Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang

Instagram adalah salah satu aplikasi jejaring sosial yang menawarkan banyak fitur lengkap, dan memungkinkan kalian bisa memposting aktivitas sehari-hari lewat video atau foto. Salah satu fitur menarik yang dapat kalian coba adalah filter. Jika kalian mengalami masalah filter IG hilang, kami akan membagi cara mengembalikan filter Instagram yang hilang.

Awalnya Instagram hanya untuk memposting video dan foto saja, namun saat ini bermunculan fitur-fitur menarik. Seperti Story Instagram, IGTV, Katalog IG, hingga filter Instagram. Di dalam filter Instagram, kalian akan menemukan hal-hal menarik. Diantaranya seperti insta meat, flappy bird, truth or dare dan lainnya.

Read More

Akan tetapi, dalam penggunaannya terkadang ada saja masalah yang dialami pengguna IG. Diantaranya yaitu filter IG yang tidak muncul, saat membuka Instagram Stories, kemudian ingin menyertakan filter namun tetap tidak muncul.

Sayang rasanya jika filter di Instagram tidak muncul, karena kalian tidak dapat menikmati filter menarik di IG. Namun, jangan khawatir sebab kita akan membahas cara mengembalikan filter Instagram yang hilang.

Penyebab Filter Instagram Hilang

Mungkin kalian penasaran dengan apa saja penyebab filter Instagram hilang dan selalu loading. Simak beberapa penyebab filter IG hilang :

1. Hp Tidak Kompatibel

Efek IG yang selalu loading atau bahkan hilang meskipun sinyal tidak bermasalah, biasanya disebabkan oleh hp yang tidak kompatibel memakai fitur Instagram ini.

Terkait:  Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

2. Belum Update Aplikasi

Kebanyakan masalah filter Instagram yang tidak muncul disebabkan oleh aplikasi Instagram yang belum di update atau sudah usang. Dengan demikian, aplikasi yang terpasang di hp kalian tidak mendukung filter IG.

3. Memori Internal Hp Full

Hal yang bisa mengakibatkan efek pada Instagram hilang adalah memori internal hp yang penuh, alhasil fitur filter pada Instagram sulit dimuat.

4. Menumpuknya Cache

Penyebab efek IG yang tidak muncul lainnya adalah disebabkan oleh cache aplikasi menumpuk. Inilah pentingnya pengguna hp harus selalu membersihkan cache di perangkat mereka, karena dapat berpengaruh pada akses perangkat.

5. Sinyal Tidak Stabil

Jika kalian mengalami masalah filter IG yang tidak muncul, maka penyebab yang juga paling mungkin adalah sinyal atau koneksi internet yang tidak stabil.

Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang

Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang
Tutorial Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang

Tutorial Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang

Jika masalah filter Instagram sangat mengganggu saat kalian mau memakainya, dan kalian juga sudah memahami penyebabnya, kini lakukan cara mengembalikan filter Instagram yang hilang. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba di bawah ini :

1. Update Instagram ke Versi Terbaru

Cara mengembalikan filter Instagram yang hilang pertama adalah dengan update IG ke versi aplikasi terbaru. Tujuannya, agar kalian bisa mengakses fitur filter Instagram dengan mudah tanpa hambatan. Berikut ini :

  • Silahkan akses Google Play Store di perangkat hp kalian.
  • Di halaman utama Google Play Store, masuk pada menu profil yang berada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya silakan pilih opsi ‘kelola aplikasi dan perangkat’.

  • Di halaman tersebut, sorot pada Update Tersedia yang dibawahnya ada tulisan ‘lihat detail’. Silakan klik tulisan ‘lihat detail’.
  • Di halaman selanjutnya, akan ada banyak aplikasi yang perlu di update, namun kalian hanya perlu memilih satu aplikasi saja yaitu Instagram.
  • Setelah ketemu aplikasinya, di bagian kanan akan ada tombol ‘update’. Klik tombol tersebut.
Terkait:  Cara Hapus Akun Instagram yang Lupa Password

  • Selanjutnya kalian cukup menunggu proses update sampai Instagram versi terbaru terpasang pada hp kalian.

Biasanya dengan cara seperti ini maka filter Instagram yang akan kalian pergunakan untuk keperluan posting foto maupun video bisa muncul kembali.

2. Periksa Jaringan Internet

Periksa Jaringan Internet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab filter Instagram hilang adalah koneksi internet tidak stabil. Oleh sebab itu, kalian harus cek terlebih dahulu koneksi internet di hp. Kalau bisa atau jika dekat dengan akses wifi, sebaiknya gunakan wifi. Namun pastikan terlebih dahulu jaringan internet wifi di status barnya penuh. Tujuannya agar kalian bisa lebih lancar mengakses internet, serta bisa menggunakan filter Instagram dengan lelasa.

3. Menyesuaikan Perangkat Hp

Tidak semua orang mampu membeli HP smartphone terbaru dengan teknologi terkini. Inilah alasan kebanyakan orang masih memakai perangkat versi lama. Namun tentu saja perangkat tersebut sudah ketinggalan zaman dan ada beberapa sistem atau fitur yang mungkin tidak bisa kalian dapatkan dengan memakai perangkat tersebut.

Biasanya semakin baru aplikasi yang akan digunakan, maka harus didukung pula dengan sistem operasi yang terbaru dan tidak bisa dijalankan pada sistem operasi versi lama. Oleh karena itu, kalian harus bisa mengantisipasi hal ini agar filter pada Instagram bisa dikembalikan dan dipergunakan.

Cara terbaik jika kasus ini terjadi pada kalian adalah dengan cara downgrade Instagram dengan versi sedikit lebih lama. Tapi ingat, jangan sekali-kali downgrade Instagram pada versi terlalu lama karena belum tentu filter Instagram bisa di jalankan dengan baik.

Untuk mendapatkan Instagram versi lama, maka kalian bisa menemukannya pada situs-situs tertentu seperti apkpure.com. Berikut ulasannya :

  • Silahkan download Instagram Apps dengan versi lama pada situs web www.apkpure.com.

  • Lalu carilah Instagram versi lama yang akan dipergunakan pada HP lama kalian, agar kompatibel dengan perangkat kalian dan kalian bisa mempergunakan filter IG.
  • Perhatikan keterangan di situs tersebut, jika ingin mengunduh salah satunya seperti variant instagram, arch, versi OS android, dan DPI, sebaiknya tidak salah memilih versi Instagram yang kompatibel dengan HP lama.
  • Apabila sudah di download, silakan untuk instal apk nya pada HP, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu untuk menghapus Instagram yang terinstall di perangkat.
  • Setelah itu, install apknya.
  • Periksa apakah filter bisa muncul atau masih tidak berfungsi.
Terkait:  Cara Melihat Foto Instagram yang di Private

4. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Cara mengembalikan filter Instagram yang hilang selanjutnya adalah dengan memastikan agar memori penyimpanan memiliki cukup ruang.Tujuannya supaya kalian bisa menggunakan filter Instagram dengan leluasa. Caranya cukup mudah, silakan hapus salah satu atau beberapa file yang di anggap sudah tidak berguna lagi pada HP. Hanya itu saja.

 

5. Menghapus Data dan Cache Instagram

Cara mengembalikan filter Instagram yang hilang berkutnya yaitu dengan menghapus data dan cache Instagram. Ini adalah cara paling efektif untuk mengembalikan filter Instagram. Simak tutorialnya berikut :

  • Masuk pada menu pengaturan.
  • Selanjutnya, kalian bisa memilih manajemen aplikasi dan carilah aplikasi Instagram.

  • Setelah aplikasi Instagram ditemukan, pilih aplikasi Instagram dan silakan untuk menghapus data dan cache.

5.Menunggu Server Kembali Normal

Salah satu penyebab filter IG yang hilang adalah dikarenakan server Instagram yang sedang down. Memang kasus ini sangat kecil kemungkinannya, namun apabila kalian mendapatkan filter Instagram hilang dan sudah cek beberapa faktor di atas. Kemungkinan besar masalahnya karena gangguan server. Yang perlu kalian lakukan adalah menunggu server kembali normal hingga filter bisa kembali dan kalian bisa menggunakannya dengan leluasa.

Demikian ulasan tentang cara mengembalikan filter Instagram yang hilang dan kalian bisa melakukannya sesuai kebutuhan.

Related posts