Saham

Cara Monetize YouTube

Cara Monetize YouTube bisa kamu lakukan dengan mudah dan bisa menambah penghasilanmu yang berasa dari konten video yang kamu buat. Ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu melakukan hal ini. Kamu juga tidak perlu bingung ketika melakukannya, sebab platform ini sudah menyediakan fitur terbaiknya untuk membantumu melakukan monetize YouTube.

Namun jika kamu masih belum tahu dan penasaran dengan bagaimana cara melakukannya, tenang saja pada artikel ini akan dijelaskan terkait panduan lengkap yang bisa kamu gunakan dengan baik dan benar. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung simak penjelasan pada artikel kali ini.

Syarat Monetize YouTube

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara monetize YouTube, alangkah baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu tentang persyaratan untuk bisa melakukan hal ini. Seperti sudah kamu ketahui, bahwa di setiap tahun persyaratannya bisa berubah-ubah, tak terkecuali di tahun 2023 8!8. Berikut adalah persyaratan-persyaratan yang harus kamu penuhi.

  1. Jumlah Subscribe Beserta Jam Tayang

Persyaratan pertama, yaitu seputar jumlah subscribers dan jumlah tayang video yang ada di channel YouTubemu. Untuk jumlah subscribers ini adalah kamu harus mendapatkan minimal 1000 pengikut dengan jumlah penayangan 4000 jam dalam jangka 12 bulan terakhir.

Ada juga opsi kedua, yaitu channel YouTubemu yang sudah mendapatkan 1000 subscribers dengan 10 juta penayangan publik yang valid khusus konten video ahorts dalam kurun waktu 90 hari terakhir atau setara dengan 3 bulan.

  1. Video Bersifat Orisinal Dan Tidak Melanggar Hak Cipta

Syarat kedua yang harus kamu penuhi sejak awal kamu membuat video konten di YouTube adalah kamu harus membuat video yang bersifat orisinil dan bebas dari hak cipta. Untuk hal ini, kamu menyarankan kepadamu untuk jangan menggunakan musik orang lain pada video shorts yang kamu buat meskipun audionya berasatvdqri library YouTube shorts. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu konten videomu terkena klaim hak cipta karena menggunakan musik tersebut.

Jadi, usahakan jangan sampai kamu membuat video dalam waktu 3 bulan tersebut terbuang sia-sia hanya karena hal sepeleh terkait penggunan musik. Kecuali jika memang kamu mempunyai musik yang dibuat atau diciptakan sendiri.

  1. Konten Video Tidak Memenuhi Syarat Monetisasi YouTube

Perlu kamu ketahui juga, bahwa terdapat beberapa jenis konten video yang tidak memenuhi syarat monetisasi YouTube antara lain sebagai berikut.

  • Video yang merupakan reupload dari acara TV yang tidak diedit sama sekali. Meskipun kamu merekamnya dengan menggunakan HP, tetap saja konten tersebut sudah tidak memenuhi syarat monetisasi. Kevualinjika kamu jago edit dengan menambahkan reaksi atau nilai tambah pada video tersebut
  • Mengunggah ulang video dadi channel YouTube atau platform lain. Kamu harus menghindari hal ini karena bisa melanggar hak cipta dan bisa membuat konten videomu terkena hak cipta
  1. Membuat Konten Video Shorts Yang Tidak Ramah Iklan

Agar konten video yang kamu buat aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di suatu saat nanti, maka kamu bisa menghindari jenis konten di bawah ini.

  • Konten video yang melanggar hak cipta
  • Konten video yang berisi kekerasan atau yang mengandung kata-kata yang tidak sopan
  • Konten video yang mengandung unsur dewasa
  • Konten video yang mengandung ujaran kebencian atau penghinaan
  • Konten video yang terkait dengan narkoba, senpi, tembakau, kontroversi, isu, hingga peristiwa sensitif
  • Konten yang tidak pantas untuk ditonton anak-anak dan keluarga yang memfasilitasi tindakan tidak jujur, hasut, dan merendahkan

Cara Monetize YouTube

Monetize YouTube

Ada banyak sekali metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan monetize YouTube, yaitu dengan layanan google adsenses ataupun tanpa google adsense. Jika kamu penasaran dengan kedua metode tersebut, maka bisa langsung simak panduan berikut ini.

Metode 1: Cara Monetize YouTube Pakai Iklan Google Adsense

Supaya kamu bisa melakukan monetize video YouTube, makankamu bisa memasang iklan di video YouTube. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya sehingga kamu mendapatkan banyak keuntungan.

Monetisasi Di Satu Video YouTube

Kadang ada YouTuber yang cuma ingin memasang iklan pada video-videi tertentu. Nah, jika kamu kamu adalah salah satu yang ingin melakukannya namun bingung bagaimana caranya, maka silahkan kamu simak penjelasan berikut ini.

  • Pertama, silahian kamu masuk ke aplikasi YouTube
  • Selanjutnya silahkan kamu membuka YouTube studio
  • Pada menu sebelah kiri, pilih content
  • Scrooll ke bawah dan tekan menu monetization
  • Selanjutnya pilih jenis iklan yang ingin kamu jalankan
  • Jika sudah, maka tekan tombol save

Monetisasi Di Beberapa Video YouTube

Selain menggunakan langkah pertama tadi, kamu juga bisa memasang iklan ke beberapa video YouTube secara sekaligus. Berikut adalah penjelasan bagaimana langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Silahkan kamu membuka aplikasi YouTube dan langsung membuka YouTube studio
  • Selanjutnya silahkan kamu pilih content yang ada di bagian sebelah kiri
  • Pilih kotak bewarna abu-abu dan klik gambar minum video untuk video yang ingin kamu monetisasi
  • Kemudian klik monetization
  • Selanjutnya klik activate di bagian menu drop-down
  • Untuk mengubah setelan iklan secara massal, silahkan kamu tekan add edit
  • Klik update videos
  • Lalu, klik tombol update video
  • Lalu silahkan kamu centang kotak di samping label I understand the consequences of this action
  • Terakhir, klik tombol update video

Metode 2: Cara Monetize YouTube Tanpa Google Ads

Metode kedua yang bisa kamu lakukan untuk monetize YouTube adalah tidak menggunakan google adsense. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Monetisasi YouTube dengan Fitur Membership

Supaya kamu bisa melakukan monetize YouTube, maka kamu bisa mengaktifkan fitur berlangganan di channel. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Silahkan kamu masuk ke google account
  • Kemudian kamu buka halaman membership
  • Tekan get started dan follow instruksi yang ada di layar

Perlu kamu ingat bahwa tombol get started ini tidak akan muncul sembarangan kecualinjamu sudah memenuhi syarat supaya channelmu bisa dimonetisasi oleh YouTube.

Monetisasi YouTube dengan Mengaktifkan Pendapatan Premium

Jika kamu menggunakan langkah ini, maka kamu tidak perlu melakukan apapun untuk bisa meningkatkan pendapatan YouTube premium. Yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur pendapatan YouTube Premium. Jadi, nanti setiap kali ada pelanggan YouTube premium yang menonton video kontenmu, maka kamu akan mendapatkan uang yang berasal dari sebagian biaya layanan YouTube premium mereka. Tapi tidak semua video bisa mendapatkan cuan dari pendapatan YouTube premium. Hanya beberapa video saja yang memenuhi pedoman komunitas yang bisa mendapat uang.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara monetize YouTube yang bisa kamu lakukan dan praktekkan secara mandiri di rumah. Selama kamu mengikuti panduan di atas dengan baik dan benar, maka dijamin kamu akan bisa mendapatkan keuntungan dari konten video yang kamu buat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

6 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago