Saham

Cara Buat Youtube Short Secara Efektif untuk Promosi

Kamu para Youtubers atau konten kreator di Youtube, perlu tahu cara buat Youtube Short! Dengan Youtube Short ini, kamu bisa langsung terkait dengan audiens yang baru, lewat smartphone dan juga kamera Shorts yang ada dalam aplikasi Youtube.

Youtube memang kerap berinovasi demi mempermudah dan memanjakan para penggunanya, termasuk dengan adanya Youtube Short.

Melalui Youtube Short inilah audiens dapat memperoleh berbagai konten atau informasi terkait hiburan maupun edukasi dengan singkat dan jelas. Inilah kenapa tak sedikit Yotubers tertarik dengan cara buat Youtube Short.

Sesuai namanya, Youtube Short adalah sebuah layanan atau fitur untuk buat video berdurasi pendek yang bisa dimanfaatkan guna memaksimalkan promosi.

Youtubers juga bisa melakukan monetisasi dengan mudah, sehingga cara buat Youtube Short banyak diminati.

Cara Buat Youtube Short

Cara Buat Youtube Short

Bagi pemula yang belum tahu bagaimana untuk membuat Youtube Short, ada beberapa panduan lengkapnya di bawah ini :

1. Buat Brief

Pastikan sebelumnya kamu membuat brief atau konsep video short terlebih dahulu. Ini adalah langkah penting supaya kamu bisa membuat Youtube Short yang efektif, terutama buat kebutuhan promosi.

2. Unduh Shorts Youtube di Play Store

Langkah awal, silakan unduh dan install Shorts Youtube atau Youtube versi terbaru via Play Store di perangkat. Sebab biasanya fitur Youtube Short telah tersedia satu paket dalam aplikasi Youtube. Kamu gak perlu lagi memasang apk-nya secara terpisah.

3. Buka dan Jalankan Youtube

Ikuti langkah-langkah lanjutan cara buat Youtube Short di bawah ini :

  • Buka aplikasi Youtube yang telah dipasang dan jalankan.
  • Tekan ikon plus tepat di tengah-tengah dan klik Create a Shorts di menu Create. Dari sini kamu bisa mulai membuat Short Youtube.
  • Kamu juga bisa memilih opsi lain yakni Shorts dan tekan ikon kamera di ujung kanan atas.

4. Rekam Video Shorts

Selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan recording video short Youtube sesuai kebutuhan. Video yang kamu buat wajib memenuhi kebijakan Youtube.

  • Di bagian recording ini, silakan rekam video buat Youtube Short yang berdurasi sekitar 15-60 detik.
  • Kamu juga bisa menambahkan background musik dalam video Short. Caranya tekan Add Music dan pilih musik sesuai keinginan.
  • Atur pula beberapa pilihan timer, flip dan speed.
  • Untuk menambahkan video yang lain pada galeri ke Youtube Short kamu, tekan ikon di ujung kiri sebelah record.
  • Jika sudah, kamu dapat mengatur durasi atau panjangnya video untuk bisa ditampilkan dalam Youtube Short. Caranya tekan edit into a short.
  • Gampang, bukan?

5. Edit Video Pendek Youtube

Cara buat Youtube Short selanjutnya yaitu tahap editing. Dari sini kamu tinggal edit video pendek Youtube. Cukup tambahkan text untuk tulisan/teks, tambahkan music lalu atur timeline. 

Bisa juga memakai filter supaya tampilan short video lebih menarik lagi. Jika sudah, tekan Next.

6. Upload Video Short Youtube

Cara buat Youtube Short terakhir, sesudah kamu melakukan beberapa pengaturan di atas selajutnya tinggal upload. Silakan tekan upload, tapi jangan lupa buat menyertakan hashtag #shorts di judul video kamu dan tambahkan pula caption. Lalu, atur video ke dalam pilihan public.

Tips Buat Youtube Short yang Efektif

Jika kamu mau mendapatkan keuntungan lewat Youtube Short, pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut :

1. Ciptakan Konten yang Tepat Sesuai Tren

Jika mau buat konten Youtube Short, kamu harus pilih tema atau niche yang tepat sesuai tren saat ini. Tujuannya agar video short yang kamu buat mengundang banyak viewers.

Oleh sebab itu, temukan dulu topik apa yang sedang trending memakai bantuan media sosial lainnya. Umumnya, kamu bisa mendapatkan topik yang sedang tren di berbagai platform media sosial.

Selanjutnya, kamu bisa menjadikannya inspirasi untuk membuat konten Youtube Short. Sebab biasanya setiap info atau topik yang sedang viral bakal banyak dicari orang. Alhasil, peluang kamu buat dapat penonton lebih banyak semakin besar.

2. Tambahkan Link ke Platform Bisnis

Jika kamu pemilik bisnis tertentu, supaya Youtube Short yang dibuat bisa dimonetisasi maka tambahkan pula link ke platform bisnis atau situs web kamu. Tujuannya, agar audiens lebih tertarik dan penasaran dengan bisnismu, sehingga mereka bisa melakukan pembelian.

Adapun Youtube Short yang dibuat dapat berbentuk promosi atau ulasan pendek mengenai produk atau bisnismu. Saat menautkan tautan atau link ke dalam video, selanjutnya pelanggan juga bisa checkout pesanan dengan lebih mudah.

Dengan trik ini, bisa berpeluang tingkatkan penonotn dalam jumlah yang banyak sekaligus dapat meningkatkan konversi pembelian terhadap produk kamu.

3. Manfaatkan Goodle Ads

Cara buat Youtube Short agar menguntungkan lainnya yaitu kamu bisa mengandalkan Google Adsense. Jadi kamu harus daftarkan channel Youtube milikmu ke dalam Google Adsense.

Jika pengajuanmu diterima, maka konten video yang diunggah bisa berpeluang menghasilkan keuntungan. Bahkan kamu juga bisa coba cara ambil gaji dari Youtube lewat Adsense dengan mudah. Tapi ingat, kamu wajib memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberikan Google Adsense supaya cepat diterima.

Sebagai referensi, kamu dapat memonetisasi channel Youtube milikmu memakai Adsense setelah punya 1.000 lebih subscriber. Selain itu, jam tayang selama 1 tahun terakhir haris 4.000 jam. Pastikan pula buat memenuhi kebijakan lainnya.

Lantas, bagaimana jika ditolak? Ini artinya kamu harus lebih sabar untuk menunggunya. Coba perbaiki dulu beberapa hal penyebab ditolaknya pengajuanmu. Silakan ajukan ulang jika sekiranya semua ketentuan di atas sudah kamu penuhi.

4. Affiliator Marketing

Trik selanjutnya yaitu kamu bisa daftarkan diri kamu menjadi affiliator marketing. Dengan langkah ini, kamu dapat meraup keuntungan berbentuk komisi usai mempromosikan sebuah bisnis atau produk tertentu.

Silakan manfaatkan peluang ini, caranya dengan buat ulasan produk atau rekomendasi produk agar membuat pelanggan merasa tertarik untuk membeli. Kamu harus membagikan link produk agar kamu bisa mendapatkan komisi dari transaksi yang pelanggan lakukan lewat link tersebut.

Jika pelanggan semakin banyak membeli produk tersebut, tentu saja bisa membuat komisi kamu semakin bertambah. Selain itu, buat menjadi affiliator ini kamu bisa bekerja sama atau bergabung ke dalam beberapa situs web e-commerce yang menawarkan program ini.

5. Influencer Youtube

Kamu juga bisa meraup lebih banyak keuntungan jika berhasil sebagai influencer di Youtube dan membuat Youtube Short di channel Youtube milikmu. Umumnya influencer ini bakal dilirik brand-brand tertentu yang dapat membantu mereka mempromosikan bisnis maupun produk kepada audiens.

Jika banyak tawaran dari brand untuk bekerja sama sebagai influencer, bukan hal mustahil kamu bisa meraup banyak cuan. Terlebih apabila brand-brand tersebut adalah brand yang berskala besar.

Namun agar banyak brand yang percaya dan mau bekerjasama, sebaiknya bangun channel Youtube milikmu terlebih dahulu dengan banyak subscriber. Selain itu, konten yang kamu buat juga harus relevan.

6. Buat Deskripsi yang Sesuai dengan Konten

Walaupun video pendek Youtube hanya menghadirkan video berdurasi singkat. Maka penting sekali menuliskan deskrisi di tiap konten yang kamu unggah. Silakan buat dekripsi menarik supaya audiens tertarik dan penasaran menonton video hingga selesai.

Mengingat banyaknya peluang dari Youtube Short, maka pastikan kamu memahami dan mempraktekkan cara buat Youtube Short secara efektif!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

5 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago