mendapat lebih banyak jumlah view, like, dan komentar sehingga bisa menjadi viral.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk viral di TikTok:

1. Menggunakan Musik yang Sedang Hits

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan peluang FYP adalah menggunakan musik yang sedang hits. Pasalnya, musik termasuk elemen penting dalam konten TikTok.

Selain itu, algoritma TikTok juga memiliki kecenderungan untuk menampilkan konten dengan musik viral dan banyak digunakan.

Meski penggunaan musik hits penting, ada baiknya kamu tidak mengabaikan keterkaitan musik dengan konten.

2. Posting pada Prime Time

Pemilihan waktu saat memposting video juga dapat mempengaruhi jumlah view. Memposting konten saat prime time atau saat banyak pengguna TikTok aktif akan meningkatkan peluang konten kamu untuk FYP.

Melansir dari Marketing Hub, prime time di TikTok adalah waktu siang hari pukul 12.00-13.00 WIB, sore pukul 16.00-17.00 WIB, dan malam pukul 19.00-23.00 WIB.

Nah, kamu bisa menjadwalkan postingan pada prime time terseut supaya menghasilkan traffic lebih tinggi.

3. Membuat Konten Menarik

Tidak cukup dengan mengandalkan musik tren dan prime time, kamu juga perlu membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian lebih banyak viewer.

Video di TikTok memiliki batas durasi 3 menit, sehingga kamu perlu menunjukkan bagian utama konten dan daya tariknya dalam batas waktu tersebut. Jangan lupa, pastikan juga untuk menjaga kualitas video kamu bagus supaya tidak asal di-skip oleh pengguna.

4. Menggunakan Tagar yang Viral

Penggunaan tagar atau hashtag menjadi salah satu faktor yang menentukan video FYP. Kamu bisa menyematkan tagar yang lagi viral supaya traffic video lebih maksimal.

Dengan demikian, maka konten kamu akan muncul saat pengguna TikTok melakukan pencarian terkait tagar yang relevan. Tentu saja, kamu sebaiknya juga memperhatikan keterkaitan tagar dengan konten.

5. Aktif dan Berinteraksi dengan Audiens

Supaya tidak tertinggal topik yang sedang viral di TikTok, pastikan kamu aktif di media sosial ini. Kamu juga bisa mencari tahu mengenai konten sejenis dengan konten yang kamu buat untuk mempelajarinya.

Selain itu, berinteraksi aktif dengan pengguna lain dapat mendukung popularitas konten kamu. Cobalah memulai dengan memberi like dan komentar pada konten pengguna lain.

Itulah cara viral di TikTok yang bisa kamu coba. Perlu diingat bahwa konten viral tidak selalu langsung hits begitu diposting. Terkadang konten TikTok perlu waktu dan usaha tertentu supaya viral.

Related posts