Cara Mengganti Nomor OVO di Satu Akun dengan Benar

WIGATOS.com | OVO merupakan salah satu produk e-wallet atau dompet digital yang menawarkan banyak kemudahan sistem pembayaran berbasis digital. Selain itu, OVO juga dapat memberikan akses ke berbagai produk dan layanan dengan banyak merchant atau mitra yang bekerjasama. Salah satu informasi yang penting untuk diketahui pengguna OVO adalah cara mengganti nomor OVO.

Ada berbagai merchant OVO yang memungkinkan kalian dapat berbelanja dengan mudah tanpa memakai uang cash, melainkan dengan uang digital dari OVO. Untuk membuka layanan dompet digital ini, kalian hanya memerlukan nomor hp aktif saja.

Read More

Keuntungan Menggunakan OVO

Jika belum pernah menggunakan OVO, mungkin kalian penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh OVO. Berikut keuntungan yang didapat dengan menggunakan dompet digital OVO :

1. Mendapatkan Point

Metode pembayaran OVO terdiri dari 2 jenis, pertama OVO cash dan kedua adalah OVO points. OVO cash dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan. Sedangkan untuk OVO points sendiri, merupakan rewards royalty kepada pengguna yang telah melakukan transaksi. Menariknya, poin ini juga dapat digunakan untuk bertransaksi kembali.

Semakin banyak mengumpulkan point, maka semakin besar pula kesempatan untuk menukarkan point dengan berbagai macam reward. Dengan begitu, kalian bisa mengonversinya dengan mata uang rupiah karena nilai dari 1 point sama dengan nilai Rp. 1.

2. Memiliki Banyak Promo

Cukup banyak penawaran menarik dari OVO yang bisa kalian temukan pada menu Deals aplikasi. Sebagai contoh, ada bonus 5.000 points OVO yang bisa digunakan untuk bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air Group. Caranya cukup dengan scan boarding pass saja memakai aplikasi OVO.

3. Memiliki Ratusan Merchant

Bisa dibilang OVO memiliki banyak keuntungan yaitu mempermudah pelanggannya berbelanja karena sudah banyak bekerjasama dengan banyak mitra. Beberapa diantaranya seperti Hypermart, First Media, BIG TV, Matahari Department Store, Agoda, dan lain sebagainya.

4. Pembayaran Super Cepat

Hanya dalam beberapa detik saja kalian sudah dapat melakukan transaksi dengan cepat. Kalian hanya mempersiapkan nomor rekening atau nomor hp yang akan di transfer saja untuk menyelesaikan transaksi.

5. Dapat Mengatur Keuangan dengan Mudah

OVO memiliki 2 layanan berbeda, pertama adalah OVO Club dan kedua yaitu OVO Premier. Khusus untuk versi premier, kalian diberikan akses untuk menggunakan fitur khusus dalam pengelolaan pengeluaran.

Jika dilihat dari beberapa keuntungan di atas, rasanya kalian harus beralih pada OVO Premiere. Walaupun dua layanan tersebut menawarkan fasilitas yang sama, namun yang membedakan adalah kecepatan transaksinya yang bisa kalian dapatkan hanya dalam hitungan detik saja.

Cara Mengganti Nomor OVO

Cara Mengganti Nomor OVO
Mengganti Nomor OVO Mudah

Mengingat pentingnya nomor hp yang digunakan untuk bertransaksi, maka sudah pasti nomor hp kalian yang sudah terdaftar tidak boleh hilang atau dalam masa tenggang. Hal ini dikarenakan bisa berpengaruh terhadap proses transaksi yang dilakukan.

Cara Mengganti Nomor OVO dengan Mudah

Namun, bagaimana jika nomor yang digunakan untuk bertransaksi bermasalah seperti hilang atau sudah tidak aktif lagi? Maka cara yang paling mudah adalah dengan mengganti nomor OVO dari nomor hp lama ke nomor hp baru yang belum pernah didaftarkan sama sekali.

Untuk lebih jelasnya, berikut dijelaskan cara mengganti nomor OVO dari nomor lama ke nomor baru :

  • Buka aplikasi OVO terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama, pilih menu Profile yang ada di bagian kanan bawah.
  • Di tampilan profile, klik menu Ubah yang berada di sebelah kanan nomor hp lama.
  • Gantilah nomor hpnya dengan nomor hp yang baru.
  • Silakan untuk melalukan verifikasi nomor hp dengan memasukkan kode One Time Password (OTP) yang dikirim secara otomatis pada nomor hp baru.
  • Apabila ingin mengganti akun email sekaligus, klik ubah yang terdapat di sebelah kanan akun email lama.
  • Ganti alamat email lama.
  • Tunggu beberapa saat hingga kode OTP dikirimkan ke alamat email yang baru.
  • Sekarang, masukan kode OTP yang telah kalian terima baik dari nomor hp maupun pada alamat email di halaman khusus pengisian OTP.
  • Selanjutnya akan secara otomatis nomor hp lama dan email lama berganti menjadi nomor hp baru dan email yang baru.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengubah Nomor Hp dan Email

Penting sekali untuk memperhatikan beberapa hal berikut ketika kalian mengubah akun email dan nomor hp :

  • Penting melakukan login ulang Ketika kalian mengubah nomor hp dan alamat email agar aplikasi bisa beroperasi dengan benar.
  • Perubahan nomor hp atau aku email email, juga berlaku pada platform yang bermitra dengan OVO seperti Blibli, Zalora, Grab, dan lain sebagainya.
  • Karena perubahan berlaku pada semua platform yang tertaut dengan OVO, maka kalian pun harus menyesuaikan nomor hp di aplikasi mitra dengan cara melakukan linkage akun OVO. Dengan demikian, kalian bisa tetap melihat saldo OVO atau tetap menikmati semua layanan OVO.
  • Sebaiknya, pastikan nomor hp baru merupakan nomor yang selalu aktif, agar kalian dapat mempergunakannya terus menerus saat bertransaksi memakai OVO.
  • Pastikan juga alamat email baru selalu aktif agar kalian selalu mendapat informasi dan promo penting dari OVO secara update.

Permasalahan Ketika Mengganti Nomor HP dan Alamat Email OVO

Tidak selamanya mengganti nomor hp atau mengganti alamat email berhasil, terkadang jika ada faktor tertentu proses penggantian tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang wajib kalian lakukan untuk memastikan agar penerimaan kode OTP berhasil diterima dengan baik pada nomor hp baru tersebut.

1. Solusi Mengganti Nomor HP dan Alamat Email di OVO

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian mencoba cara mengganti nomor OVO, berikut ini :

  • Kalian harus memasukan nomor hp aktif yang belum pernah kalian daftarkan sebelumnya di aplikasi OVO.
  • Pastikan agar sinyal operator yang digunakan memiliki jaringan internet yang stabil.
  • Aplikasi OVO yang terpasang pada hp merupakan versi terbaru.
  • Lakukan ‘Kirim Ulang’ OTP untuk mendapatkan kode baru.

2. Memastikan Nomor HP baru Bisa Didaftarkan Menjadi Nomor Untuk Transaksi OVO

  • Masukanlah nomor hp yang aktif dengan benar. Oleh karena itu, masukkan nomor hp OVO dengan benar dan tidak ada kesalahan input.
  • Inputkan nomor hp yang belum pernah terdaftar di OVO sama sekali.
  • Apabila tetap mengalami kendala saat mengganti nomor hp di OVO, maka kalian perlu menghubungi Call Center OVO saja di nomor 1500 696.

Apakah Saldo OVO Akan Hilang Jika Ganti Nomor?

Sebenarnya, semua data yang terdapat pada akun OVO tetap aman dan tersimpan pada akun OVO meskipun kalian mengganti nomor hp lama ke nomor hp baru pada akun OVO. Kalaupun tiba-tiba saldo OVO kalian hilang sesudah mengganti nomor hp, bisa jadi karena proses pendaftaran atau registrasi ulang memakai nomor hp yang baru gagal.

Selain itu, proses penggantian nomor OVO dengan menghubungi contact center dapat berlangsung minimal selama 14 hari kerja.

Jika kalian ingin mengganti nomor hp yang lama, silahkan coba cara mengganti nomor OVO dengan menggunakan metode di atas. Semoga membantu!

Related posts